4 Pantai di Kebumen, Pemandangannya Juga Memukau

Bicara masalah pantai di Indonesia, pendapat kebanyakan orang pasti akan langsung terarah ke Indonesia Timur. Seperti Bali, Lombok, hingga Flores. Tapi siapa yang mengira jika Jawa Tengah juga punya pantai yang tak kalah indah. Kebumen yang berada di pesisir selatan Provinsi Jawa Tengah juga memiliki pemandangan pantai yang tak kalah indah. Berikut Travelingyuk akan memberikan empat rekomendasi pantai di Kebumen, Jawa Tengah.

Pantai Karang Bolong

Lobang di dalam karang yang membentuk terowongan via instagram
Lobang di dalam karang yang membentuk terowongan via instagram/@anggi_balqis

Pantai ini berada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Konturnya yang landai didukung dengan hamparan pasir yang cukup luas, menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata yang diminiati di Kebumen. Tak jauh dari hamparan pasir tersebut terdapat karang besar yang memiliki lubang hingga membentuk terowongan.

Pantai Lampon

Rumah pohon yang ada di Pantai Lampon via instagram
Rumah pohon yang ada di Pantai Lampon via instagram/listiazz

Pantai Lampon adalah keindahan yang tersembunyi di balik perbukitan karst. Lokasinya memiliki kontur yang beragam. Kamu dapat menemukan goa, perbukitan, dan semenanjung. Bahkan di atas bukit kamu dapat melakukan swafoto bersama teman-teman dalam gardu pandang berbentuk rumah yang unik.

Pantai Menganti

Pengunjung sedang berfoto di tepi dermaga Pantai Lampon via instagram
Pengunjung sedang berfoto di tepi dermaga Pantai Lampon via instagram/kuatkecil

Banyaknya batuan yang ada di garis Pantai Menganti sama sekali tidak mengurangi keindahannya. Air laut berwarna biru dengan ombak sedang adalah pemandangan utama yang dapat dinikmati di sini. Tak hanya itu, terdapat juga jembatan kayu berwarna merah terang yang menjorok ke lautan dan sering menjadi spot foto. Di bagian barat pantai, terdapat Lembah Menguneng yang dapat digunakan untuk melihat keindahan pantai dari atas.

Pantai Surumanis

Pantai Surumanis yang di keliling tebing via instagram
Pantai Surumanis yang di keliling tebing via instagram/meilitaraa

Pasir pantai berwarna hitam kecoklatan, sama sekali tidak mengurangi keindahan Pantai Surumanis. Garis pantai sepanjang 600 meter yang dikelilingi oleh tebing hijau adalah daya tarik pantai Surumanis. Meskipun tampak terisolir di balik bukit, Pantai Surumanis memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Area parkir, tempat istirahat, hingga kamar mandi telah tersedia untuk pengunjung pantai ini.

Berada di pesisir selatan Pulau Jawa membuat Kebumen memiliki banyak destinasi wisata pantai. Empat tempat yang ada di atas merupakan beberapa contoh pantai yang dapat kamu kunjungi saat ke Kebumen. Pernah berkunjung ke Kebumen? Bagaimana menurutmu?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Kebumen pantai Wisata
Share