Otak-otak Ase, Oleh-oleh Bangka yang Bikin Nagih

Teman Traveler, pasti sudah nggak asing dong sama otak-otak? Penganan ini merupakan salah satu kuliner khas Pangkal Pinang, Bangka. Salah satu penjual yang paling terkenal adalah Otak-otak Ase. Katanya sih rasanya sangat khas dan beda dari lainnya. Hmm, jadi penasaran ya? Yuk, simak ulasan saya selengkapnya berikut ini.

Olahan Tenggiri Segar dan Tanpa Pengawet

img_20190820_172113_1_oDl.jpg
Gerai Otak-otak Ase (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Otak-otak pada dasarnya merupakan olahan daging tenggiri cincang yang dibungkus daun lalu dipanggang, sebelum kemudian disajikan bersama bumbu kacang atau tauco. Otak-otak Ase pun sama, namun rasa yang ditawarkan memang sedikit berbeda.

Daging tenggiri yang digunakan benar-benar segar dan punya rasa kuat. Sehingga menambah cita rasa kelezatan otak-otak secara keseluruhan. Pokoknya beda, deh, Teman Traveler.

Beberapa kabar yang beredar mengatakan bahwa otak-otak ini mengandung bahan pengawet. Namun hal tersebut ternyata terbukti hanya isapan jempol. Hasil uji coba BPOM menunjukkan penganan ini sama sekali tak mengandung boraks maupun formalin.

Otak-otak Daun Panggang

img_20190820_172647_1_Tjt.jpg
Menggunakan tenggiri segar (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Menu favorit di Otak-otak Ase adalah otak-otak daun panggang. Ukurannya kecil, bisa habis dalam sekali gigitan. Makanan ini mempunyai tekstur padat dan kenyal. Sekali coba, dijamin ingin terus nambah lagi dan lagi.

Otak-otak daun panggang bakal makin bertambah lezat jika dicocol bumbu tauco atau terasi. Oh ya, di Otak-otak Ase ada tiga varian bumbu yang ditawarkan. Selain dua yang sudah disebut tadi, masih ada bumbu pedas alias sambal cabe.

Saya pribadi lebih suka menikmati otak-otak daun panggang dengan tiga bumbu sekaligus. Sangat enak Teman Traveler, sensasi pedas, manis, dan asin menjadi satu. Saya jadi sulit berhenti mengunyah. Benar-benar bikin kangen dan nagih.

otak-otak ase
Otak-otak Daun Panggang (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Selain otak-otak daun panggang, mereka juga tawarkan kudapan siap saji lainnya, seperti otak-otak rebus, pempek cumi, serta otak-otak kulit. Harga masing-masing kurang lebih sama, hanya Rp2.500an per biji. Cukup ramah kantong, kok, Teman Traveler.

Tempat Makan dan Belanja Oleh-oleh

img_20190814_175335_1_Kwm.jpg
Nikmat disantap di tempat (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Gerai Otak-otak Ase rata-rata memiliki tempat makan bersih dan nyaman. Suasananya benar-benar bikin betah untuk berlama-lama. Di samping tiap meja makan, tersedia aneka macam oleh-oleh khas Bangka. Beres menyantap otak-otak, Teman Traveler bisa pilih beberapa untuk dijadikan buah tangan.

otak-otak ase
Otak-otak beku (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Baru-baru ini kedai Ase membuat inovasi baru dengan sediakan otak-otak frozen. Dijamin lebih tahan lama meski tak disimpan di freezer. Cocok sekali dijadikan oleh-oleh, terutama jika Teman Traveler hendak melakukan perjalanan jauh.

Ada Banyak Cabang

img_20190820_171925_1_jxT.jpg
Cabang Soekarno Hatta (c) Mariska Rosyitadewi/Travelingyuk

Di Pangkal Pinang, kedai otak-otak ini sudah punya empat cabang. Pertama ada di Kampung Bintang, sekaligus jadi cabang terbesar. Gerai berikutnya berada tak jauh dari sana. Sementara untuk cabang ketiga bisa Teman Traveler temukan di Jalan Melintas, depan Jalan Soekarno Hatta. Terakhir, gerai mereka juga ada di Bandara Udara Depati Amir, tepat di samping pintu keluar.

Itulah pengalaman saya bersantap di Otak-otak Ase, kedai yang sajikan sajian otak-otak nikmat dan sangat recommended untuk dijadikan oleh-oleh. Jika Teman Traveler sedang mampir atau menjelajah wisata Bangka, boleh lah sempatkan mampir sebentar.

Tags
Bangka Indonesia Kepulauan Bangka Belitung kontributor Kuliner Bangka otak-otak ase Travelingyuk
Share