Fakta Orchid Forest Cikole yang Menjadi Destinasi Wisata Digital

Menjelajah kawasan Lembang memang tak ada habisnya. Kecamatan yang berada di Kabupaten Bandung Barat ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Karenanya kawasan ini menjadi salah satu daerah yang seringkali menjadi tujuan wisata saat akhir pekan datang. Salah destinasi wisata Bandung adalah Orchid Forest Cikole, yang baru saja ditetapkan sebagai destinasi wisata digital oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, pada hari Jumat, (24/08/2018).

Akan Diinstall Sensor Gerak Untuk Lampu

Kawasan Orchid Forest via instagram/infobandung_

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, digitalisasi pun juga turut berkembang dengan cepat. Beberapa tempat wisata pun disulap menjadi destinasi digital, seperti Pasar baba Boen Tjit Palembang misalnya. Orchid Forest Cikole pun juga menjadi destinasi digital yang menarik. Tak lama lagi tempat ini akan memiliki sensor gerak dan suara yang akan diintegrasikan dengan lampu. Sehingga ketika ada wisatawan yang lewat atau datang, lampu akan menyala secara otomatis.

Instalasi Taman Lampu Interaktif

Jembatan gantung sepanjang 150 meter yang menyala via instagram/jejakpetualang180

Meski berada di kawasan hutan pinus, Teman Traveler tidak akan menemukan kawasan yang gelap gulita. Malah sebaliknya tempat ini memiliki lampu dan cahaya warna-warni yang tersebar di areanya. Orchid Forest Cikole juga memiliki Garden of Light, instalasi taman lampu interaktif berbentuk bunga dan dapat berganti-ganti warna. Selain itu juga terdapat wood bridge, jembatan gantung sepanjang 150 meter yang menyala di malam hari.

Destinasi Wisata Sekaligus Edukasi

Suasana Orchid Forest saat malam hari via instagram/warmanwardhani

Walaupun tak memiliki gardu pandang seperti tempat wisata bukit kebanyakan, tempat ini juga tetap fotogenic. Beragam aktivitas outbond dapat dilakukan di sini, bahkan tempat ini cocok sekali untuk para pecinta tanaman. Sebanyak 157 spesies anggrek juga dapat ditemukan pada tempat ini. Layak saja jika tempat ini mendapat predikat sebagai wisata edukasi berkonsep Geowisata dan Ecotourism bertaraf internasional.

Berada Dalam Kawasan Pinus

Warna-warni lampu di Orchid Forest via instagram/ary_dn

Lokasi alam hutan pinus disulap menjadi sebuah wilayah outbond dengan penataan yang cantik, bukan sekedar berisi gardu pandang di sana dan sini. Memiliki luas total 12 hektar yang dipenuhi dengan pohon pinus di kawasan berketinggian 1500 Mdpl, membuat cuaca di tempat ini benar-benar tepat untuk melepas penat.

Sejak beroperasi pada tahun 2017, tempat ini semakin ramai didatangi pengunjung. Suasana hutan pinus dan udara yang sejuk, menjadi alasan kenapa Orchid Forest Cikole menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bagaimana, Teman Traveler pernah datang ke tempat ini?

Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat Orchid Forest Cikole Wisata
Share