Keindahan Pulau Kecil Tengah Laut Pantai Kasap, Raja Ampat Pacitan yang Eksotik

Advertisement
Konsentrasi Warna yang Menyejukkan (c) Ilham Ageng Pangestu/Travelingyuk

Pantai Kasap berlokasi di Gumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Pacitan. Jika ke sini, Teman Traveler juga bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata yang lokasinya juga berdekatan. Salah satunya adalah Sungai Maron yang berada sebelum Pantai Kasap.

Destinasi pantai ini adalah salah satu pesona pantai favorit di Pacitan. Keindahan Pantai alami ini terletak di Dusun Ketro, Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur. Informasi lebih lengkapnya, Teman Traveler bisa baca ulasan di bawah ini.

Terapit Tebing

Jalan Setapak (c) Ilham Ageng Pangestu/Travelingyuk

Pantai yang berada persis di sebelah Pantai Sruni ini memiliki karakteristik khas Pantai Selatan yaitu karang, pasir putih dan ombak yang deras. Seperti halnya karakter pantai-pantai Pacitan bagian barat, Pantai Kasap juga berpasir putih dan berombak dahsyat. Garis pantainya cukup sempit berbentuk teluk berpasir melengkung yang terapit oleh tebing pada sisi kiri dan kananya.

Pulau Kecil di Tengah Laut

Keindahan Pantai (c) Ilham Ageng Pangestu/Travelingyuk

Untuk Menikmati view yang mirip Raja Ampat ini, Teman Traveler harus naik ke bukit di sebelah pantai dengan melewati jalan setapak. Sesampainya di atas bukit, Teman Traveler akan dimanjakan dengan pemandangan yang cukup keren yaitu beberapa pulau kecil yang ada di tengah laut.

Pemandangan Indah Sunset

Bibir Pantai (c) Ilham Ageng Pangestu/Travelingyuk

Pantai ini masih tergolong alami dan belum di kelola penuh oleh pemerintah sehingga belum banyak orang yang mengunjungi destinasi ini. Teman Traveler bisa bersantai merasakan angin yang semilir sambil menikmati deburan ombak pantai selatan. Tidak hanya itu, jika Teman Traveler ke sini pada sore hari, maka bisa menyaksikan sunset dari bukit sekaligus mangabadikannya dengan kamera.

Rute dari Solo/Jogja menuju Pantai Kasap

Pantai dari Atas Bukit (c) Ilham Ageng Pangestu/Travelingyuk

Perjalanan menuju Pantai Kasap ini jalurnya sama dengan ke Pantai Sruni dan ada 2 rute yang bisa Teman Traveler lalui yaitu pertama dari arah barat Solo/Jogja lewat jalur Goa Gong. Dari manapun Teman Traveler datang masuk Jalur Pacitan – Solo dan belok di Kecamatan Punung tepatnya barat pasar (dekat masjid) yaitu pertigaan ke Goa Gong, kalau dari arah Solo belok kanan.

Ikuti jalan hingga sampai di pertigaan komplek Goa Gong, lalu belok kanan ikuti jalan ke Pantai Klayar atau Desa Kalak hingga sampai di perempatan kalak belok kiri. Ikuti terus jalan utama, ketika sampai di pertigaan ke Klayar, Teman Traveler ambil jalan yang lurus saja ikuti terus jalur utama arah Pantai Watukarung/Pantai Srau hingga bertemu pertigaan arah Watukarung belok kanan. Ikuti terus jalan utama hingga bertemu lokasi tiketing masuk Pantai Watukarung.

Ikuti jalan ke kiri di depan lokasi tiket masuk Watukarung itu melewati jembatan (lalu bersambung jalan rabat) hingga bertemu papan kecil non permanen ke Pantai Kasap di kanan jalan. Setelah itu, parkir lalu jalan kaki melewati jalan setapak di sisi kanan jalan maka akan sampai di Pantai Kasap.

Rute dari Pacitan Kota menuju Pantai Kasap

Pemandangan Pantai saat Senja (c) Ilham Ageng Pangestu/Travelingyuk

Rute yang kedua adalah dari Pacitan kota melalui jalur bus (lewat atas Pantai Telengria) terus ikuti arah Pantai Srau / Watukarung yaitu sampai pertigaan Pringkuku belok kiri (arah Srau). Terus saja hingga sampai pertigaan lagi belok kanan ikuti arah Watukarung / Klayar (di setiap persimpangan ada papan Penunjuk arah permanen). Kemudian, ikuti jalur utama sampai pertigaan Watukarung – Klayar.

Pilih jalan menuju arah Watukarung yang belok kiri, ikuti sampai bertemu persimpangan yang bertuliskan ke Pantai Sruni, Kasap (belok kiri setelah lokasi tiket masuk Pantai Watukarung). Kemudian ikuti rute pertama tadi untuk sampai di Pantai Kasap. Sudah siap berlibur ke Pantai Kasap Pacitan?