Selfie di Pantai Phuket Ini Bisa Kena Hukuman Mati, Apa Alasannya?

Selama ini Phuket, Thailand menjadi salah satu destinasi wisata impian di dunia. Lokasinya cantik bak surga, tak kalah dengan Maldives. Karena hal itulah, wisatawan berbondong-bondong setiap tahunnya untuk datang. Namun ternyata, membludaknya wisatawan yang datang ini memunculkan masalah tersendiri bagi pemerintah. Ada salah satu kawasan yang cukup menyita perhatian, namanya adalah Pantai Mai Khao.

Aturan Dilarang Selfie di Pantai Mai Khao

Hits namun mulai dilarang, via Instagram/vibepositivamundo
Hits namun mulai dilarang, via Instagram/vibepositivamundo

Pantai Mai Khao selama ini menjadi salah satu destinasi yang dipadati oleh wisatawan. Salah satu daya tarik utamanya adalah bisa selfie dengan latar belakang Laut Andaman hingga pesawat komersil raksasa yang terbangnya cukup rendah, di atas kepala. Dengan panorama yang cukup unik dan tidak ditawarkan di tempat lain inilah, pengunjung berdatangan setiap waktunya.

Pantai di Phuket, via Instagram/beauty_akka
Pantai di Phuket, via Instagram/beauty_akka

Namun ada keresahan tersendiri oleh pihak pemerintah. Jika apa yang dilakukan oleh para pengunjung ini sudah berlebihan. Demi alasan keamanan, pihak berwenang Phuket sudah memberlakukan zona berbahaya, kurang lebih 9 meter dari Pantai Mai Khao. Bahkan, otoritas setempat juga tak segan-segan menjatuhkan hukuman mati jika tak diindahkan.

Alasan Dilarang Selfie di Pantai Mai Khao

Siapa yang tidak tertarik? Via Instagram/yula.lo
Siapa yang tidak tertarik? Via Instagram/yula.lo

Ada alasan kuat kenapa peraturan ini diberlakukan oleh pihak yang berwenang di Phuket. Dilansir dari Travel Wire Asia, Pantai ini memang memiliki lokasi yang dekat dengan Bandara Phuket. Swafoto degan latar belakang pesawat terbang rendah begitu membahayakan wisatawan sendiri.

Tidak hanya berhenti di situ saja, hal tersebut juga membahayakan penerbangan sekaligus penumpang yang terdapat di dalam pesawat. Secara singkatnya, selfie bisa mengganggu konsentrasi kokpit pesawat dan membahayakan para penumpang yang terdapat di dalamnya. Tentunya ini menjadi masalah yang cukup serius. Karena hal itulah, pemerintah Phuket tidak main-main dengan peraturan ini.

Aturan Lainnya Supaya Ditaati

Istimewa cantiknya, via Instagram/daichi_oita
Istimewa cantiknya, via Instagram/daichi_oita

Tidak hanya selfie saja, para pengunjung yang datang dilarang megoperasikan drone, menyalakan lampu ataupun juga laser. Hal-hal yang berpotensi menggangu penerbangan dan membahayakan penumpang akan diganjar hukuman berat. Mulai dari hukuman penjara ataupun sampai hukuman mati. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Navigasi Udara Thailand.

Aturan Unik yang Dimiliki oleh Thailand

Larangan merokok, via Instagram/mateuritu
Larangan merokok, via Instagram/mateuritu

Tidak hanya aturan tentang selfie saja, Thailand juga memiliki sederet kebijakan yang perlu untuk diperhatikan dan dipatuhi. Mulai dari larangan menyentuh biksu, memegang kepala, sampai dengan rokok. Bahkan, perihal larangan merokok pemerintah Thailand juga ketat. Mereka yang ketahuan merokok di lokasi-lokasi yang dilarang bisa didenda sampai 5.000 Bath atau setara dengan Rp 2,2 juta.

Maka dari itulah Teman Traveler, penting sekali mengetahui aturan yang berlaku di tempat wisata yang akan dituju. Baik itu destinasi yang berada di dalam ataupun luar negeri.

Tags
Luar negeri pantai di Phuket Pantai Mai Khao Phuket Thailand
Share