8 Pantai di Situbondo untuk Santai dan Bersenang-senang

Situbondo adalah Kabupaten yang dilalui jalur Pantai Utara. Di beberapa tempat, bahkan lautan bisa kamu nikmati dari jalan raya. Jangan hanya numpang lewat, sebaiknya kamu mendekat. Menikmati deretan pantai di Situbondo berikut ini untuk bersenang-senang.

1. Pantai Pathek

Pantai Pathek
Pantai Pathek via Instagram/@widiyarmovic

Pantai Pathek termasuk tempat wisata bahari yang bersih. Areanya juga luas dengan banyak fasilitas seru. Kamu bisa bermain air dengan nyaman karena ombaknya begitu tenang. Karena menjadi desa nelayan, kuliner-kuliner olahan ikan banyak tersedia. Jangan lupa makan ikan bakar dengan bumbu khas sambil menikmati suasana pantai. Di sini pengunjung bisa menikmati indahnya matahari terbenam. Lokasi Pantai Pathek berada di Desa Gelung, Kecamatan Penarukan.

2. Pantai Tampora

Pantai Tampora
Pantai Tampora via Instagram/@asty_kenzie

Pantai di Situbondo ini masuk wilayah desa Banyuglugur, Kecamatan Besuki. Pepohonan besar dan rindang di tepi pantai cukup menyumbang kesejukan saat cuaca sedang panas-panasnya. Ombaknya juga tenang sehingga aman untuk berenang. Di salah satu sudut juga terdapat bebatuan yang menambah sisi cantik Pantai Tampora. Selain itu, juga ada spot melihat matahari terbit dan terbenam. Lengkap sekali bukan?

3. Pantai Bama

Pantai Bama
Pantai Bama via Instagram/@rafenskabianca

Pantai Bama bisa kamu kunjungi setelah bertandang ke Baluran. Di perjalanan saat menuju lokasi, ada pemandangan padang rumput dan belantara. Penantianmu yang mungkin melelahkan akan terbayarkan begitu sampai dan menghadapi Pantai Bama. Tempat ini terkenal karena memiliki pasir begitu halus dan putih. Airnya pun jernih dan tenang. beberapa areanya juga ditumbuhi Mangrove yang lebat.

4. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih via Instagram/@rizaa.99

Rasanya belum lengkap jika ke Situbondo, tapi tidak mampir ke Pantai Pasir Putih. Dibanding destinasi lainnya, tempat ini telah lama dikembangkan menjadi wisata andalan. Bukan hanya alamnya yang indah, kuliner di sini juga nikmat. Selain itu juga ada fasilitas mewah seperti tempat menginap tepi pantai. Pengunjung bisa memilih berbagai atraksi wisata. salah satunya adalah naik perahu dan melintasi lautan.

5. Pantai Tangsi

Pantai Tangsi
Pantai Tangsi via Instagram/@affan

Letak Pantai Tangsi ada di ujung Situbondo. Perjalanan ke sini lumayan seru, karena ada deretan tambak dan hutan bakau yang menyumbang banyak manfaat. Lokasinya sendiri berada di Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran. Jika berangkat dari pusat Kota Probolinggo, maka harus menempuh perjalanan sejauh 10 km. Airnya sangat cocok untuk bermain-main. Kemudian ada juga bangunan mercusuar sebagai penanda untuk kapal-kapal yang ingin berlabuh.

6. Pantai Banongan

Pantai Banongan
Pantai Banongan via Instagram/@rachmaramadani

Yang unik dari Pantai Banongan adalah jajaran pohon kelapa yang menambah daya tariknya. Udara sejuk pun bisa dirasakan sepanjang waktu karena pepohonan tersebut. Kegiatan bertema air tersedia dengan harga murah meriah bahkan gratis. Seperti bermain kano atau berenang. Ombaknya tidak ganas dan cenderung tenang, kamu tak perlu khawatir akan terseret arus. Meski begitu, kamu harus tetap berhati-hati.

7. Pantai Blitok

Pantai Blitok
Pantai Blitok via Instagram/@dwiernaisfianti26

Pantai Blitok bisa jadi wisata alternatif saat kamu membutuhkan tempat istirahat ketika berada dalam perjalanan menuju atau dari Banyuwangi. Lokasinya dekat dengan jalan utama, dan memiliki keindahan paripurna. Pengunjung bisa melakukan banyak hal selain melihat-lihat pemandangan laut. Mulai dari kulineran, atau sekadar jalan-jalan. Dari Alun-alun Situbondo, Pantai Blitok dapat diakses dalam waktu kurang dari 45 menit.

8. Pantai Pandean

Patai Pandean
Patai Pandean via Melebarkan Sayap

Wisata di Situbondo ini memiliki karakteristik yang unik. Area pantainya sangat luas dan menjadi Desa Nelayan dengan banyak daya tarik. Yang paling jadi andalan di sini adalah spot untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Kalau kamu datang saat musim ikan, bisa kulineran dan bawa pulang hasil lautnya.

Itulah beberapa pantai di Situbondo yang bikin seru. Senangnya seperti saat baru ketemu jodoh. Ya, kira-kira begitulah. Terlalu rumit dijelaskan dengan kata-kata. datanglah sendiri dan nikmati apa yang ada.

Tags
Indonesia Jawa Timur Malang Situbondo
Share