Omah Munir di Kota Batu Siap Jadi Museum HAM Pertama di Asia Tenggara, Wisata Edukasi Tentang Pentingnya Hak Asasi

Omah Munir diresmikan pada 08 Desember 2013 di Kota Batu. Lokasinya berada di rumah yang sempat ditinggali Munir bersama keluarga pada tahun 2000 hingga 2003 lalu. Di tempat ini, semua hal tentang Munir Said Thalib terekam. Tempat ini hadir sebab terinspirasi dari perjuangan seorang Munir terhadap hak-hak manusia yang dilanggar. Keberadaannya kemudian disambut baik oleh pihak Pemerintah Kota Batu. Berbagai ukungan diberikan, salah satunya agar Omah Munir di Kota Batu berdiri menjadi Museum HAM pertama di Asia Tenggara.

1. Siap Menjadi Museum HAM Pertama di Asia Tenggara

Salah Satu Bagian Dinding yang Ada di Omah Munir via Instagram/ bachulmunir_

Upaya untuk mengukuhkan Omah Munir di Kota Batu sebagai Museum HAM pertama di Asia Tenggara didukung oleh banyak pihak. Khususnya pihak pemerintah Jawa Timur dan Kota Batu. Langkah tersebut dapat dilihat dari kerjasama antara pihak Yayasan Omah Munir dan Ikatan Arsitek Indonesia untuk menggelar sayembara desain Gedung Museum Omah Munir. Sayembara desain ini diluncurkan pada 24 September 2018 dan ditutup 10 November 2018 lalu. Sementara pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 10 Desember 2018 mendatang.

2. Museum Negara, Berada di Bawah Pemerintahan Jawa Timur

Konferensi Pers Sayembara Pra Desain Gedung Museum HAM Omah Munir via Instagram/ humas_pemkotbatu

Sayembara desain Museum Omah Munir di Kota Batu tersebut nantinya akan mendapat dukungan berupa lahan dan pembiayaan pembangunan gedung oleh pihak pemerintah. Hal ini, menjadikan Omah Munir berstatus sebagai museum negara di bawah naungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kota Batu.

3. Wisata dan Edukasi Tentang Pentingnya HAM

Gambar Munir Banyak Tertempel di Omah Munir via Instagram/ iraa.spongee

Museum Omah Munir di Kota Batu tersebut nantinya akan menyimpan dan menampilkan tentang perjuangan HAM yang berlangsung di Indonesia.

Museum HAM Omah Munir
Museum HAM Omah Munir (c) Travelingyuk/Asnan Affandi

Sebelumnya, Yayasan Omah Munir yang ada di Jln. Bukit Berbunga No, 2, Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, juga menampilkan hal demikian.

Banyak Informasi Terkait HAM di Omah Munir via Instagram/ arisboboiboy

Omah Munir menampilkan beberapa peristiwa pelanggaran HAM seperti yang terjadi di Aceh dan Timor Timur serta mengangkat kehidupan para pembela HAM di Indonesia seperti Marsinah. Selain itu, di yayasan ini pengunjung juga bisa berdiskusi, melakukan lokakarya dan kegiatan seni.

4. Lokasi Museum Omah Munir

Patung Munir yang Ada di Yayasan Omah Munir via Instagram/ muh.ainulhaqtiro

Museum Omah Munir, seperti yang dilansir dari Surabaya Tribunnews, akan dibangun di Kota Batu. Yakni di Jln. Sultan Hasan Halim, Kecamatan Batu, Kelurahan Sisir. Lokasinya hanya berjarak sekitar satu kilometer dari Alun-alun Batu. Lokasi ini berbeda dengan Yayasan Omah Munir terdahulu. Meski demikian, informasi dan pembelajaran yang disampaikan tetap sama. Yaitu mengenai pentingnya Hak Asasi Manusia.

Pembangunan Omah Munir di Kota Batu sebagai Museum HAM pertama di Asia Tenggara ini, diungkapkan Walikota Batu, Dewanti Rumpoko, dilansir dari akun Instagram resmi Humas Pemkot Batu, akan melengkapi destinasi wisata yang ada saat ini. Juga akan menjadikan museum sebagai magnet tersendiri yang dapat menarik wisatawan Indonesia dan mancanegara. Tentunya juga sebagai sarana edukasi pentingnya HAM untuk siapa saja. Gimana? Tertarik mengunjunginya?

Tags
Indonesia Jawa Timur Kota Batu Wisata wisata kota batu wisata malang
Share