Pantai Kukup, Pesona Keindahan Eksotis Jogja

Bicara wisata pantai memang selalu menarik ya Teman Traveler, apalagi jika sedang keliling wisata Jogja. Sudah bukan rahasia bahwa Kota Gudeg merupakan surga pariwisata. Ada banyak pantai indah, salah satunya adalah Pantai Kukup.

Sama seperti pantai lain di Kota Pelajar, Kukup tawarkan pesona keindahan yang begitu luar biasa. Sekali berkunjung, dijamin bakal kangen. Rindu ingin kembali lagi. Teman Traveler penasaran? Yuk, simak ulasan saya soal Pantai Kukup.

Mudah Dijangkau

img_20150516_123955_wCy.jpg
Pantainya dipadati pengunjung (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Pantai Kukup berada di Jalan Pantai Selatan Jawa, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa
Yogyakarta. Jaraknya kurang lebih 62 km dari pusat kota. Teman
Traveler bisa menempuhnya selama kurang lebih dua jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Kukup memiliki area parkir luas, sehingga Teman Traveler tak perlu khawatir jika membawa banyak rombongan. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap, mulai dari akomodasi, tempat makan, toilet, mushola, dan masih banyak lagi.

Jika cuaca sedang cerah, Teman Traveler juga bisa kemping di sini. Nikmati indahnya sunrise dan sunset yang bakal bikin kalian terkesima.

Tiketnya Ramah Kantong

c360_2015_05_16_13_19_02_502_pB3.jpg
Pemandangannya sungguh memukau (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Liburan ke sini takkan bikin kantong Teman Traveler bolong. Tiket masuknya sangat terjangkau untuk semua kalangan. Di pos retribusi Pantai Baron kalian bakal diminta membeli tiket masuk untuk akses ke
beberapa destinasi sekaligus, termasuk Pantai Kukup, Krakal dan Baron. Tarifnya hanya Rp10.000 per orang.

Jangan lupa siapkan biaya parkir ya. Teman Traveler hanya perlu bayar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 jika menumpang mobil. Cukup murah bukan?

Misteri yang Melegenda

c360_2015_05_16_12_44_35_511_Czx.jpg
Pemandangan dari gardu pandang (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Pantai Selatan memang menyimpan beragam misteri. Mulai dari Parangtritis yang terkenal dengan misteri Nyai Roro Kidul, hingga beragam kisah mistis lainnya.

Masyarakat di pesisir selatan sendiri sebagian masih memegang teguh budaya Kejawen. Mereka sering mengadakan beberapa upacara adat di sekitar pantai. Biasanya dilaksanakan di tempat-tempat yang menurut mereka sakral, seperti pantai, pura, dan lainnya.

c360_2015_05_16_13_07_45_700_riH.jpg
Berfoto di pesisir pantai (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Begitu pula dengan Pantai Kukup. Tempat ini memiliki sebuah fenomena misterius yang cukup melegenda. Setiap bulan Suro, banyak warga datang untuk melakukan Ritual Sedekah. Sesajen dilarung ke lautan lepas sebagai ungkapan rasa syukur pada Tuhan atas hasil laut dan rezeki selama satu tahun.

Daya Tarik Kukup

c360_2015_05_16_13_19_42_336_ewq.jpg
Anak tangga menuju Bukit Karang Jumino (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Ciri khas paling menonjol dari deretan pantai di Gunungkidul adalah bukit karangnnya. Namun tidak semua bisa diakses dengan mudah. Selain dipisahkan laut, ada pula ombak ganas yang sewaktu-waktu bisa menyerang.

Namun Teman Traveler jangan khawatir, di Kukup ada bukit karang bernama Jumino. Di sini terdapat gazebo kecil yang sekaligus berfungsi sebagai gardu pandang. Kalian bisa melihat indahnya laut selatan dari ketinggian. Tempat ini juga ideal untuk menikmati indahnya momen sunset maupun sunrise.

c360_2015_05_16_13_21_08_152_D6S.jpg
Pemandangan dari Bukit Karang (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Akses menuju bukit ini sangat mudah. Sudah ada jalur penghubung berupa sejumlah anak tangga dan jembatan kokoh. Teman Traveler bisa abadikan beragam momen spesial di Jumino. Pemandangan yang tersaji sangat cantik. Selain itu ada banyak spot foto keren yang Instagenic.

c360_2015_05_16_12_47_14_499_YV9.jpg
Berpose di sekitar bukit karang (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Selain Jumino dan gardu pandang, daya tarik lain dari Pantai Kukup adalah pasir pantainya yang berwarna putih kecoklatan. Tak heran jika destinasi ini selalu ramai pengunjung tiap hari.

Ayo segera atur schedule kalian dan meluncur ke Jogja. Selamat jalan-jalan. Bagaimana Teman Traveler, tertarik mampir ke destinasi eksotis ini?

Tags
Jogja kontributor pantai kukup Travelingyuk Wisata wisata jogja
Share