4 Wisata Pantai di Bali yang Gratis, Cuma Bayar Parkir Doang!

Jika Teman Traveler mendengar kata “Bali“, pikiran pertama yang terngiang pastinya keindahan pantainya seperti surga tersembunyi. Membahas wisata di Pulau Dewata memang tidak pernah ada abisnya. Kali ini saya akan membahas 4 wisata pantai di Bali yang kita hanya perlu menyiapkan uang parkir saja alias gratis.

1. Pantai Balangan

lrm_export_20190927_143049_vvC.jpg
Pemandangan lautan Balangan (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Pantai Balangan menjadi destinasi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan seperti pantai Kuta namun dengan suasana yang lebih tenang.

Setiap harinya pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, terlebih saat libur akhir pekan ataupun musim liburan.

lrm_export_20190927_143145_PLs.jpg
Pemandangan lautan Balangan (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Banyak sekali daya tarik dari pantai ini. Mulai dari pasirnya yang putih bersih, pemandangan sunset yang menawan, serta menjadi tempat pilihan para turis asing saat surfing karena ombaknya yang besar.

Selain itu, batu-batuan dan tebing di sini sangat estetik dan sering dijadikan spot foto pre-wedding atau sekadar diupload di Instagram.

Setiap pengunjung yang masuk ke kawasan pantai Balangan tidak dikenakan tiket masuk seperti beberapa tempat wisata di bali lainnya. Betul, masuknya gratis!

lrm_export_20190927_143029_7MN.jpg
Pantai Balangan (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Teman Traveler hanya perlu menyiapkan budget untuk tarif parkir kendaraan saja, yaitu untuk roda dua Rp.2.000/motor dan roda empat Rp.5.000/mobil.

Pantai yang disebut-sebut sebagai salah satu pantai terbaik di Indonesia ini berlokasi di Jalan Pantai Balangan, Desa Uluwatu, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali. Lokasinya sekitar 21 kilometer dari kota Denpasar dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 56 menit.

Jika Teman Traveler mau berkunjung ke pantai ini, diusahakan sebelum matahari terbenam ya, karena pemandangan sunset di sini sangat indah!

2. Pantai Nunggalan

lrm_export_20190927_143350_1no.jpg
Spot kapal karam (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Daya tarik dari ini adalah bongkahan kapal karam yang menjadi spot estetik di pantai. Selain itu, keindahan pantainya patut diacungi jempol karena tidak kalah dari pantai-pantai lainnya, Teman Traveler.

lrm_export_20190927_143121_FR0.jpg
Spot kapal karam (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Pantai Nunggalan berlokasi di Jalan Uluwatu, Banjar Dinas Karang Boma, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Lokasinya sangat dekat dengan sebuah pura suci yang disakralkan umat Hindu seperti Pura Besakih, Pura Tirta Empul, dan Pura Luhur Uluwatu. Pantai ini juga berjarak 27 kilometer dari wisata Seminyak dan wisata Canggu.

lrm_export_20190927_143255_Igl.jpg
Pantai Nunggalan (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Untuk mencapai pantai ini, kalian bisa menggunakan bantuan Google Maps. Setelah sampai di lokasi parkir, kalian perlu berjalan sekitar 10 menit melewati jalanan yang lumayan terjal. Jalannya memang cukup memacu adrenalin karena seperti mendaki naik gunung hehe. Tapi seru banget suasananya, guys!

lrm_export_20190927_143134_q1e.jpg
Petunjuk menuju bibir pantai (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Untuk masuk ke pantai ini, kalian hanya perlu menyiapkan biaya parkir, yaitu motor Rp.2.000 dan mobil Rp. 5.000. Datanglah di saat pagi atau sore supaya bisa melihat panorama matahari terbit dan tenggelam dengan indah. Jangan lupa mengenakan sepatu/sandal yang bisa melindungi kaki dari tajamnya bebatuan pantai ya!

3. Pantai Tegal Wangi

lrm_export_20190927_143331_DJv.jpg
Pantai Tegal Wangi (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Pantai ini masih menjadi destinasi wisata pantai favorit wisatawan karena menyimpan pesona keindahan yang berbeda.

Yang menjadi daya tarik, sepanjang pesisir pantainya dikelilingi oleh pepohonan nan hijau yang menambah keasrian pantainya.

img_20190927_143806_275_Z5y.jpg
Jalanan menuju bibir pantai (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Tidak hanya itu saja, wisatawan juga bisa menyaksikan deburan ombak pantai yang begitu cantik. Air lautnya yang berwarna biru kehijauan dengan hiasan pasir putihnya akan menjadikan suasana di pantai ini semakin nyaman untuk ditinggali.

lrm_export_20190927_143224_GdG.jpg
Keindahan batu dan pasir Pantai Tegal Wangi (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Pantai Tegal Wangi Jimbaran sering disebut pantai tersembunyi karena jarang ada pengunjung lokal yang datang ke sini. Seiring berjalannya waktu karena sudah tersebar di sosial media, pantai ini pun mulai ramai.

Pantai ini berlokasi di Jalan Tegal Wangi, Desa Jimbaran, sekitar 60 menit dari kota Denpasar dan 40 menit dari Bandara I Gusti Ngurah Rai. Pengunjung pun hanya perlu menyiapkan tiket parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 15.000 untuk mobil.

Kendaraan bermotor bisa parkir di areal pura Tegal Wangi. Lokasinya berdekatan dengan Hotel Ayana (bekas hotel Ritz Carlton) yang searah dengan Pura Tegalwangi. Tepat di depan Pura Tegalwangi itulah, kita akan bisa melihat pantai tersebut dari atas bukit.

Karena rute jalan setapak untuk sampai ke pantai cukup sulit dan terjal, siapkan sepatu/sandal yang tebal agar kaki tidak lecet.

4. Pantai Melasti

20190928_102940_OCq.jpg
Pantai Melasti (c) Endah Lestari/Travelingyuk

Pantai Melasti mempunyai segala keindahan yang sayang banget untuk dilewatkan. Pantai ini tersembunyi di balik tebing kapur yang berkelok-kelok.

Pantai Melasti boleh dibilang tergolong pantai baru. Namun keindahan alamnya yang luar biasa membuat pantai ini bersaing dengan Pantai Pandawa yang sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Keren kan!

lrm_export_20190928_103511_01_cMG.jpeg
Spot tebing instagramable (c) Pantai Melasti by Endah Lestari/Travelingyuk

Daya tarik utama di pantai ini adalah spot tebing yang berada di samping kiri dan kanan jalan menuju pantai. Spot ini sering dijadikan foto pre-wedding dan foto instagramable loh!

Pantai Melasti ini berlokasi di Desa Ungasan, kecamatan Kuta Selatan, kabupaten Badung, Bali. Lokasinya berada di arah barat Pantai Pandawa, yakni sekitar 9 kilometer. Dengan kendaraan, kedua pantai ini dapat ditempuh sekitar 25 menit.

Cara terbaik untuk sampai di lokasi pantai adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu sepeda motor maupun kendaraan beroda empat.

Jalan menuju lokasi pantai sangat berliku ditambah dengan kemiringan jalan yang masih curam. Saran saya, sebaiknya kalian kembali sebelum matahari terbenam untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ditambah belum tersedianya lampu penerangan jalan yang memadai.

Jangan khawatir, pantai ini benar-benar gratis untuk dimasuki dan belum ditarik uang parkir.

Cukup sekian info yang bisa saya share tentang wisata pantai di Bali yang gratis. Semoga bermanfaat ya, guys!

Tags
Bali Indonesia pantai di bali
Share