Pantai Lubang Buaya Morela, Diving Anti-Mainstream di Maluku

Helga Christina

Helga Christina

On Indonesia
Deretan koral di Pantai Lubang Buaya Morela Deretan koral di Pantai Lubang Buaya Morela

Pantai Lubang Buaya Morela pantang Teman Traveler lewatkan jika sedang keliling wisata di Maluku. Di sini kalian bisa menikmati pemandangan bawah laut luar biasa indah. Sungguh sayang untuk dilewatkan.

Tenang, Gak Ada Buayanya Kok

Jelajah bawah laut (c) Helga Christina/Travelingyuk

Dari namanya, Pantai Lubang Buaya Morela mungkin terdengar agak mengerikan. Bahkan mungkin ada beberapa Teman Traveler yang berpikir pantai ini jadi habitat puluhan buaya. Namun tenang saja, sebutan tersebut diberikan karena lengkungan garis pantai di sini sepintas berbentuk mirip buaya.

Mudah Dijangkau dari Ambon

Deretan koral (c) Helga Christina/Travelingyuk

Pantai Lubang Buaya berada di sebuah desa di Maluku Tengah. Tenang saja, aksesnya sangat mudah. Teman Traveler bisa sampai sini dalam waktu kurang lebih 60-90 menit dari Ambon. Sebaiknya datang pagi hari demi mendapatkan pemandangan bawah laut yang lebih jernih.

Ramah Kantong

Bersantai di salah satu gazebo (c) Helga Christina/Travelingyuk

Masuk lokasi wisata ini, Teman Traveler wajib membayar tiket masuk Rp2.000. Jangan lupa sisihkan dana untuk parkir, Rp2.000 bagi pengendara motor dan Rp5.000 bagi pemilik mobil.

Pantai Lubang Buaya dikelola warga setempat dengan dukungan sejumlah pihak. Di sini Teman Traveler bisa bersantai di sebuah gazebo yang terletak di atas permukaan laut. Tak ada biaya sewa, kalian cukup memesan pisang goreng, es kelapa muda, atau makanan lain. Jangan khawatir, harganya terjangkau kok.

Nah, bagi Teman Traveler yang ingin menikmati pemandangan bawah laut, sebaiknya membawa peralatan snorkeling maupun diving. Tapi jika lupa, kalian bisa menyewa dengan tarif antara Rp10.000 hingga Rp20.000 per item. Tak ada batasan waktu, kalian boleh menggunakan fin atau kaki katak, scuba diving mask, maupun pelampung sepuasnya.

Asyiknya Jelajah Bawah Laut

Tidur santai di pinggir perairan (c) Helga Christina/Travelingyuk

Area di sekitar gazebo sebenarnya sudah cukup bagus untuk snorkeling maupun diving. Namun jika ingin, kalian bisa menyewa perahu dengan tarif antara Rp15.000-Rp20.000 dan minta diantar ke spot-spot indah lainnya.

Kekayaan bawah laut sekitar sini memang luar biasa. Di salah satu spot, Teman Traveler bahkan hanya perlu menyelam satu meter untuk melihat ikan-ikan dan koral cantik. Tentunya bisa jadi pengalaman liburan anti-mainstream, terutama bagi kalian yang penasaran melihat aneka satwa dan tumbuhan laut dari jarak dekat.

Oh ya, sebaiknya Teman Traveler berhati-hati ya. Jangan sampai menginjak maupun menyentuh terumbu karang. Hal ini bisa menyebabkan terumbu rusak dan tak bisa lagi pulih seperti sedia kala.

Itulah sekilas ulasan mengenai Pantai Lubang Buaya Morela, destinasi snorkeling dan free diving anti-mainstream di Maluku. Wajib dikunjungi bagi Teman Traveler yang hobi menjelajah wisata bahari.