Pantai Buyutan, Sudut Indah Tempat Jatuhnya Mahkota Dewa

Terlepas dari julukannya sebagai ‘Kota Seribu Goa’, Pacitan sebenarnya cocok juga disebut ‘Kota Seribu Pantai,’ Hampir tiap sudutnya menyimpan keindahan khas ala kawasan pesisir yang menggugah kekaguman. Salah satu yang pantang dilewatkan adalah Pantai Buyutan. Yuk Teman Traveler, kita simak ulasannya bersama.

Keindahan Pantai Buyutan

dscf0373_jzL.JPG
Pesona Buyutan (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Buyutan bisa diibaratkan seperti wanita pemalu. Tersembunyi di balik tebing, pantai ini seolah tak percaya diri menunjukkan pesonanya pada semua wisatawan. Padahal begitu sampai di sana, Teman Traveler akan mendapati sebuah kecantikan alam yang luar biasa mengagumkan.

dscf0377_kkc.JPG
Dikelilingi tebing (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Keindahan Buyutan dijamin bakal membuat Teman Traveler tahan berlama-lama menghabiskan waktu di sekitar sini. Pesona yang ditawarkan bakal sanggup membius siapapun. Suasana sekitarnya begitu sepi, jauh dari hingar bingar. Hamparan pasir putih luas, suara lembut deburan ombak, lautan biru, dan semilir angin merupakan paduan yang bakal hadirkan ketenangan tersendiri bagi siapa saja yang berkunjung.

Tempat Jatuhnya Mahkota Dewa

dscf0365_ME4.JPG
Tebing Berbagai Bentuk (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Begitu memasuki daerah tepi pantai, Teman Traveler akan menemukan batu karang berukuran besar dalam berbagai bentuk. Nah, jika diperhatikan lebih teliti, karang di sisi tengah memiliki bentuk yang lumayan unik. Kira-kira kalian tahu apa?

dscf0421_IAq.JPG
Tebing berbentuk mahkota (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Yap, benar sekali. Karang di tengah laut Buyutan berbentuk mirip perahu dan ada pula yang mirip mahkota. Menurut cerita yang dipercaya masyarakat sekitar, ‘mahkota’ tersebut merupakan milik Dewa Narada yang jatuh ketika terbang di atas lautan sekitar sini.

Dalam kisah pewayangan Jawa, Dewa Narada merupakan sosok penting di Kahyangan. Ia adalah orang kepercayaan sekaligus penasehat Batara Guru, Raja Kahyangan.

Tiket Masuk

dscf0437_m5B.JPG
Menimati suasana pantai (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Jika Teman Traveler ingin melihat keindahan Buyutan sekaligus mengagumi keunikan batu karang unik berbentuk mahkota dewa, kalian cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5.000. Para pengguna kendaraan wajib membayar biaya parkir Rp3.000 (mobil) atau Rp2.000 (motor). Cukup murah bukan, dibandingkan dengan keindahan alam yang disuguhkan?

dscf0328_u3l.JPG
Asyik untuk liburan bareng sahabat (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Teman Traveler juga akan mendapatkan akses untuk beberapa fasilitas pendukung seperti toilet, mushola, camping area, hingga warung makan. Pokoknya pengalaman liburan kalian di sini dijamin bakal sangat komplet dan berkesan deh.

Perjalanan Menantang

dscf0432_ldP.JPG
Bermain air di pinggir pantai (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Buyutan masuk dalam wilayah Desa Widoro, Donorojo, Pacitan, Jawa Timur. Cara termudah menuju sini adalah melalui jalur Goa Gong dari Pacitan. Pacu kendaraan ke arah jalan utama Pacitan – Solo. Begitu menemukan pertigaan dekat Masjid Besar Punung, belok ke arah kiri hingga sampai di pertigaan. Setelah itu belok kanan dan ikuti jalan utama ke Goa Gong.

Begitu tiba di komplek Goa Gong, ambil jalan ke arah Pasar Kalak dan lanjutkan ke arah Desa Widoro. Ikuti saja jalur yang ada hingga menemukan pertigaan dengan papan petunjuk menuju Pantai Buyutan. Tak lama setelah itu, Teman Traveler bisa lanjutkan perjalanan dengan ambil jalur ke arah kiri.

dscf0496_QP9.JPG
Bermain air di pinggir pantai (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Jalan yang Teman Traveler temui akan cukup menantang. Lebih disarankan datang dengan menumpang sepeda motor. Namun jika kalian sudah merasa lihai dan terbiasa dengan medan sulit, tak ada masalah jika ingin menggunakan kendaraan roda empat.

Itulah sedikit ulasan mengenai Pantai Buyutan, sebuah sudut indah yang ternyata menyimpan kisah menarik mengenai jatuhnya mahkota dewa. Jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Pacitan, jangan lupa mampir ke sini ya. Selamat berlibur!

Tags
kontributor pacitan Travelingyuk Wisata Pacitan
Share