Pantai Ngalur, Pesona Pantai Tersembunyi di Tulungagung Jawa Timur

Terdapat banyak wisata pantai yang ada di Tulungagung, salah satu yang terkenal adalah kedung tumpang yang memiliki daya tarik kolam renang alaminya. Tapi pantai eksotis tidak hanya itu saja, ada pantai Ngalur Tulungagung yang tak kalah cantiknya. Seperti yang akan diceritakan kontributor Frenky Hizkia.

Pesona Pantai Ngalur

Pengunjung yang datang akan disambut dengan pemandangan pantai yang luar biasa. Laut berwarna biru, ditambah dengan pasir putih lembut menjadikan pantai ini layak untuk dikunjungi. Perlu diketahui, ombak di pantai ini cukup ganas, jadi tidak disarankan untuk berenang ya.

Bibir pantainya juga cukup panjang disertai lengkungan pada tepinya sehingga menyerupai teluk. Selain itu, terdapat bebatuan karang disekitar bibir pantai. Dan pepohonan yang rindang disekitar pantai menambah kealamian pantai satu ini.

Pengunjung yang datang ke pantai Ngalur juga belum terlalu banyak, dikarenakan lokasinya yang tersembunyi. Untuk dapat sampai di pantai ini, pengunjung terlebih dahulu harus trekking melewati daerah perbukitan.

Spot foto kekinian di pantai Ngalur, Via Instagram/bella_anandra
Spot foto kekinian di pantai Ngalur, Via Instagram/bella_anandra

Lokasi dan Rute Menuju pantai

Pantai Ngalur ini berada di Desa Jengglungharjo, Tulunagung Jawa Timur. Pantai ini tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya berjarak sekitar 24 KM saja. Sayangnya, kendaraan tidak bisa sampai di pantai Ngalur.

Untuk menuju ke lokasi pantai Ngalur, ada dua rute yang bisa pengunjung gunakan. Rute yang pertama yaitu dari sebelah kiri pantai Sanggar melewati daerah perbukitan. Dan rute kedua lewat Dusun Pantai Sanggar. Tapi untuk rute yang kedua masih minim papan petunjuk arah, jadi lebih mudah lewat rute pertama.

Pantai tersembunyi di Tulungagung, Via Instagram/mas_hartanto
Pantai tersembunyi di Tulungagung, Via Instagram/mas_hartanto

Harga tiket masuk dan fasilitas yang ada

Masih belum ada biaya yang ditarik jika berkunjung ke pantai Ngalur ini, karena pantai ini belum dikelola oleh pemerintah maupun masyarakat sekitar. Pengunjung cuman akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5 ribu saja di pantai Sanggar.

Pesona pantai Ngalur di Tulungagung, Via Instagam/sukmaaprast
Pesona pantai Ngalur di Tulungagung, Via Instagam/sukmaaprast

Karena belum ada biaya retribusi, jadi pantai ini masih belum dilengkapi fasilitas penunjang lainnya. Ada baiknya untu membawa bekal dari rumah jika ingin datang ke pantai Ngalur di Tulungagung ini.

Tertarik untuk berkunjung ke Tulungagung? Selain pantai Ngalur, juga masih banyak pantai dan obyek wisata lainnya loh di kota ini. So, tunggu apalagi langsung ajak teman dan sahabat untuk berwisata ke pantai indah ini.

Tags
Share