Pantai Jembatan Panjang, ‘Tetangga’ Balekambang yang Sunyi & Bersih

Pantai Balekambang sudah jadi wisata ikonik di Malang Raya. Destinasi berhiaskan pura ini kerap jadi tujuan utama wisatawan tiap tahunnya. Namun jika ingin rasakan suasana Balekambang dengan lebih tenang, Teman Traveler bisa coba mampir ke Pantai Jembatan Panjang.

Merupakan ‘tetangga’ Balekambang yang lebih sepi, asri, dan tentunya bersih. Bisa jadi alternatif tak kalah menarik jika Teman Traveler sedang berencana menjelajah wisata Malang. Yuk, simak bersama ulasannya.

Persis di Samping Balekambang

Pura Pantai Balekambang terlihat jelas dari sini (c) Muhammad Sabilurrosyad/Travelingyuk

Cara temudah mencapai Pantai Jembatan Panjang adalah melalui Balekambang. Destinasi ini berada tepat di sisi kanan pantai populer di Malang tersebut. Dari pura, Teman Traveler cukup berjalan lurus, ikuti jalur hingga sampai di loket masuk Jembatan Panjang.

Yap, Teman Traveler harus bayar tiket lagi untuk menjelajah Jembatan Panjang, meski sebelumnya sudah merogoh kocek untuk tiket Pantai Balekambang. Tenang saja, enggak terlalu mahal kok. Hanya Rp10.000 per orang, cukup worth it lah.

Pesona Pasir Putih dan Batu Karang

Pesona pasir putih di Jembatan Panjang (c) Muhammad Sabilurrosyad/Travelingyuk

Pantai Jembatan Panjang pada dasarnya berada dalam satu garis pantai dengan Balekambang. Pesona hamparan pasir putih yang ditawarkan pun sama. Hanya saja, situasi di sini lebih tenang, dengan jumlah wisatawan lebih sedikit dan kondisi lebih bersih. Di sini Teman Traveler bisa berfoto dengan latar belakang pura di sisi kanan Balekambang.

Jika terus berjalan menyusuri pantai, hamparan pasir di sini lama-kelamaan akan berubah menjadi kerikil dan berujung pada gugusan batu karang berlumut. Wajib berhati-hati karena rawan membuat kaki terluka.

Jembatan Pulau Hanoman

Jembatan Pulau Hanoman (c) Muhammad Sabilurrosyad/Travelingyuk

Pantai juga memiliki jembatan, sama seperti Balekambang. Namun bedanya jika di pantai tetangga jembatan berujung di pura, di sini Teman Traveler bisa mampir ke Pulau Hanoman. Jembatan ini sempat rusak dan tak bisa disebrangi hingga akhirnya direnovasi pada 2017 silam.

Melihat Samudra di Pulau Hanoman

Spot untuk menikmati pemandangan samudra (c) Muhammad Sabilurrosyad/Travelingyuk

Pulau Hanoman sendiri cukup menarik untuk dikunjungi. Di sini sudah tersedia jalur khusus untuk berkeliling. Teman Traveler bisa menikmati panorama samudra luas dengan deburan ombak deras. Kalian dijamin bakal lebih puas mengagumi pemandangan di sini, ketimbang di Pura Balekambang.

Jernihnya air laut di Pantai Jembatan Panjang (c) Muhammad Sabilurrosyad/Travelingyuk

Pantai Jembatan Panjang sangat direkomendasikan bagi Teman Traveler yang ingin menikmati suasana mirip Balekambang, namun tak suka keramaian. Ditambah lagi, air di sini jernih. Namun ingat, tetap jaga kebersihan jika kalian berkunjung ke sini ya. Bagaimana, siap mengunjunginya di akhir pekan ini?

Tags
Indonesia kontributor Malang pantai jembatan panjang Travelingyuk wisata malang
Share