Pantai Greweng Jogja, Asyiknya Kemping di Alam Tersembunyi

Bukan hanya kekayaan seni dan tradisi, Jogja juga tawarkan sejuta
destinasi wisata indah yang tersebar di berbagai daerah. Salah satu yang belakangan mulai populer adalah Pantai Greweng. Tempat yang kerap disebut masih perawan memang menawarkan pesona memikat, terutama untuk pelancong yang hobi kemping di pantai. Yuk, lihat lebih dekat keindahannya.

Pantai Tersembunyi di Gunung Kidul

dscf3016_YJk.jpg
Pantai Greweng (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Lokasi Pantai Greweng memang cukup tersembunyi karena berada di antara Pantai Sedahan dan Jungwok. Untuk bisa menuju sini, Teman Traveler harus melakukan trekking melalui jalan setapak yang lumayan panjang.

Meskipun demikian, medannya tidak terlalu berat atau membahayakan. Di sepanjang perjalanan kalian bakal dimanjakan panorama sekitar yang nampak begitu elok dan asri.

Suasana Tenang

dscf2979_TH3.jpg
Kemping di dekat pantai (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Lantaran lumayan tersembunyi, suasana di sekitar Greweng terasa relatif lebih tenang dibanding pantai lain di Jogja. Teman Traveler hanya akan mendengar suara debur ombak dan burung pantai. Niscaya kalian bakal merasakan perbedaan signifikan, apalagi buat yang sudah merasa penat dengan rutinitas maupun pekerjaan sehari-hari. Dijamin semua lelah bakal langsung hilang begitu sampai sini.

Singgah di sini bakal membuat Teman Traveler merasakan seolah sedang berada di daerah terpencil. Greweng memang diapit perbukitan hijau yang menjulang cukup tinggi. Selain itu kalian juga bakal dimanjakan pemandangan hamparan pasir putih nan lembut. Semuanya bakal terasa makin berkesan jika kalian mampir bersama sahabat atau sosok terdekat.

Pas untuk Kemping

dscf2999_HRe.jpg
Deretan tenda di pinggir pantai (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Lokasinya yang masih sepi dan cukup luas membuat Greweng bisa jadi alternatif tempat untuk kemping di sekitaran Jogjakarta. Namun sebelum mendirikan tenda, pastikan Teman Traveler membayar biaya Rp10.000 per kemah pada petugas setempat.

Meski Greweng bisa dibilang lumayan tersembunyi, fasilitas di sini cukup lengkap kok. Teman Traveler bakal temukan sejumlah warung dan toilet di sini. Jadi saat kemping kalian tak perlu membawa bekal terlalu banyak. Jika butuh sesuatu, bisa langsung beli di warung terdekat.

Perjalanan Menuju Pantai

dscf2918_BpG.jpg
Diapit dua bukit (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Greweng berjarak cukup jauh dari pusat kota, sekitar 74 km atau dua setengah jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Teman Traveler cukup ikuti jalur menuju Pantai Wedi Ombo atau Jungwok. Jangan khawatir soal keamanan, sudah tersedia parkiran untuk kendaraan roda dua maupun empat kok. Biayanya berkisar antara Rp3.000 hingga Rp10.000 saja.

Itulah pengalaman saya kemping di Pantai Greweng, salah satu destinasi tersembunyi di Gunung Kidul. Jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Jogja, pastikan mampir ke tempat ini ya. Bagaimana, mau ajak siapa?

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor pantai greweng Travelingyuk wisata jogja
Share