Omah Ketan Blitar, Kuliner Kekinian Pas untuk Berlebaran

Ketan dulunya identik dengan jadul dan tua. Biasanya kuliner ini muncul di upacara adat, syukuran, maupun pernikahan. Namun di Blitar, ada Omah Ketan yang mengemasnya dengan konsep kekinian. Bisa banget jadi opsi kulineran saat Lebaran.

Diolah menjadi lebih modern (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Keberadaan Omah Ketan langsung jadi idola para penikmat kuliner di Blitar. Selain rasanya nikmat, sajian tradisional satu ini juga tahan lama dan praktis. Jika Teman Traveler sedang mampir ke Kota Koi, wajib hukumnya mampir ke sini.

Punya Banyak Pelanggan

Cukup dikenal di Blitar (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Omah Ketan terletak di Jalan Riam Kiri, Kepanjenkidul, Blitar. Meski sederhana, kedai ini sudah punya banyak pelanggan setia dan sukses mendatangkan pelanggan hampir setiap hari. Tak heran jika tempat nongkrong populer di Kota Koi ini selalu ramai hampir setiap saat.

Bisa dibilang Omah ketan merupakan satu-satunya kafe di Blitar yang sudah sejak lama fokus menyajikan ketan dengan konsep modern. Pilihan rasanya bervariasi, beda dari ketan tradisional.

Harganya Murah

Sederhana namun yahud soal rasa (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Buka mulai pukul 14.00 hingga 22.00, tempat ini hadirkan suasana nyaman untuk menikmati aneka sajian ketan secara perlahan-lahan. Rasanya benar-benar enak. Tak kalah nikmat dengan Pos Ketan Legenda di Batu maupun Ketan Susu di Jogja. Asyiknya, harga yang dipatok di sini justru lebih murah.

Suasana hangat dan nyaman (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Lokasi Omah Ketan juga tak terlalu sulit untuk ditemukan karena berada di tengah kota. Sangat mudah dijangkau, apalagi jika Teman Traveler datang menggunakan kereta api.

Selalu Update di Sosmed

Topping coklatnya melimpah (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Pemilik Omah Ketan bisa dibilang piawai mengelola usahanya dengan memanfaatkan media sosial. Jika Teman Traveler membuka akun resmi mereka, @omahketan_blitar, kalian bakal kerap menemukan update soal varian anyar. Tak jarang pula ada postingan tentang gathering maupun acara komunitas tertentu di sini.

Ketan Mantap dengan Kekenyalan Pas

Kenyal ketannya terasa pas (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Dari sekian banyak variasi menu yang ditawarkan di Omah Ketan, saya mencoba ketan susu dengan coklat serut dan ketan keju tanpa susu. Tak lupa saya memesan secangkir cangkir kopi hitam original. Tak butuh waktu lama sebelum semua pesanan saya tersebut siap disajikan.

Ketan keju tanpa susu (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Ketan susu coklat serut adalah yang pertama saya icip. Menurut saya, ketannya dikukus dengan sangat baik sehingga ketika digigit tingkat lengket dan kekenyalannya terasa pas. Secara umum, ketan ini juga terasa gurih serta nikmat.

Saya sendiri bukan seorang koki jago. Sekedar enak di lidah saja sudah cukup. Tampaknya sebagian pengunjung Omah Ketan pun sepakat dengan hal ini.

Sebaiknya Mampir Sore

Kopi racikan khas (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Saran saya, sebaiknya Teman Traveler mampir ke sini di sore hari. Jika beruntung, kalian akan mendapat pemandangan sunset lumayan. Apalagi di sini ada dua area duduk yang bisa dipilih, indoor dan outdoor di bawah dua pohon rindang nyaman.

Teman Traveler juga tak perlu bingung mencari tempat memarkir kendaraan. Meski kerap dipadati pengunjung, kedai ini punya lahan parkir
cukup luas kok.

Penasaran dengan ketan satu ini Teman Traveler? Jangan ragu mampir jika sedang habiskan momen libur Lebaran, sambil keliling wisata Blitar. Pemiliknya yang humble akan siap membantu hadirkan kreasi ketan menarik di atas meja. Patut dicoba buat kalian yang ingin berlebaran dengan nuansa berbeda.

Tags
Blitar kontributor kuliner blitar Travelingyuk
Share