Pantai Atuh di Nusa Penida, Cantiknya Utuh dan Memesona!

Sebagai salah satu tempat wisata di Bali yang kecantikannya sudah terkenal luas di dunia, Nusa Penida tidak habis memesona. Kali ini, Teman Traveler akan dibuat takjub dengan keunikan yang dimiliki sebuah pulau bernama Pulau Atuh. Penasaran dengan kecantikan Pantai Atuh di Nusa Penida? Simak ulasan berikut ini!

1. Cerita Nama Pantai Atuh

Indahnya Pantai Atuh
Indahnya Pantai Atuh via Instagram/monsieurjim_com

Atuh, terdengar sangat khas tanah parahyangan. Jauh dari kesan Bali. Lalu mengapa dinamakan demikian? Menurut cerita masyarakat yang tinggal di kawasan pantai, di Pantai Atuh terdapat dua mata air yang tidak pernah kering sekalipun musim kemarau. Kondisi inilah yang kemudian menjadi latar belakang mengapa dinamakan Atuh. Dalam bahasa Bali, Atuh sebenarnya merupakan gabungan dari dua kata, ‘A’ yang berarti tidak dan ‘tuh’ yang berarti kering. Jadi Atuh kurang lebih berarti tidak pernah kering.

2. Uniknya Gugusan Batu

Gugusan Batu Karang yang Unik
Gugusan Batu Karang yang Unik via Instagram/justine_lasz

Keistimewaan yang dimiliki Pantai Atuh adalah terdapat beberapa batuan besar yang berada di lautan. Batuan karang yang menjulang tersebut menyuguhkan pemandangan layaknya di Raja Ampat. Terdapatnya tebing-tebing kokoh di pinggir pantai semakin menambah kesan dramatis yang dimiliki pantai ini.

3. Kecantikan Pantai, Tebing dan Pulau Karang

Batu Karang dan Tebing di Pantai Atuh
Batu Karang dan Tebing di Pantai Atuh via Instagram/ferdynto_

Pantai Atuh di Nusa Penida, sama cantiknya dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Namun, pantai ini bukan hanya memiliki kecantikan khas pantai yang biasa. Atuh Beach memiliki tebing dan pulau-pulau karang, sesuatu yang menambah keindahannya. Ada empat pulau karang yang berukuran besar di kawasan Pantai Atuh. Masing-masing bernama Pulau Batu Abah, Pulau Batu Pepadasan, Pulau Bukit Jineng dan Pulau Batu Paon. Sementara itu, Tebing di bagian kiri Pantai Atuh bernama Tanjung Juntil dan sebelah kanan bernama Labuan Ampuak.

4. Menikmati Indahnya Pantai Atuh dari Atas Rumah Pohon

Menikmati Indahnya Pantai Atuh dari Rumah Pohon
Menikmati Indahnya Pantai Atuh dari Rumah Pohon via Instagram/laotian_traveler

Satu lagi yang bisa membuat Teman Traveler betah berlama-lama di pantai ini. Adalah terdapatnya rumah pohon di bagian atas tebing. Di rumah pohon ini, para pengunjung bisa menikmati indahnya Pantai Atuh di Nusa Penida dari atas. Deburan ombak dapat lebih jelas terlihat, gugusan pulau karang juga semakin cantik saat dilihat dari atas. Sebuah pemandangan yang layak diperjuangkan dan diulang!

5. Menuju Pantai Atuh

Ke Nusa Penida Dulu untuk Menikmati Keindahan Pantai Atuh Ini
Ke Nusa Penida Dulu untuk Menikmati Keindahan Pantai Atuh Ini via Instagram/3denorteasur

Agar dapat menikmati keindahan Pantai Atuh di Nusa Penida, Teman Traveler tentu harus lebih dulu menyebrang ke Nusa Penida. Sesampainya di sana, perjalanan harus dilanjutkan ke arah timur. Untuk mencapai Pantai Atuh dari Pulau Seribu, waktu yang dibutuhkan hanya 15 menit. Sebaiknya, jika Teman Traveler ingin mengunjungi Pantai Atuh, jadwalkan pada pagi hari. Sebab letaknya di bagian timur, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit dari Pantai Atuh.

Pemandangan unik yang dimiliki Pantau Atuh di Nusa Penida, tidak akan bosan untuk disaksikan. Sambil duduk-duduk menikmati keindahannya dari atas rumah pohon, Teman Traveler juga bisa mengambil beberapa foto, yang pasti, akan bikin banyak orang iri. Gimana? Tertarik?

Tags
Bali Indonesia Nusa Penida pantai atuh wisata bali wisata nusa penida
Share