Panduan Menjelajah Pulau Komodo, Nikmati Keindahan Indonesia Timur

Pulau Komodo merupakan pulau kecil di Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan pemandangan yang memukau. Reputasinya melambung tidak lain karena menjadi habitat Komodo. Namun wilayah sekitarnya pun memiliki pemandangan yang tak kalah memukau. Jika memiliki rencana perdana untuk traveling ke sana, simak panduan menjelajah Pulau Komodo ini.

Terdapat Dua Opsi untuk Sampai Ke sana

Untuk mencapai tempat ini harus menggunakan jalur laut via instagram
Untuk mencapai tempat ini harus menggunakan jalur laut via instagram/klm.launua

Tidak susah untuk mencapai Pulau Komodo. Namun, diperlukan beberapa kali berganti alat transportasi. Dari Pulau Bali kamu dapat menggunakan kapal laut maupun pesawat terbang menuju Labuan Bajo di Flores. Kapal laut memerlukan waktu 36 jam untuk sampai di sana. Setibanya dari Labuan Bajo baru menyeberang menuju Pulau Komodo dengan menggunakan kapal laut selama dua jam perjalanan.

Persiapkan Pakaian untuk Cuaca Panas

Cuaca tropis yang dan kering, persiapkan pakaian yang pas via instagram/ranvier11

Cuaca di sana cendurung tropis dan kering. Pada saat musim hujan suhu terendahnya hanya berhenti di 24 derajat celcius. Biasanya musim hujan berlangsung pada bulan Desember hingga Maret. Sedangkan saat musik kemarau suhu tertingginya bisa mencapai 35 derajat celcius.

Hidup di Atas Kapal

Menggunakan kapal phinisi dapat menjelajah Pulau Komodo secara keseluruhan via instagram/dularoger

Jika ingin menjelajah Pulau Komodo secara keseluruhan, kamu dapat menggunakan kapal phinisi dan hidup di atas kapal. Banyak pilihan kapal phinisi yang dapat digunakan. Rata-rata panjangnya mencapai 43 meter dan dapat menjelajah ke setiap bagian Pulau Komodo melalui laut. Kapal ini juga tepat digunakan jika kamu ingin menjelajah titik selam di sekitarmu.

Level Menyelammu harus Ahli

Salah satu habitat pari manta di Indonesia via instagram/naucrates_ductor

Perairan Pulau Komodo memiliki banyak titik menyelam yang pemandangannya impresif. Salah satunya adalah pari manta yang hidup dalam perairannya. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan bawah lautnya dimulai dari bulan Desember hingga Maret. Namun karena arus bawah lautnya yang begitu deras, level menyelamu harus expert.

Traveling ke Indonesia bagian timur memang memerlukan perjuangan. Terutama dalam hal transportasi. Namun di balik perjuangan tersebut, keindahannya memang layak diperjuangkan. Punya rencana ke Pulau Komodo dalam waktu dekat?

Tags
Indonesia Nusa Tenggara Timur Pulau Komodo Wisata
Share