Pantai Kondang Merak Malang, Pesona Senjanya Memanjakan Mata

Tak hanya dikelilingi deretan pegunungan yang menjulang tinggi, Malang juga memiliki pantai yang berjejer eksotis di bagian selatannya. Menghadap langsung ke Samudera Hindia, hampir setiap pantai memiliki panorama memukau. Termasuk Pantai Kondang Merak yang menang banyak dengan sunsetnya. Seperti apa sih pesona alam yang ditawarkan? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Fery Arifian.

Lokasinya Tak Jauh dari Pantai Balekambang

Pulau Karang Pantai Kondang Merak (c) Fery Arifan
Pulau Karang Pantai Kondang Merak (c) Fery Arifan/Travelingyuk

Pantai Kondang Merak berada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Letaknya tak jauh dari Pantai Balekambang yang lebih dulu populer di kalangan traveler. Jaraknya cukup dekat, karena tepat di sebelah barat Balekambang. Nah, untuk Teman Traveler yang masih bingung jalan menuju tempat wisata ini, bisa bertanya ke penduduk sekitar ketika di persimpangan jalan lintas selatan Malang.

Asal Usul Nama yang Unik

Pantai Kondang Merak di Sore Hari (c) Fery Arifan
Pantai Kondang Merak di Sore Hari (c) Fery Arifan/Travelingyuk

Nama yang tersemat dari wisata di Malang ini ternyata memiliki asal usul loh. Konon, pantai yang memiliki hamparan pasir yang bersih ini diberi nama Kondang Merak karena sering ditemukan burung merak. Kawanan burung tersebut mencari makanan di sekitar area pantai, lebih tepatnya di kondang atau muara yang mempertemukan air laut dan tawar.

Garis Pantai yang Panjang Membentang

Garis Pantai yang Panjang (c) Fery Arifan
Garis Pantai yang Panjang (c) Fery Arifan/Travelingyuk

Pantai Kondang Merak juga memiliki garis pantai yang membentang panjang dari timur ke barat. Di sebelahtimurnya terdapat Pantai Pasir Besi, sedangkan di ujung sebelah barat ada Pantai Banyu Meneng. Sepanjang pantai, pasirnya di dominasi warna putih yang terlihat serasi dengan air laut yang jernih. Pastinya jadi pemandangan yang memanjakan mata.

Suguhan Pemandangan Matahari Terbenam yang Eksotis

Sunset Pantai Kondang Merak (c) Fery Arifian
Sunset Pantai Kondang Merak (c) Fery Arifian/Travelingyuk

Pantai yang memiliki ombak besar ini ternyata juga menyuguhkan keindahan panorama sunset atau matahari terbenam. Semburat warna jingga berpadu dengan langit biru yang mulai berubah menjadi gelap. Belum lagi warna ungu yang membuat langit terlihat memiliki gradasi cantik. Pastinya, tempat ini sangat sempurna untuk dijadikan wishlist tujuan wisata Teman Traveler saat ke Malang.

Sunset Pantai Kondang Merak (c) Fery Arifian

Cocok untuk Camping Sambil Menikmati Milky Way

Milky Way di Kondang Merak (c) Fery Arifian/Travelingyuk
Milky Way di Kondang Merak (c) Fery Arifian/Travelingyuk

Last but not least, selain pemandangan sunset-nya, pantai ini juga cocok untuk dijadikan tempat camping bareng keluarga maupun teman. Karena jika cuaca sedang cerah, Teman Traveler bisa melihat hamparan bintang atau milky way ketika malam hari. Untuk yang hobi fotografi, pastinya sempurna untuk berburu milky way. Setuju kan?

Nah, itu tadi beberapa alasan kenapa Teman Traveler harus mengunjungi Pantai Kondang Merak. Bagaimana, sudah memasukkan pantai ini dalam daftar tujuan liburanmu berikutnya? Bagikan di kolom komentar ya!

Tags
Indonesia Jawa Timur Malang Travelingyuk wisata malang
Share