5 Kebiasaan Orang Indonesia di Travel Fair, Kamu Juga Begini?

Seiring dengan meningkatnya gairah jalan-jalan masyarakat Indonesia, Travel Fair kini mulai marak digelar di berbagai daerah. Acara pameran wisata biasanya diramaikan dengan berbagai promosi tiket dan paket perjalanan murah ke destinasi impian. Maka tidak heran jika acara selalu diserbu para pemburu tiket murah. Belum lama ini, Ketua Umum Astindo, Elly Hutabarat, mengungkapkan sejumlah kebiasaan orang Indonesia kala datang ke Travel Fair. Beberapa ada yang bisa diprediksi, ada juga yang mengejutkan. Penasaran?

1. Kejar Promosi Cashback

Ilustrasi uang 50 ribu rupiah via Instagram adji_mahadewa

Promo cashback alias uang kembali cukup populer di transaksi pembelian motor, mobil, atau smartphone. Namun belakangan, promo serupa juga mulai merambah dunia traveling. Guna merayu konsumen untuk membeli tiket atau paket perjalanan, sejumlah agen atau maskapai biasanya memberikan iming-iming promo cashback. Menurut Elly, paket promosi semacam ini cukup populer dan paling digemari oleh warga Indonesia yang datang ke Travel Fair.

2. Betah Berlama-lama

Ilustrasi kumpulan brosur via Instagram rodimediazh

Lebih lanjut Elly mengatakan bahwa biasanya orang Indonesia betah berlama-lama ketika berada di Travel Fair. Alih-alih langsung datang ke booth yang diinginkan, mereka rela menghabiskan waktu satu jam lebih untuk berkeliling dan mendapatkan informasi lengkap dari berbagai maskapai dan agen perjalanan. Orang yang datang harus rela berdesak-desakan untuk sekedar masuk ke lokasi, apalagi jika sedang ada promo tiket dengan harga super murah.

3. Bali Masih Menjadi Favorit

Seorang turis berfoto di Pura Lempuyang Bali via Instagram trinitytai

Meski sudah dianggap sebagai tempat liburan mainstream, nyatanya banyak warga Indonesia masih menjadikan Bali sebagai tempat liburan favorit mereka. Wajar saja, Pulau Dewata punya keragaman budaya yang seolah tak habisnya untuk diselami serta keindahan alam yang memukau. Meski demikian, bukan berarti kawasan Indonesia lainnya hanya dipandang sebelah mata oleh traveler domestik. Beberapa lokasi yang belakangan makin populer adalah Derawan, Pulau Komodo, dan Danau Toba.

4. Primadona Baru Bernama Jepang

Pemandangan Gunung Fuji dihiasi bunga sakura via Instagram toi.3

Bicara soal wisata luar negeri, Singapura dan Thailand masih menjadi negara favorit untuk didatangi warga Indonesia. Selain jaraknya yang dekat, ongkos selama di sana pun juga relatif tak terlalu mahal. Namun belakangan, Jepang dan Korea Selatan mulai menjadi primadona baru. Dari sisi kemudahan akses, rata-rata wisatawan Indonesia lebih memilih datang ke Jepang, antara lain karena Negeri Matahari Terbit itu baru saja memberlakukan aturan bebas visa bagi para pemegang paspor elektronik.

5. Wisata Beramai-ramai Menjadi Tren

Ilustrasi turis di Thailand berwisata ramai-ramai via Instagram cherry.vy.71

Meski banyak yang mengatakan solo traveling lebih asyik, para wisatawan Indonesia ternyata justru lebih menyukai paket perjalanan beramai-ramai. Menurut pengamatan Elly, belakangan perjalanan wisata bersama keluarga, komunitas, maupun satu perusahaan tengah menjadi trend dalam beberapa bulan terakhir. Selain lebih menyenangkan, melakukan perjalanan wisata dengan banyak orang juga bisa menekan biaya.

Itulah tadi beberapa kebiasaan yang sering dilakukan orang Indonesia ketika hadir di sebuah Travel Fair. Bagaimana, apakah kamu ternyata juga melakukan kebiasaan serupa? Share pendapat kamu di kolom komentar ya!

Tags
Indonesia travel fair traveling Wisata
Share