Traveling Yuk ke 10 Pantai Keren di Provinsi Jawa Barat

Alfri

Alfri

On Alam

Travelingyuk ke pantai-pantai di Jawa Barat. Provinsi yang ada di pulau Jawa bagian barat ini sebagian besar kabupatennya memang mempunyai batas laut. Di pesisir utara berbatasan dengan Laut Jawa sedangkan daerah yang ada di selatan punya batas laut berupa Samudera Hindia. Jadi jangan heran jika banyak sekali pilihan pantai yang bisa dikunjungi wisatawan saat mengelilingi daerah-daerah di provinsi Jawa Barat.

Hampir setiap kabupaten yang ada di Jawa Barat mempunyai lebih dari satu pantai. Sehingga jika disebutkan satu persatu akan ada lebih dari puluhan atau bahkan ratusan pantai di provinsi yang beribukota di Bandung tersebut. Sedangkan daftar pantai yang dikumpulan Travelingyuk ini adalah wakil dari masing-masing kabupaten. Berikut 10 pantai keren yang ada di Jawa Barat.

1. Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran

Travelingyuk mulai dari kabupaten paling timur dari Jawa Barat yang berada di pesisir selatan, Kabupaten Pangandaran. Seperti diketahui Pangandaran adalah nama kabupaten yang relatif baru di provinsi Jawa Barat. Wilayahnya adalah hasil pemekaran dari kabupaten Ciamis. Salah satu pantai yang paling populer di kabupaten ini adalah Pantai Pangandaran. Pantai selatan yang cukup ramah untuk kegiatan semacam wind surfing, scuba diving, snorkeling, dan berperahu.

Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, via instagram
Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, via instagram

Pantai Pangandaran sudah sejak lama menjadi tujuan wisata khususnya bagi warga Ciamis dan sekitarnya. Pantai ini terletak di desa Pananjung, kecamatan Pangandaran atau berjarak sekitar 92 kilometer dari pusat kota Ciamis. Walaupun posisinya berada di selatan Jawa namun ombak di pantai ini relatif landai dengan jarak pasang surut yang lama sehingga wisatawan bisa bermain air lebih aman. Pantai ini punya latar belakang Cagar Alam Pananjung, yang memungkinkan wisatawan bertemu aneka satwa liar di sekitar pantai.

2. Pantai Sindangkerta, Kabupaten Tasikmalaya

Beralih ke kabupaten di sebelah barat Pangandaran yaitu Tasikmalaya. Salah satu pantai di kabupaten ini yang menjadi favorit wisatawan adalah Pantai Sindangkerta. Pantai ini cukup menarik sebab ombaknya relatif lebih landai dibanding pantai-pantai lain di pesisir selatan pulau Jawa. Taman bawah laut Pantai Sindangkerta disebut-sebut juga sangat indah dan terjaga sebagai indikatornya pantai ini menjadi rumah bagi penyu untuk menetaskan telur-telurnya.

Pantai Sindangkerta, Kabupaten Tasikmalaya, via instagram
Pantai Sindangkerta, Kabupaten Tasikmalaya, via instagram

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sindangkerta selain menikmati suasana pantai dan bermain air saat surut juga bisa berkunjung ke penangkaran penyu. Tidak main-main, penyu yang ada di penangkaran ini adalah jenis penyu hijau yang sangat langka. Pada saat-saat tertentu balai penangkaran penyu juga rutin mengadakan kegiatan melepas tukik ke pantai. Tertarik berkunjung? Datang saja ke kecamatan Sindangkerta yang berjarak 4 kilometer dari pantai Cipatujah.

3. Pantai Santolo, Kabupaten Garut

Pantai Santolo adalah nama dari sebuah pantai yang sangat populer di kabupaten Garut dan menjadi tempat rekreasi yang banyak dikunjungi wisatawan dari Bandung. Kondisi pantai ini lumayaj bersih dengan pasir pantai yang putih.Buat wisatawan yang ingin mendapatkan sensasi lebih dalam menikmati pantai ini mereka bisa menyewa perahu untuk berkeliling pantai dari tengah laut.

Pantai Santolo, Kabupaten Garut, via instagram
Pantai Santolo, Kabupaten Garut, via instagram

Pantai Santolo telah dibekali dengan fasilitas yang lengkap. Terdapat banyak pusat kerajinan dan suvenir untuk oleh-oleh. Sedangkan wisatawan yang ingin menghabiskan liburan beberapa hari tersedia banyak pilihan akomodasi di sekitar pantai dengan tarif yang terjangkau.

4. Pantai Apra, Kabupaten Cianjur

Lanjut ke kabupaten di barat Garut ada pantai Apra yang lokasinya berada di Kabupaten Cianjur. Secara administratif pantai yang memiliki garis panjang ini terletak di kecamatan Tanggeung. Namanya sendiri diambil dari singkatan Angkatan Perang Rakyat Semesta (APRA) yang mana dahulu kala kawasan pantai ini menjadi pusat pemberontakan dari pasukan tentara pembela tanah air tersebut.

Pantai Apra, Kabupaten Cianjur, via instagram
Pantai Apra, Kabupaten Cianjur, via instagram

Secara berkala Pantai Apra selalu menyelenggarakan festival layang-layang dan lomba voli pantai. Di hari biasa wisatawan yang berkunjung bisa melakukan kegiatan seperti berjemur, olahraga pantai, memotret pemandangan alam atau hanya bersantai-santai di pinggir pantai. Pantai Apra cukup mudah untuk dijangkau karena lokasinya hanya berjarak 15 kilometer dari pusat kota.

5. Pantai Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi

Pantai Pelabuhan Ratu adalah daftar pantai di kabupaten terakhir yang berada di pesisir selatan Jawa Barat. Pantai ini sudah sangat terkenal sejak dahulu dan mempunyai karakteristik yang unik. Di satu sisi pantai lanskap pantai ini menampilkan kawasan yang terjal dengan ombak dahsyat khas pantai selatan. Sedangkan sisi satunya berupa kawasan pantai yang landai dengan hutan-hutan cagar alam yang asri.

Pantai Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, via instagram
Pantai Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, via instagram

Yang paling dikenal wisatawan mengenai Pantai Pelabuhan Ratu adalah sebuah mitos yang mengatakan bahwa pantai ini adalah salah satu jalan menuju gerbang kerajaan penguasa pantai selatan yang tidak lain adalah Nyi Roro Kidul. Segala hal mistis atau kecelakaan yang terjadi di pantai ini selalu dikaitkan dengan keberadaan tokoh mitologis Jawa tersebut.

6. Pantai Muara Beting, Kabupaten Bekasi

Sampailah kita pada kabupaten pertama yang ada di pesisir utara Jawa Barat dan berada di paling ujung barat yakni Bekasi. Daerah yang dikenal sebagai kawasan industri super sibuk ini ternyata punya kekayaan alam berupa pantai yang relatif sepi pas untuk menghirup udara kebebasan. Datang saja ke Pantai Muara Beting di desa Pantai Bahagia, kecamatan Muara Gembong.

Pantai Muara Beting, Kabupaten Bekasi, via instagram
Pantai Muara Beting, Kabupaten Bekasi, via instagram

Di daerah tersebut Pantai Muara Beting siap menjadi penawar stress dari hiruk pikuk kehidupan di pusat kota Bekasi. Pantai ini sedang dalam pengerjaan untuk dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata andalan kota ini. Di kawasan pantai tersebut terdapat pula hutan bakau yang lumayan luas yang menjadi rumah dari aneka kawanan burung. Pemandangan di sekitar pantai pun tak kalah eksotis terlebih saat matahari terbenam.

7. Pantai Tanjung Baru, Kabupaten Karawang

Kita kembali menyusuri kawasan pantai di Jawa Barat dari barat ke timur via jalur Pantura. Setelah dimulai dari Bekasi kini kita beranjak ke kabupaten Karawang. Pantai yang cukup diidolakan di kabupaten ini adalah Pantai Tanjung Baru di kecamatan Cilamaya sekitar 45 kilometer dari ibu kota kabupaten Karawang.

Pantai Tanjung Baru, Kabupaten Karawang, via instagram
Pantai Tanjung Baru, Kabupaten Karawang, via instagram

Pantai Tanjung Baru berada di sebuah semenanjung yang menjadi batas antara Karawang dan Subang di sisi timur. Pantai ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan pantai utara kebanyakan yaitu berpasir hitam dengan ombak yang tenang. Sepanjang garis pantai Tanjung Baru telah berdiri deretan warung makan tradisional yang menyediakan menu seafood. Tak ketinggalan pula fasilitas toilet untuk bilas dan penginapan sederhana dibangun di area pantai.

8. Pantai Pondok Bali, Kabupaten Subang

Lanjut ke wilayah kabupaten Subang yang ada di sebelah timur kabupaten Karawang. Satu pantai yang cukup populer di Subang adalah Pantai Pondok Bali. Namanya tidak ada hubungannya dengan Bali, destinasi wisata paling terkenal di Indonesia. Pemberian namanya sendiri berasal dari sejarah yang menceritakan bahwa kawasan pantai ini pernah menjadi pusat penyebaran agama Islam oleh para wali. Seiring berjalannya waktu kata Wali beribah menjadi Bali.

Pantai Pondok Bali, Kabupaten Subang, via instagram
Pantai Pondok Bali, Kabupaten Subang, via instagram

Ada fenomena ajaib di pesisir Pantai Pondok Bali berupa sebuah sumur yang konon dibuat oleh para wali untuk keperluan wudlu. Ajaibnya air dari dalam sumur tersebut rasanya tawar padahal posisinya berada di pesisir pantai yang jaraknya sangat dekat dengan laut. Wisatawan yang datang bisa berenang dan memancing di Pantai Pondok Bali.

9. Pantai Karangsong, Kabupaten Indramayu

Pantai Karangsong adalah bukti bahwa jika manusia mau berusaha maka alam yang rusak sekalipun bisa pulih dan menjadi tempat yang keren untuk wisata. Menurut cerita, pantai di kabupaten Indramayu ini pernah tercemar tumpahan minyak mentah. Dari sana masyarakat tergerak untuk membersihkan tumpahan minyak sekaligus melakukan reboisasi dengan menanam pohon bakau.

Pantai Karangsong, Kabupaten Indramayu, via instagram
Pantai Karangsong, Kabupaten Indramayu, via instagram

Selang beberapa tahun usaha tersebut membuahkan hasil. Kini tanaman bakau telah tumbuh subur dengan ukuran yang besar. Selain berfungsi sebagai penghambat alami abrasi ombak laut, hutan bakau tersebut juga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung plus banyak satwa yang kembali mendapatkan tempat tinggalnya. Wisatawan bisa berkeliling hutan bakau dengan cara menyewa perahu. Pantai Karangsong sendiri terletak di desa Karangsong, kecamatan Indramayu, kabupaten Indramayu.

10. Pantai Kejawanan, Kabupaten Cirebon

Pantai Kejawanan adalah pantai terakhir yang juga berada di kabupaten paling timur di pesisir utara Jawa Barat. Pantai yang sebelumnya hanya difungsikan sebagai tempat pelelangan ikan dan spot memancing ini kini dikembangkan sebagai salah satu tujuan wisata. Lokasi pantai ini terletak di Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemawungkuk. Pasir pantainya memang tidak putih melainkan hitam bercampur lumpur tapi air laut di pantai ini lebih jernih dibanding Pantai Ancol di Jakarta.

Pantai Kejawanan, Kabupaten Cirebon, via instagram
Pantai Kejawanan, Kabupaten Cirebon, via instagram

Pantai yang mempunyai ombak landai ini tentu sangat cocok untuk digunakan sebagai arena bermain bagi pengunjung. Sedikit cacat dari Pantai Kejawanan adalah banyaknya sampah yang ditemukan di sekitar pantai yang mungkin salah satu efek dari proses pembangunan yang berlangsung. Yang pasti jika suatu hari pantai ini telah dikelola dengan baik, akan banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke sana.

Itulah deretan pantai di provinsi Jawa Barat yang paling populer di masing-masing kabupatennya.