Rekomendasi Pantai Labangka, Cocok Buat yang Butuh Vitamin Sea

Sumbawa selama ini identik dengan panorama perbukitan dan air terjunnya. Namun jangan salah Teman Traveler, Tana Intan Bulaeng ternyata punya banyak pantai indah lho. Jika kalian jalan-jalan ke Kecamatan Labangka, ada banyak Pantai Labangka menarik untuk disambangi.

Setidaknya ada dua Pantai Labangka yang tawarkan paduan hamparan laut biru dan pasir putih mempesona. Mana saja? Yuk, simak rekomendasi saya berikut ini.

Pantai Labangka IV

dscn6398_McD.JPG
Menikmati hamparan pasir putih (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Berada cukup jauh dari kota membuat akses ke sini termasuk sulit. Aspal rusak, disambung jalan bebatuan bakal bikin adrenalin Teman Traveler lumayan terpacu. Apalagi wisatawan jarang berkunjung ke sekitar sini. Namun jangan sampai hal tersebut menciutkan semangat kalian ya. Sebagai patokan, destinasi ini bisa kalian temukan dekat sebuah bangunan tua yang dulunya berfungsi sebagai gudang gula.

Semua perjuangan yang Teman Traveler lakukan bakal terbayar lunas begitu sampai di tujuan. Hamparan pasirnya terbentang luas, air lautnya tampak biru bersinar, berpadu apik dengan langit cerah. Semilir angin lembut bakal bikin kalian makin betah berlama-lama di sini.

dscn6388_QRo.JPG
Pantainya masih relatif sepi (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Soal fasilitas, pantai ini memang belum sepenuhnya dikembangkan sebagai destinasi wisata. Oleh karena itu, Teman Traveler sebaiknya membawa perbekalan cukup agar tak kehausan maupun kelaparan. Sementara untuk lahan parkir, kalian bisa meninggalkan kendaraan langsung di bibir pantai.

Atmosfer yang relatif tenang membuat pantai ini serasa seperti milik pribadi. Lingkungannya memang tidak terlalu bersih, namun Teman Traveler takkan menemukan sampah plastik atau bungkus makanan. Hanya ada beberapa rumput laut yang terbawa arus laut.

dscn6421_Rz4.JPG
Menulis pesan di atas pasir bisa jadi kegiatan asyik (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Tak sekedar mengagumi pemandangan sekitar, ada banyak aktivitas menarik yang bisa Teman Traveler lakukan di sini. Selain bermain air dan mencari kerang, kalian juga bisa menjajal serunya kemping, bersantai di atas hammock, maupun berfoto-foto ria. Berenang sepertinya bisa dilakukan karena tidak ada papan peringatan apapun, namun saya tidak merekomendasikan ya.

Pantai Leppu

dscn6592_hXQ.JPG
Pantai Leppu dari kejauhan (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Berikutnya ada Pantai Leppu atau yang sering disebut dengan Gili Lepoe. Jaraknya kurang lebih lima kilometer dari Pantai Labangka IV. Akses menuju sini juga tak kalah sulit karena Teman Traveler harus melintasi jalur tanah merah dengan bebatu besar, kerikil, dan debu. Pastinya bakal lebih menguras tenaga.

Dari batas terakhir jalan beraspal Teman Traveler sebenarnya sudah bisa melihat Pantai Leppu. Namun perjalanan sebenarnya masih panjang. Kalian bakal melewati jalur berkelok-kelok dan minim petunjuk arah. Begitu menemukan turunan tajam dan warung, kalian boleh bernafas lega karena itu artinya perjalanan akan segera berakhir.

dscn6437_O7Y.JPG
Relatif sepi pengunjung (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Bibir pantai bisa digapai dari dua titik berbeda. Teman Traveler bisa berjalan kaki lumayan jauh dari area parkir atau langsung sampai ke bibir pantai, meski harus sedikit memutar dan melewati jalur cukup menantang. Oh ya, jangan lupa siapkan biaya parkir ya, Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

dscn6508_fll.JPG
Sisi lain Pantai Leppu (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk
dscn6548_x9L.JPG
Sisi kanan Leppu (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Pantai Leppu memiliki sebuah jembatan yang menghubungkan dengan pulau kecil di seberang laut. Tak heran jika beberapa orang menyebut destinasi ini mirip Tanah Lot di Bali, hanya saja lebih mungil. Sayangnya, jembatan tersebut sudah rusak parah. Jika ngotot ingin mampir ke pulau, Teman Traveler harus siap-siap memanjat bebatuan. Jangan lupa kenakan alas kaki nyaman dan jaga kewaspadaan ya.

dscn6559_1tT.JPG
View dari sisi kiri pulau (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Dibandingkan pantai sebelumnya, fasilitas di Leppu sudah lumayan lengkap. Teman Traveler akan menemukan ayunan untuk berfoto-foto. Selain itu masih ada warung, toilet, dan area parkir khusus. Jadi tak perlu khawatir bakal kehabisan perbekalan jika sedang jalan-jalan di sini ya.

Itulah dua Pantai Labangka yang bisa saya rekomendasikan untuk Teman Traveler. Jika kalian sedang berniat menjelajah wisata Lombok dan sekitarnya, jangan lupa mampir ke sini ya.

Tags
kontributor pantai labangka Sumba Travelingyuk Wisata wisata sumba
Share