Sisi Lain Pantai Buyutan yang Tersembunyi Dari Radar Traveler

Advertisement

Berbicara tentang pantai-pantai cantik di Pacitan memang tidak ada habisnya. Karena kota kecil di ujung barat pesisir selatan Jawa Timur ini memang dianugerahi segudang pantai menawan. Salah satunya adalah pantai Ngandul yang berada satu lokasi dengan Pantai Buyutan, namun letaknya sedikit tersembunyi dan belum banyak diketahui traveler.

Beberapa waktu lalu Travelingyuk menjelajahi pantai-pantai di bagian barat Pacitan. Mulai dari Klayar, Buyutan hingga Banyu Tibo. Khusus untuk Buyutan, pantai ini tengah naik daun sebagai salah satu pantai dengan pemandangan apik di kabupaten ini. Memiliki garis pantai yang panjang, pasir yang putih dan sebuah pulau sebagai tengara menjadikan lanskap pantai ini begitu sedap dipandang mata.

Rute menuju Pantai Ngandul, Traveler harus menyisir jalan setapak sisi tebing, foto by Ardhaniaji
Rute menuju Pantai Ngandul, Traveler harus menyisir jalan setapak sisi tebing, foto by Ardhaniaji

Lokasinya juga mudah untuk dijangkau karena berada satu rute dengan obyek wisata lain yang terkenal yaitu Gua Gong dan Pantai Klayar. Jaraknya dari pusat kota hanya sekitar 40 km dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor kurang dari satu jam. Secara administratif pantai Buyutan terletak di desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

Saat Travelingyuk melakukan kunjungan ke sana, kami tidak turun ke pantai Buyutannya. Selain karena sudah pernah datang ke sana sebelumnya, pantai ini juga sudah mainstream dan banyak diulas di berbagai media. Kami putuskan untuk blusukan ke sisi lain dari pantai tersebut. Kami menjelajahi bukit sebelah timur dari pantai Buyutan dan berharap menemukan sesuatu yang spesial di sana. Karena kata warga sekitar ada pantai cantik di balik bukit sebelah timur.

Pantai Ngandul, foto by Ardhaniaji
Pantai Ngandul, foto by Ardhaniaji

Setelah trekking selam 20 menit akhirnya kami menemukan pantai yang dimaksud itu. Secara visual tempat ini kurang tepat jika disebut pantai karena tidak ada pasir pantainya. Ini adalah sebuah tebing yang menghadap ke laut. Namun tebing ini unik karena memiliki sistem sungai yang bermuara ke laut sehingga menciptakan fenomena air terjun.

Pantai Ngandul dari seberang tebing, foto by Ardhaniaji
Pantai Ngandul dari seberang tebing, foto by Ardhaniaji

Tebing ini membentuk celah sempit yang bisa dimasuki air laut. Jika kamu cukup berani bisa menuju ke tebing yang terpisah oleh celah tadi. dari sana akan didapat foto yang cantik seperti di tengah pulau. Tapi kamu perlu berhati-hati dan selalu waspada dengan gelombang laut yang bisa datang tiba-tiba. Sebaiknya datang ke sana saat surut, karena ombak yang menghantam tebing saat pasang sangat berbahaya. Mungkin kamu bisa menjadikan tempat ini sebagai alternatif blusukanmu saat datang ke Buyutan.

Advertisement
Tags
Explore Pacitan pacitan Pantai Buyutan Pantai Ngandul
Share