Pesona 6 Pantai di Pulau Buton, Kamu Harus Lihat Keindahnya yang Berton-ton

Terkenal dengan produksi aspalnya, Buton punya pesona yang tidak bisa dibandingkan dengan tempat lain. Destinasi wisata di kawasan ini kecantikannya terwakilkan oleh jajaran pantai di Pulau Buton. Dengan luas wilayah 4.408 km persegi, Buton di Sulawesi Tenggara secara administratif terbagi menjadi 3 kabupaten/kota. Adalah Kota Baubau, Kabupaten Buton dan Kabupaten Buton Selatan dan sebagian Kabupaten Muna. Penasaran seperti apa keindahannya yang berton-ton? Simak yuk!

1. Pantai Katembe

Pantai Katembe Buton Tengah, Pasir Putihnya Cantik Luar Biasa via Instagram
Pantai Katembe Buton Tengah, Pasir Putihnya Cantik Luar Biasa via Instagram/ sahlankokasinta

Sebelum terjadinya pemekaran, wilayah Kabupaten Buton Tengah merupakan bagian dari Pulau Buton. Di sini, ada sebuah pantai unik. Menurut cerita, di bagian pesisir pantai tersebut ada sebuah sumur air tawar. Karena itulah, kawasan ini dinamakan Katembe, yang dalam bahasa setempat artinya ‘tawar’. Pantai Katembe punya pasir putih sepanjang 1,5 km sebagai daya tariknya. Di bagian pesisir pantai, terdapat juga pohon kelapa yang berjejer rapi. Untuk sampai ke sini, Teman Traveler harus lebih dulu menyeberang dari Bau-Bau ke Buton Tengah melalui Pelabuhan Wamengkoli.

2. Pantai Nirwana

Kombinasi Cantik Antara Pasir, Air dan Langit di Pantai Nirwana via Instagram
Kombinasi Cantik Antara Pasir, Air dan Langit di Pantai Nirwana via Instagram/ feilauntu23

Pantai di Buton selanjutnya yang sama-sama tawarkan pesona indah sebuah hamparan pasir dan air berada di Kelurahan Sula, Betoambari, Bau-Bau, Buton, Sulawesi Tenggara. Sesuai namanya, Pantai Nirwana punya lanskap seperti surga. Airnya biru, pasirnya putih dan luas. Keduanya berpadu dengan awan-awan dan langit yang punya warna senada. Bisa dibayangkan indahnya?

3. Pantai Lakadao

Tebing Karang yang Tinggi di Pantai Lakadao via Instagram
Tebing Karang yang Tinggi di Pantai Lakadao via Instagram/ ikhwal_ikhsan

Pantai Lakadao, berada di Burangasi Rumbia Selatan, Lapandewa. Jaraknya sekitar 28 Km dari Pasarwajo, ibukota Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Untuk menuju sini, Teman Traveler harus lebih dulu menuju Bau-Bau. Kemudian, lanjutkan perjalanan ke Pasarwajo dan Wabula.

Pesona Pantai Pulau Buton
Pesona Pantai Pulau Buton (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Dari Desa Wabula ini, diteruskan menggunakan kapal nelayan. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai lokasi ini kurang lebih 60 menit. Lumayan jauh ya. Tetapi, sesampainya di sini, Teman Traveler dijamin tidak akan kecewa. Tebing karang yang menjulang tinggi di pinggir Pantai Lakadao, takkan selesai membuat takjub.

4. Pantai Koguna

Hamparan Pasir Putihnya Memanjang, Bikin Senang! via Instagram
Hamparan Pasir Putihnya Memanjang, Bikin Senang! via Instagram/ nonadiyan

Jarak salah satu pantai di Pulau Buton ini cukup jauh dari Bau-Bau, kota terbesar di Pulau Buton. Yaitu sekitar 90 Km. Tapi tenang, jarak yang jauh tersebut akan terbayar dengan keindahannya. Pantai Koguna, terletak di Desa Mopaanu, Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton. Ia punya pasir putih yang membentang hingga 30 meter ke bagian dalam pinggir pantai. Seru ya. Di sini Teman Traveler bisa bebas melakukan beragam aktivitas.

5. Pantai One Mopute

Pantai One Mopute di Kadatua yang Khas dengan Menaranya via Instagram
Pantai One Mopute di Kadatua yang Khas dengan Menaranya via Instagram/ firmankurniawan_93

Pantai One Mapute dapat Teman Traveler temui saat jelajah ke Pulau Kadatua, Kabupaten Buton Selatan. Boleh dikatakan, pantai ini merupakan maskot dari Kadatua. Tidak heran karena pasir di Pantai One Mopute berwarna putih berkilauan dengan kecantikan alami. Hamparan airnya berwarna biru pekat yang tergradasi. Dari kejauhan, terlihat menara pandang di tengah air yang tidak terlalu tinggi. Meski begitu, keberadaannya dapat menambah kesan lain.

6. Pantai Mowuru

Nggak Mau Meninggalkan Jejak Seperti Itu di Pantai Mowuru via Instagram
Nggak Mau Meninggalkan Jejak Seperti Itu di Pantai Mowuru? via Instagram/ nurida.rusmayanti

Lokasi salah satu pantai di Pulau Buton ini berada di Desa Linsowu, Kalisusu, Buton Utara. Namanya mulai naik, terdengar oleh banyak telinga dimulai dari dua tahun belakangan ini. Pun dengan pengelolaannya. Datang ke Pantai Mowuru, siapa pun akan mudah terkagum-kagum. Dengan bentangan pasir putih dan serta lanskap pantainya yang nggak main-main, juga batu karang besar yang seperti membentuk sebuah pulau kecil. Teman Traveler akan berat sekali melupakan pesona dari Pantai Mowuru ini.

Dengan keunikan dan lanskapnya yang macam-macam, kesamaan beberapa pantai di Pulau Buton terletak pada pasir putih, air yang berwarna biru serta pemandangan asri. Teman Traveler wajib mendatanginya! Bagaimana, mau ajak siapa nih untuk menyusuri keindahan-keindahan di atas?

Tags
Indonesia pantai di pulau buton Pulau Buton Sulawesi tenggara Wisata
Share