Berburu Otak-otak di Bangka, Jajanan yang Tak Lekang Oleh Waktu

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia

Selaian ramai akan kuliner kekinian, jajanan tradisional nggak boleh tergerus oleh zaman. Selain memiliki cita rasa khas dan tidak membosankan, kuliner tradisional memberikan sensasi tersendiri seperti berada di masa lalu. Bagi kalian yang cinta makanan berbahan dasar ikan, inilah tempat berburu otak-otak di Bangka yang tepat untuk dijajal. Yuk, mampir!

Otak Otak Ase

Otak Otak Ase, via Instagram/feast.it

Kelezatan otak-otak khas Bangka sudah diakui oleh pecinta kuliner. Nah, salah satu tempat yang tepat untuk menikmatinya yakni Otak-Otak Ase. Tempat yang berada di Jl. Kp. Bintang No.149, Bintang Rangkui, Pangkal Pinang ini selalu ramai pengunjung. Sudah terkenal dan memiliki beberapa cabang di dalam kota, tempat ini menyuguhkan cita rasa otak-otak bakar dan kukusnya yang khas menggunakan bahan baku segar.

Tersedia tiga saus pilihan, pengunjung dapat memilih rasa pedas, pedas terasi, atau saus kecap. Kuliner Bangka ini buka setiap hari mulai dari jam 08.30 hingga pukul 21.00 malam, satu porsi dikenai harga sebesar Rp20 ribuan.

Otak Otak Amui

Otak Otak Amui di Bangka, via Instagram/eatandtreats

Tenang, ada juga kok opsi lain yaitu Otak Otak Amui. Tempat makan yang terletakk di Jl. Melintas No.23 ini menawarkan menu otak-otak Belinyu, pempek, talas goreng, es campur, es kacang merah, serta aneka oleh-oleh khas Bangka.

Menariknya lagi, sang pemiliki menjaga cita rasa otak-otak dengan membuatnya sendiri tanpa dibantu oleh karyawannya. Dalam sehari, Otak Otak Amui mampu menghabiskan puluhan kilogram ikan tenggiri. Buka setiap hari mulai dari jam 07.00 hingga pukul 21.00 malam, per buahnya dibanderol mulai dari Rp2000an.

Otak Otak Afung

Otak Otak Afung, via Instagram/kobangnyemil

Makanan tradisional satu ini memang enak disantap kapan saja, terutama dijadikan sebagai takjil untuk buka puasa. Otak Otak Afung menjadi lokasi selanjutnya untuk berburu jajanan berbahan dasar ikan ini. Berkediaman di Jl. Mayor Syafrie Rachman No.110, Kuto Panji, Belinyu, menawarkan rasa yang bikin kangen.

Satu porsinya berjumlah cukup banyak yakni 10 buah otak-otak dan tidak butuh waktu lama dalam penyajiannya. Ada dua pilihan saus untuk dicocol yakni cuka tauco dan cuka terasi. Siapkan saja budget sebesar Rp20 ribuan untuk mendapatkan satu porsi.

Graha Otak Otak

Otak Otak daun, via Instagram/mariannejanty

Jika masih belum merasa puas, Teman Traveler bisa berkunjung ke Graha Otak Otak yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman Kompleks Ruko No.1. Sama seperti kebanyakan, selain otak-otak menu lain yakni pempek, ngjan ngpiang, bujan, kemplang panggang, dan snack lain bisa dijumpai di sini.

Otak Otak Bangka dikenal akan rasa ikan tenggirinya yang nendang. Tempat satu ini buka setiap hari mulai dari jam 10.00 hingga pukul 22.00 malam. Satu buah dikenakan harga sebesar Rp1500an.

Bagaimana? Jadi makin semangat nih berburu otak-otak di Bangka? Sudah tau mau berkujung ke mana?