Sruput Es Legendaris di Bandung, Pa’ Oyen 18 Sukajadi

Biasanya minuman yang menjadi primadona di bulan puasa yakni es kelapa, es dawet, hingga kolak. Namun bagaimana dengan es oyen? Es asal Bandung ini terdiri dari potongan buah, es serut, dan sirup yang manis. Ada salah satu tempat melegenda di kota kembang yang menjajakan kuliner satu ini, yaitu Pa’ Oyen 18 Sukajadi. Bagi yang penasaran, kulik lebih dalam yuk!

Es Oyen Melegenda di Bandung

Es Campur Pa’ Oyen 18 Sukajadi, via Instagram/vra_vira

Warung Pa Oyen 18 Sukajadi ini berawal dari tahun 1954 di mana sang pemilik usaha bernama H. Basar Sujana menjadi penjual es campur. Ia kemudian berkeliling dengan menggunakan gerobak. Kerja kerasnya membuahkan hasil berupa usaha yang ia rintis bisa berkembang pesat hingga kini.

Nama Oyen sendiri diambil dari nama almarhum kakeknya yang dulu juga meracik, mengolah, serta menjual es campur. Selanjutnya 18 Sukajadi merupakan sebuah alamat di mana es satu ini pertama kali dijual.

Cocok Jadi Menu Buka Puasa

Cocok jadi menu buka puasa, via Instagram/infojajanku

Satu porsi es campur terdiri dari campuran es serut, kelapa muda, potongan buah nangka dan alpukat, serta ditambah dengan pacar cina. Bahan yang digunakan juga berkualitas. Rasanya yang legit dan manis menjadikannya pas disantap ketika buka puasa. Selain itu, rasa dingin dari es juga ampuh hilangkan dahaga. Kalau begini, satu porsi nggak akan cukup deh!

Menu Lainnya yang Tak Kalah Lezat

Siomay di Pa’ Oyen, via Instagram/harry_hore

Tenang saja, pengunjung yang datang nggak akan dibuat kecewa jika menyantap es di sini. Karena Pa Oyen 18 Sukajadi juga menawarkan menu lain yang nggak kalah lezat. Bakso tahu dan siomay menjadi menu andalan. Rasanya pun nggak kalah enak jika dibandingkan di tempat lain.

Siomaynya memiliki rasa gurih dan ikan yang sangat terasa. Apalagi dipadu dengan saus kacang dengan proporsi yang tepat, yakni tidak terlalu encer atau kental. Pokoknya pas banget deh!

Lokasi dan Harga

Lokasi dan harga, via Instagram/meulila

Untuk bisa merasakan satu porsi es campur, Teman Traveler harus menyiapkan budget sebesar Rp15 ribuan dan untuk makanan berkisar mulai dari Rp20 ribuan. Saat ini Pa Oyen telah memiliki 10 cabang yang tersebar di dalam kota. Salah satunya bisa kalian temukan di Jl. Sukajadi No.8, Bandung.

Bagaimana, berhasil dibuat ngiler kan dengan es campur Pa Oyen 18 Sukajadi? Tertarik untuk mencoba kuliner Bandung yang menyegarkan satu ini?

Tags
Es Campur Es Oyen Indonesia kuliner
Share