Menelusuri Keindahan Pantai di Kalimantan Selatan, Tenang Cocok buat Healing

Advertisement

Apa sih yang ada di pikiran kamu saat ingin berlibur ke Kalimantan Selatan? Meski dikenal sebagai salah satu daerah dengan pertambangan batu bara, Kalimantan Selatan punya banyak pantai yang indah nan eksotis.

Tentu kamu bisa berlibur dan menikmati waktumu di pantai-pantai ini. Tentunya nggak kalah menarik dengan pantai yang ada di daerah Indonesia lainnya. Yuk intip, seberapa cantik sih pantai yang ada di Kalimantan Selatan?

Pantai Takisung

Pantai Takisung terletak di sebelah barat wilayah Kabupaten Tanah Laut. Tepatnya berada di Desa Takisung, Kecamatan Takisung. Untuk ke pantai ini, kamu harus menempuh waktu sekitar 2 jam dari ibu kota Kalimantan Selatan, Banjarmasin. Perjalanan itu, bakal terbayar setelah kamu datang dan melihat keindahan pantai satu ini.

Pantai Kalimantan Selatan
Foto via Instagram

Ombak di Pantai Takisung tak begitu besar, membuatnya aman untuk berwisata keluarga. Duduk-duduk di bawah payung sewaan di pinggir pantai, sembari menikmati pemandangan pantai dan sekitarnya, menjadi kegiatan berlibur yang menyenangkan bareng keluarga. Belum lagi, di sekitar pantai, terdapat pasar yang menjual berbagai seafood, ikan hias, sampai terumbu karang yang didapat langsung dari nelayan.

Pantai Angsana

Pantai satu ini kerap disebut sebagai Bunakennya Kalimantan Selatan. Tidak heran, mengingat kehidupan bawah laut yang begitu menawan. Kamu bisa menikmati pemandangan terumbu karang yang tak jauh dari pesisir pantai dengan snorkeling atau diving. Terdapat pula beberapa jenis ikan-ikan kecil yang dilindungi di sekitar Pantai Angsana.

Pantai Angsana
Foto via Instagram

Tentu bukan hanya kehidupan bawah lautnya, salah satu pantai di Kalimantan Selatan ini memiliki garis pantai yang begitu eksotis. Perpaduan pasir putih kehitaman dan deretan pepohonan, membuat pantai ini begitu indah. Ombak yang cukup tenang, juga membuat kamu bisa berjalan santai di pinggir pantai sembari menikmati waktu mentari tenggelam.

Pantai Pagatan

Perpaduan air laut dengan langit yang bersih, menjadi salah satu pemandangan yang bakal tak bosan-bosannya kamu nikmati di sini. Pasir putih dengan garis pantai yang cukup panjang dan air laut tenang, membuatmu bisa berjalan santai sambil menikmati me-time. Pantai yang terletak di Desa Pagatan, Kecamatan Kusam Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan ini, juga memiliki pepohonan rindang yang bisa menghindarkanmu dari teriknya matahari.

Pantai Pagatan
Foto via Instagram

Selain keindahan yang memukau, pantai ini juga terkenal dengan Mappanretasi. Ialah pesta laut Pagatan yang merupakan tradisi Suku Bugis dan dilakukan di Pantai Pagatan. Tradisi yang sudah ada sejak lama ini, merupakan simbol rasa syukur masyarakat akan nikmat yang diberikan. Biasanya, Mappanretasi dilakukan pada bulan April.

Pantai Asmara

Apakah Pantai Asmara memiliki kesan-kesan romantis seperti namanya? Ternyata, Pantai Asmara adalah singkatan dari desa pantai ini berada. Tepatnya di Desa Asam-Asam Muara, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut. Tapi, jika melihat keindahan pantai dan lautnya, tentu bisa menciptakan kesan romantis untukmu dan pasangan dengan duduk atau jalan sembari menikmati pemandangan sekitar.

Pantai di Kalimantan Selatan
Foto via Instagram

Selain keindahan alami, Pantai Asmara juga menyediakan keindahan buatan. Seperti spot foto ayunan dan jembatan kayu. Jembatan ini berada di bibir pantai menuju ke arah lautan, membuatnya menjadi spot favorit banyak pengunjung untuk mengabadikan foto atau sekedar jalan-jalan dan healing. Area pasir yang sangat luas, membuat pantai ini juga kerap dijadikan tempat kemping.

Kalimantan Selatan punya sederet pantai yang menawarkan panorama memukau. Bisa banget buat kamu jadikan referensi tempat berlibur bareng keluarga atau healing.

Advertisement
Tags
Pantai Angsana Pantai Asmara Pantai di Kalimantan Selatan Pantai Pagatan Pantai Takisung
Share