Pantai Kelingking, Primadona Nusa Penida yang Terus Digandrungi

Keliling wisata Bali, namun bosan dengan panorama sunset di kawasan Kuta? Teman Traveler bisa mempertimbangkan mampir ke daerah Nusa Penida. Salah satu tempat yang wajib kalian kunjungi di sana adalah Pantai Kelingking.

Pantai dengan nama unik ini terus jadi primadona Nusa Penida yang digandrungi pelancong. Bahkan kabarnya wisatawan sampai harus rela antre hanya untuk sekedar berfoto di sini. Lantas seperti apa istimewanya Pantai Kelingking? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Pesona Alam Nusa Penida

Lautan luas di sekitar pantai (c) Rosita/Travelingyuk

Pantai Kelingking merupakan salah satu atraksi wisata Nusa Penida paling terkenal. Lokasinya ada di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Dulunya tempat ini sering dimanfaatkan warga sekitar untuk memancing. Namun seiring berjalannya waktu, Kelingking makin populer dan menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan Bali.

Nusa Penida sendiri merupakan pulau mungil di wilayah Bali. Deretan pantai di sini memiliki karakteristik unik. Untuk bisa mencapai kawasan di tenggara Pulau Dewata ini, Teman Traveler bisa menumpang kapal feri dari Pelabuhan Padang Bai maupun Sanur.

Jadi Favorit Wisatawan

Himbauan untuk wisatawan (c) Rosita/Travelingyuk

Popularitas Pantai Kelingking sudah terdengar hingga ke penjuru dunia. Potret keindahannya telah menyebar ke berbagai media sosial. Siapapun yang melihat pasti bakal tertarik berkunjung. Dibanding beberapa destinasi lain di Nusa Penida, pantai ini memang masih jadi primadona.

Kebanyakan wisatawan biasanya penasaran ingin membuktikan sendiri indahnya Pantai Kelingking dari atas bukit. Tak heran jika lokasi ini kerap juga jadi spot andalan untuk berfoto. Pemandangannya memang benar-benar cantik dan Instagramable.

Gugusan tebing di sekitar Pantai Kelingking tampak begitu masif. Sekujur permukaannya ditumbuhi tanaman hijau. Perairan di sekitarnya terlihat biru dan menyegarkan. Di sini terdapat beberapa spot menyelam yang kerap disambangi para wisatawan untuk menyaksikan ikan manta.

Siapkan Tenaga Ekstra

Jalanan curam menuju pantai (c) Rosita/Travelingyuk

Sebelum berencana menjelajah Pantai Kelingking, Teman Traveler sebaiknya siapkan tenaga ekstra. Posisi destinasi alam ini cukup tersembunyi dan butuh upaya lebih untuk menggapainya. Kalian wajib menyusuri jalan setapak di sekitar tebing terjal, dengan kemiringan sekitar 70 hingga 80 derajat.

Di sekitarnya memang sudah dipasang pagar pengaman dari kayu. Namun lantaran jalurnya cukup terjal dan licin, wisatawan tetap dihimbau untuk berhati-hati. Tapi jangan khawatir, semua lelah yang terasa di perjalanan menuju pantai ini bakal terbayar lunas.

Begitu sampai Teman Traveler akan disambut gagahnya deburan ombak dan perairan jernih yang tampak menyegarkan. Dengan semua pesona yang ditawarkan, tak berlebihan rasanya jika pantai ini disebut sebagai surga tersembunyi.

Lanskap Pantai Kelingking dari ketinggian (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Pantai Kelingking, primadona Nusa Penida yang terus digandrungi wisatawan. Yuk, segera wujudkan rencana liburan ke Nusa Penida. Jangan lupa sertakan pantai ini dalam list perjalanan kalian ya. Selamat jalan-jalan.

Tags
Bali kontributor Travelingyuk wisata bali
Share