Empat Padang Pasir Unik di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Tempat Wisata

Padang pasir memiliki daya tarik tersendiri yang muncul dari lansekapnya. Gundukan serta pasir-pasir yang bergelombang karena tertiup angin adalah contoh keunikannya. Suara-suara gesekan pasir yang tertiup angin juga menjadi ciri khas gurun pasir. Namun beberapa gurun pasir ini memiliki beberapa keunikan yang tidak dapat ditemukan di tempat lainnya.

Padang Pasir Busung, Bintan, Indonesia

Gundukan yang terbuat dari pasir-passir yang menggumpal via instagram/@feilica

Keunikan Gurun Pasir Busung adalah peninggalan dari bekas penambangan bauksit yang saat ini terbengkalai. Gundukan berwarna coklat menjadi magnet paling kuat yang mampu menarik wisatawan, terbukti tempat yang berada di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau ini kian melejit di sosial media.

Salah satu wisata unggulan di Bintan via instagram/@putriisylvia

White Desert, Mesir

Gurun pasir yang memiliki dua warna via instagram/@dionys_moser

Jika pada umumnya gurun pasir memiliki satu warna, pemandangan berbeda akan kamu temukan di tempat ini. Terdapat dua warna yang mendominasi area gurun pasir ini, putih dan coklat keemasan. Warna pada gurun yang terletak di Farafra ini timbul dari gugusan batu kapur yang membentang hingga sepanjang 20 km.

Warna putih yang muncul dari gugusan pegunungan kapur via instagram/@sameh.mohamed80

Padang Pasir Pinnacles, Australia

Batuan karang yang tersebar di area padang pasir via instagram/@luigi.delisio

Umumnya, padang pasir memiliki pemandangan gundukan serta ombak-ombak pasir, namun tidak dengan Pinnacles memiliki pemandangan berbeda. Tak hanya hamparan pasir yang terbentang luas, tempat ini memiliki pilar-pilar karang yang berjajar layaknya pepohonan. Jumlahnya pun cukup banyak dan tersebar dalam wilayah padang pasir ini.

Berjajar seperti pohon via instagram/@hafenkids

Padang Pasir Putih Lancelin, Australia

Pasir berwarna putih bersih via instagram/@pragyee

Jika White Desert di Mesir memiliki dua kombinasi warna, di tempat ini pasirnya didominasi dengan warna putih bersih. Karena kebersihannya masih terjaga, dari kejauhan tempat ini terlihat seperti salju yang membentang. Lancelin berjarak sekitar 3 km dari Perth. Tak hanya berfoto, di sini wisatawan juga dapat merasakan serunya aktivitas sandboarding.

Wisatawan juga dapat merasakan serunya sandboarding via instagram/@vicci.t

Padang pasir dengan warna coklat keemasan yang disertai dengan bukit-bukit pasirnya saja telah menjadi pemandangan yang menarik. Terlebih lagi jika memiliki keunikan yang jauh berbeda dan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Seperti beberpa tempat di atas. Sudah mengunjungi padang pasir yang ada di Bintan, Indonesia?