Pameran Laut Kita Jakarta, Tamparan Soal Sampah Plastik

Tak hanya mengotori laut, sampah plastik juga berikan ancaman serius bagi makhluk penghuninya. Pameran Laut Kita di Plaza Indonesia Level 2 North, Jakarta mengajak pengunjung untuk berintrospeksi soal hal tersebut. Eksebisi unik ini bisa Teman Traveler sambangi hingga 4 Agustus 2019 mendatang.

Menghindari kesan menggurui, semua fenomena yang diangkat ditampilkan dalam bentuk karya seni. Sembari jalan-jalan, Teman Traveler bisa belajar banyak soal pentingnya menjaga kebersihan laut di sini. Yuk, bersama cerita saya saat berkunjung ke Pameran Laut Kita beberapa waktu lalu.

Terbagi dari Beberapa Area Instalasi

Salah satu seni instalasi yang ditampilkan (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Pameran Laut Kita menghadirkan beberapa area dengan desain unik untuk mengajak pengunjung lebih mengerti kondisi lautan Indonesia belakangan ini. Total ada enam kawasan instalasi yang dihadirkan, masing-masing mengusung tema Keindahan Alam Indonesia, Polusi Plastik, Instalasi Bawah Laut, Ruang Ajakan, Ruang Solusi, dan Ruang Janji. 

Deretan foto Putri Marino (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Begitu masuk ruang pameran, Teman Traveler akan disambut beberapa potret Putri Marino dengan kain unik. Kalian juga bisa membaca sejumlah tulisan mengenai sampah yang mulai menggerogoti keindahan alam Indonesia.

Belajar Soal Sampah Plastik

Fakta penting seputar sampah plastik (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Masuk area Polusi Plastik, Teman Traveler akan disuguhi beragam data memprihatinkan seputar sampah plastik. Salah satu yang mengejutkan adalah pengambilan sampel delapan kotoran manusia berbeda. Di dalamnya lantas ditemukan sembilan jenis mikroplastik berukuran 50-500 mikrometer.

Sampah plastik seberat lima ton (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Teman Traveler juga akan ditemani iringin musik dari Tulus dan video karya Davy Linggar tentang sampah di laut. Ruangan ini juga mempertontonkan lima ton botol PET yang di-press dan diikat rapi. Sebagai gambaran sampah tersebut hanya 0,3 persen dari jumlah sampah plastik yang dihasilkan tiap hari di DKI Jakarta.

Foto sampah berserakan di pinggir laut (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Sampah-sampah plastik tersebut didapat dari car free day, pembersihan pantai, dan sampah impor. Yap, Indonesia pun juga menerima sumbangan sampah dari luar negeri Teman Traveler.

Instalasi Bawah Laut

Instalasi seni bertema bawah laut (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Masung ruang instalasi bawah laut, Teman Traveler akan diajak melihat bagaimana sampah plastik bermuara di laut dan tidak bisa diurai. Perlahan tapi pasti, ekosistem bawah laut bakal rusak karena hal ini.

Perut hewan berisi sampah plastik (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk
Harus meregang nyawa karena plastik (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk
Ikan terjebak sarung tangan plastik (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Teman Traveler bakal disajikan beberapa foto dengan adegan miris di sini. Ada perut hewan yang dibelah dan ditemukan sampah plastik di dalamnya. Ada juga satwa lain yang meregang nyawa lantaran lehernya tersangkut sampah di lautan.

Ruang Ajakan

Ruang ajakan (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Sampai di Ruang Ajakan, Teman Traveler akan menemukan rekaman video beberapa tokoh dan selebritis papan atas. Mulai dari Nicholas Saputra, Mira Lesmana, Jay Subyakto, Nadine Chandrawinata, Tulus, Kaka Slank, hingga Hamish Daud. Semuanya kompak menyuarakan ajakan agar semua orang lebih bijak menggunakan plastik.

Solusi memberantas sampah plastik (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Tak sekedar meratap, di sini Teman Traveler juga diajak menjadi bagian dari solusi masalah sampah plastik. Selain mendaur ulang, ternyata kini sudah ada beberapa gerakan positif seperti Bank Sampah, Sea Soldier, Tridi Oasis Grup, dan Kreasi Daur Ulang. Masing-masing punya tugas sesuai perannya masing-masing.

Teman Traveler juga akan disuguhi beberapa tulisan dengan kalimat yang cukup menyentil hati. Bukan bermaksud menggurui, di sini para pengunjung memang diberikan sedikit ‘tamparan’ untuk lebih mengerti dan sadar soal bahaya sampah plastik, meski hanya sebesar sedotan.

Ruang Janji

Buku untuk menulis janji (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Di bagian terakhir, ada Ruang Janji. Teman Traveler akan menemukan buku yang disediakan panitia untuk menulis janji dalam memerangi masalah sampah plastik. Menarik Teman Traveler. Sebuah perjalanan yang singkat, namun cukup menggugah pikiran.

Pameran Laut Kita masih akan berlangsung di Plaza Indonesia hingga awal Agustus mendatang. Jika Teman Traveler sedang liburan di Jakarta, jangan lupa mampir ya.

Tags
Jakarta kontributor Travelingyuk wisata jakarta
Share