Pantai Ngrumput Gunungkidul, Asyik Buat Menyepi

Membicarakan Gunungkidul memang tidak ada habisnya. Salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki puluhan sudut alami nan memesona. Namun jika Teman Traveler ingin menikmati kecantikan tersebut dalam suasana syahdu, cobalah mampir ke Pantai Ngrumput.

Pantai Ngrumput memiliki keindahan tak kalah dari wisata alam Gunungkidul lainn. Wisata satu ini sempurna untuk menyepi karena masih belum banyak yang tahu. Tanpa banyak pengunjung, Teman Traveler bisa lebih khusyuk mengagumi pesonanya. Yuk, simak ulasan saya selengkapnya.

Dua Jam dari Jogja

Pesona Pantai Ngrumput (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Beberapa waktu lalu saya sempat mencoba sendiri sensasi pelesiran ke Pantai Ngrumput. Meski lokasinya tak terlalu jauh dari Drini, tempat ini masih relatif sepi. Teman Traveler bisa menemukan lokasinya di kawasan Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Dari pusat kota Jogja, Pantai Ngrumput terpisah jarak sekitar 46 kilometer. Artinya, butuh perjalanan kurang lebih dua jam untuk sampai di destinasi satu ini. Jangan khawatir, semua perjuangan kalian bakal terbayar lunas dengan keindahan yang menanti di pantai ini.

Tiketnya Murah

Tampak Bukit Kosakora (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Tiket masuk kawasan ini cukup murah. Per orang hanya perlu membayar Rp10.000, sudah termasuk akses ke semua sudut pantai. Cukup murah, bukan? Bisa jadi alternatif tempat liburan murah meriah di akhir pekan. Dijamin tak bikin kantong bolong.

Pesisir Pantai Ngrumput sendiri berjarak sekitar 400 meter dari parkiran. Teman Traveler bakal melewati jalan setapak dengan perkebunan warga dan bebatuan menjulang tinggi di kedua sisi.

Pesona Pantai yang Mengagumkan

Hamparan pasir putih (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Begitu sampai di bibir pantai, saya langsung disambut semilir angin khas daerah pesisir. Sejauh mata memandang, tampak hamparan pasir putih yang seolah menggoda, mengajak untuk segera bermain. Dari kejauhan nampak ombak silih berganti menerjang.

Jika dilihat sekilas perairan di sekitar sini berwarna hijau tua. Begitu mendekat, saya baru sadar bahwa warna hijau tersebut muncul dari rerumputan yang hidup di bebatuan. Hampir mirip dengan rumput
laut.

Bukit Kosakora

Pemandangan dari atas Bukit Kosakora (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Pantai Ngrumput memiliki dua bukit, salah satunya adalah Kosakora. Bukit yang kerap digunakan untuk kemping ini tawarkan pemandangan indah Samudra Hindia. Cocok bagi kalian yang hobi berburu panorama sunset maupun sunrise. Dari sini, kalian juga bisa melihat beragam aktivitas penduduk sekitar pantai.

Jika Teman Traveler ingin mendaki dan melihat pemandangan dari puncak Kosakora, wajib membayar Rp2.000 per orang. Sementara untuk kemping, cukup bayar Rp15.000 saja. Tak bawa tenda? Tenang saja, mereka juga sediakan persewaan kok.

Fasilitas Pendukung Lengkap

Pemandangan dari Kosakora (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang kehabisan atau lupa membawa perbekalan, jangan panik. Ada banyak warung di sekitar Pantai Ngrumput. Kalian bisa beli makanan, minuman, maupun keperluan lain. Selain itu, tempat ini juga sudah memiliki toilet dan kamar kecil.

Itulah sedikit pengalaman saya jalan-jalan di Pantai Ngrumput. Pemandangan yang tersaji benar-benar cantik. Fasilitasnya juga tak kalah lengkap. Jadi, kapan kalian menyusul ke sini Teman Traveler?

Tags
Jogja kontributor pantai ngrumput Travelingyuk wisata jogja Wisata Jogjakarta
Share