Pantai Katapiang, Wisata Padang dengan Pohon Jomblo

Ketika berkunjung ke daerah Pariaman, Sumatera Barat, ada wisata bahari yang paling banyak dicari-cari oleh wisatawan, yaitu Pantai Katapiang. Bukan hanya pesonanya yang indah dipandang mata, ternyata karena katanya pantai ini memiliki pohon yang tumbuh sendirian di sekitar pantai. Biasanya, pohon tersebut dijuluki sebagai Pohon Jomblo. Penasaran?

Asal-usul Pohon

pantai katapiang
Pohon Jomblo dinamai oleh seorang traveler via instagram/ asmirasyid

Berawal dari seorang traveler bernama Ardi Suryanto yang sedang berwisata ke Pantai Katapiang dan menemukan sebatang pohon kering di pinggir pantai yang berdiri sendiri, Kemudian ia menamainya sebagai “Pohon Jomblo”. Tak lama, ia pun mengunggah foto-foto menakjubkan yang diambilnya dari bawah pohon Jomblo. Keindahan pasir pantai digunakan sebagai latar indah untuk menemani kecantikan “Pohon Jomblo”.

Di foto lainnya, ia juga mengunggah foto menakjubkan saat senja. Di mana matahari begitu cantik kala menyapa bumi Minang tersebut, fotonya pun berhasil menarik rasa penasaran traveler nusantara.

Sejak itu, pohon yang ada di pantai ini menjadi destinasi populer dan banyak diincar oleh wisatawan. Kini, pun pohon Jomblo sudah memiliki papan nama bertuliskan ” Pohon Jomblo”.

Keindahan Pantai Katapiang

pantai katapiang
Keindahan Pantai Katapiang via instagram/
yolaarv

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika Pantai Katapiang memiliki keindahan pada lautnya. Airnya yang biru, membuat para pengunjung ketagihan untuk menceburkan diri. Ditambah lagi dengan warna langitnya yang biru, sanggup melengkapi pesona Katapiang.

Begitu juga dengan pasirnya yang luas sehingga membuat para pengunjung bisa duduk sepuasnya di sana. Selain itu, pepohonan di pinggir pantai juga memperindah Pantai Katapiang. Sebab, jarang sekali ada pantai yang mempunyai pepohonan rimbun di sampingnya.

Terdapat pipa-pipa bekas yang digunakan sebagai spot foto

pantai katapiang
Pipa bekas untuk spot foto via instagram/
kumpulan_anak_minang

Di sekitar Pantai Katapiang terdapat beberapa spot menarik yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah pipa-pipa bekas yang ditumpuk menjadi satu. Kemudian bentuknya yang terlihat sangat estetik.

Nah, maka dari itu, banyak para pengunjung yang menjadi foto tersebut sebagai spot foto. Namun sayangnya, masih banyak tangan-tangan usil yang membuat pipa-pipa tersebut menjadi tidak enak dipandang. Seperti mencoret pipa dengan menggunakan pilox.

Banyaknya kapal nelayan yang berlabuh di tepi pantai

pantai katapiang
Banyak kapal nelayan via instagram/
winovriadi

Keunikan lain yang dipunya oleh Pantai Katapiang yaitu banyaknya kapal nelayan di sana. Para nelayan memang sengaja meletakkan kapalnya di sana agar tidak kesulitan jika ingin langsung berburu ikan.

Hal inilah yang membuat para pengunjung tertarik. Dikarenakan sangat jarang ada pantai wisata yang dihiasi dengan kapal-kapal nelayan. Dari sinilah, banyak para turis yang tertarik untuk memotret kapal-kapal ini untuk dibagikan ke media sosialnya masing-masing.

Begitulah sekilas tentang Pantai Katapiang yang merupakan salah satu wisata Pariaman. Untuk teman traveler yang tertarik ke sana, bisa langsung ke daerah Batang Anai. Letaknya tidak terlalu jauh dari Bandara Minangkabau kok.

Tags
Indonesia pantai katapiang Pariaman Sumatera Barat
Share