Pantai Labuhan Haji, Spot Terbaik Menikmati Matahari Terbit di Lombok

Advertisement

Melepas penat setelah sepekan berkegiatan, memang paling enak di pantai. Buat kamu yang sedang ada di Lombok, bisa banget melipir ke Pantai Labuhan Haji. Panorama alam yang indah, bakal memukaumu. Salah satunya adalah momen mentari terbit di pagi hari, jangan sampai kamu lewatkan di sini!

Sejarah Pantai Labuhan Haji

Pantai ini diberi nama Labuhan Haji karena sejarah yang menyelimutinya. Saat masa kolonial Belanda dan Jepang, pantai ini menjadi pelabuhan haji yang besar untuk memberangkatkan para jemaah haji masyarakat Lombok di kala itu. Namun, kini sudah tidak karena berfokus pada tempat wisata.

Pantai Labuhan Haji
Foto via Instagram

Selain menjadi labuhan haji, pantai ini juga dulunya kerap dikunjungi para saudagar asing, salah satunya China untuk bertransaksi. Tak heran jika di sekitar sana ada kuburan China di Penedagandor. Karena itulah pantai ini sempat menjadi tempat paling penting di Lombok Timur pada zamannya.

Pesona Sunrise yang Memukau

Pantai Labuhan Haji terkenal akan pesona sunrise yang begitu indah. Terdapat Sunrise Land Lombok (SLL) yang digagas oleh sekelompok pemuda setempat setelah melihat potensi yang ada di pantai ini. Puluhan pemuda bersama Pemda mengelola pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata di Lombok yang mengesankan.

Sunrise Land Lombok
Foto via Instagram

Di SLL, kamu bisa menikmati momen mentari terbit yang indah. Tempatnya berada di sebelah selatan Pantai Labuhan Haji. Untuk bisa menikmati sunrise, kamu sebaiknya datang sebelum waktu Subuh. Saat pagi buta, kamu juga akan melihat jalanan yang sudah ramai warga berkegiatan.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Selain menjadi spot menikmati matahari terbit, pantai ini juga menjadi tempat Konservasi Penyu Pasir Hitam. Kamu bisa melihat pelepasliaran anak penyu jenis Tukik Lekang jika beruntung. Banyak kegiatan lain yang juga bisa kamu lakukan di sini, seperti berenang di pantai. Bisa juga duduk santai di Tapen, area pepohonan rindang di pinggir pantai. Berjalan-jalan di atas pasir pantai hitam bercampur putih sembari menikmati suasana, juga bisa banget.

Pelepasliaran anak penyu tukik
Foto via Selaparangnews

Terdapat banyak warung makanan yang menyediakan hidangan khas Lombok, seperti seafood yang nikmat dan segar. Tak jauh dari pantai ini juga terdapat Pasar Tanjung Luar, menjual hasil laut yang lebih segar dan murah dibanding tempat lain.

Terdapat Tradisi Tahunan

Jika kamu mengunjungi pantai ini tak lama setelah Lebaran Idul Fitri, kamu bisa melihat kegiatan rutin yang digelar di pantai ini. Sebuah tradisi yang diadakan setiap tahun setelah Idul Fitri. Kegiatan ini merupakan pesta rakyat Desa Labuhan Haji sebagai bentuk warga untuk bersantai bersama keluarga setelah kegiatan halal bi halal Lebaran.

Pantai Labuhan Haji
Foto via Instagram

Selain itu, juga untuk menyambut para wisatawan yang datang. Terdapat banyak kegiatan seru, seperti bazar dan hiburan. Kamu juga bisa melihat beberapa lomba yang diadakan, seperti panjat pinang, sampan dayung, hingga menangkap itik di pantai.

Lokasi dan HTM Pantai Labuhan Haji

Pantai Labuhan Haji
Foto via Instagram

Pantai Labuhan Haji berada di Dusun Montong Meong, Desa Labuhan Haji, Kecamatan Labuan Haji, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Untuk bisa ke sini, kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor pribadi. Dari pusat kota Mataram, harus menempuh jarak sekitar 1,5 perjalanan. Tiket masuknya adalah Rp5.000 per motor dan Rp10.000 per mobil.

Berbagai kegiatan bisa kamu lakukan di pantai ini, mulai dari bersantai sambil menikmati alam sampai berburu foto di saat matahari terbit. Sudah siap meluncur ke Pantai Labuhan Haji untuk menghabiskan waktu liburan akhir pekan nanti?

Advertisement
Tags
pantai di lombok Pantai Labuhan Haji
Share