Pantai Nampu, Main Air Seru Ditemani Ombak Manja

Jika Teman Traveler selama ini pergi ke pantai hanya menikmati keganasan ombak besar yang memecah karang atau melihat pemandangan indah laut dengan aksen air berwarna hijau kebiruan, cobalah menikmati air asinnya dan bermain pasir di Pantai Nampu.

Spot foto wajib, tanda sudah sampai di pantai (c) Layangseta/Travelingyuk

Pantai Nampu memiliki arus yang cukup tenang, cocok untuk bermain air. Teman Traveler juga tak perlu khawatir membawa anak-anak ke sini karena sangat aman. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Pantai Nampu, Pesona Alam Wonogiri

Terletak di bawah tebing (c) Layangseta/Travelingyuk

Pantai Nampu terletak di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Teman Traveler akan melewati jalanan sempit dan berkelok, ditemani pemandangan kampung penuh batu kapur menjulang di sisi kiri dan kanan. Panorama semacam ini sudah jadi ciri khas kawasan Paranggupito, yang terkenal selalu mengalami kekeringan ketika musim kemarau datang.

Begitu tiba, Teman Traveler tidak bisa langsung memarkir kendaraan di lokasi karena Pantai Nampu berada di bawah tebing curam. Kalian harus melewati beberapa anak tangga sebelum bisa menikmati keindahan di sekitarnya.

Aman untuk Berenang

Sangat aman untuk anak-anak (c) Layangseta/Travelingyuk

Meskipun Nampu masuk dalam jajaran pantai selatan, kawasan yang terkenal dengan ombak besar nan mematikan, pantai ini justru memiliki arus selembut danau. Mirip-mirip Pantai Teleng Ria di Pacitan.

Menjelang sore hari, air di sekitar sini bakal surut hingga Teman Traveler bisa menjelajah cukup jauh dari bibir pantai. Situasinya sangat berbeda dibandingkan ketika air masih pasang di pagi hari.

Semakin ke barat ombak semakin kecil (c) Layangseta/Travelingyuk

Itulah yang jadi salah satu daya tarik pantai idola anak muda ini. Teman Traveler yang tak pandai berenang sekalipun masih bisa menikmati ombak sekitar dengan aman. Tak perlu takut ketika melihat gulungan air dari arah selatan. Semuanya bakal terpecah oleh gugusan karang dan hanya menyisakan deburan kecil.

Di bagian timur, ombaknya sedikit lebih besar dengan defraksi. Hal ini membuat keadaan sekitar sedikit berkabut. Bahkan terkadang menciptakan efek pelangi yang menakjubkan.

Teluk tempat Pantai Banyutibo, Pacitan (c) Layangseta/Travelingyuk

Jika Teman Traveler terus bergerak ke arah timur, kalian akan menemukan jalur khusus menuju Pantai Banyu Tibo yang masuk wilayah Kabupaten Pacitan. Destinasi ini suguhkan panorama air terjun yang langsung jatuh ke laut. Meski tidak terlalu tinggi, pesona indahnya sungguh luar biasa.

Aman dari Batu Karang Tajam

Batu karang tak membahayakan pengunjung (c) Layangseta/Travelingyuk

Batu karang merupakan hal tak terpisahkan dari pantai, bahkan jadi elemen penting untuk menambah keindahannya. Begitu pula dengan Pantai Nampu. Begitu air surut, Teman Traveler akan melihat deretan batu karang yang aman dijelajahi dengan kaki telanjang.

Di sela-sela lubang batu karang tersebut, Teman Traveler bisa melihat sejumlah ikan kecil. Menyaksikan satwa laut tersebut hilir mudik di antara bebatuan terasa sangat menyenangkan.

Teman Traveler juga bisa melihat banyak rumput laut hidup di sepanjang karang. Jika penasaran, boleh kalian bawa sebagai oleh-oleh. Namun jika tak ingin repot, di sekitar pantai ada beberapa penjual yang menawarkan dalam kemasan siap makan.

Berpasir Putih Bersih

Hamparan pasir luas, bebas lakukan aktivitas (c) Layangseta/Travelingyuk

Pantai Nampu memiliki hamparan pasir putih bersih. Pasirnya takkan membuat pakaian kotor. Teman Traveler bisa bermain dengan bebas, tanpa rasa khawatir. Teksturnya juga sangat lembut, cukup mudah dibersihkan dengan sedikit bilasan air.

Pasir yang tak membuat kotor baju (c) Layangseta/Travelingyuk

Hamparan pasir di sini juga sangat luas, Teman Traveler dipastikan bakal puas lantaran dari sisi barat hingga timur dipenuhi pasir putih bak permadani. Kalian bebas melakukan aktivitas seru tanpa takut menggangu pengunjung lain.

Itulah sekilas ulasan mengenai Pantai Nampu, destinasi yang tawarkan keamanan dan kenyamanan berenang di laut tanpa perlu takut tergulung ombak. Teman Traveler juga bisa menikmati panorama khas pantai selatan di sini. Jadi jangan lupa berkunjung ke sini ketika sedang jalan-jalan di Wonogiri ya.

Tags
kontributor Travelingyuk Wisata Wonogiri Wonogiri
Share