Oleh-Oleh Tulungagung yang Khas dan Murah

Terletak di tepi Samudera Hindia, tentu saja objek wisata Tulungagung memiliki banyak pantai yang mempesona. Puluhan tempat cantik mulai dari Popoh hingga Kedung Tumpang menjadi destinasi wisata penduduk lokal serta kota-kota lain di Jawa Timur. Selain melihat pemandangan apik, kurang lengkap rasanya jika tidak berburu kuliner dan juga oleh-oleh dari daerah penghasil marmer ini yang enak dan bikin ketagihan. Seperti di bawah ini:

1. Enting-Enting Kacang / Geti

Geti [image source]
Ini adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari kacang tanah serta wijen. Dua bahan tersebut dilarutkan ke dalam gula merah yang dimasak sampai kering. Memiliki rasa yang gurih, tentu saja banyak yang ketagihan. Harga untuk satu kotak kue ini pun terbilang murah loh, cocok untuk oleh-oleh. Salah satu yang paling terkenal adalah Geti produk B.Suparmi.

Kue Geti
Kue Geti [image source]

2. Jenang Syabun

Jenang Syabun
Jenang Syabun [image source]
Mirip dengan dodol, kuliner satu ini terbuat dari beras ketan dengan rasa yang manis serta legit, strukturnya juga lembut. Jenang ini juga punya nama lain yaitu jenang licin. Hmm, mungkin karena bentuk dan permukaannya yang halus itu ya? Kalau kamu pulang kampung ke Tulungagung, bawa Syabun adalah kewajiban. Rasanya benar-benar bikin kamu ingat dengan kampung halaman. Dan tahu nggak sih kalau jenang syabun ini bahkan sudah diekspor keluar negeri?

Jenang Syabun Tulungagung
Jenang Syabun Tulungagung [image source]

3. Kerupuk Rambak Tulungagung

Kerupuk Rambak [Image Source]
Rambak merupakan salah satu camilan yang sangat populer di lidah masyarakat Indonesia. Di Tulungagung, jajanan yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau ini juga menjadi salah satu camilan yang paling banyak dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Mengenai rasa, Rambak Tulungagung lebih renyah dibandingkan kerupuk lainnya. Sentra industri kerupuk yang paling terkenal di kota ini  ada di daerah Botoran Pangungreko kota, Sembung.

Kerupuk Rambak
Kerupuk Rambak [Image Source]

4. Kue Sagon

Sagon Kelapa
Sagon Kelapa [image source]
Manis, gurih dan renyah, begitulah sensasinya ketika menggigit camilan manis dari Tulungagung yaitu sagon. Dengan banyaknya wisatawan yang datang, camilan ini pun makin laris manis. Dibuat dengan bahan  dasar kelapa, tepung ketan, tepung sagu dan tepung kanji. Bukan hanya cocok digunakan sebagai oleh-oleh tetapi juga bisa disantap saat jalan-jalan di sana. Meksi tampilannya jadul, tapi rasanya sungguh bikin kamu ingat Tulungagung deh.

Ilustrasi Kue Sagon
Ilustrasi Kue Sagon [image source]

5. Ledre

ledre Pisang
ledre Pisang [image source]
Sebenarnya asalnya dari Bojonegoro, namun di Tulungagung juga banyak dijual di pusat oleh-oleh. Selain Ledre pisang, ternyata kota di Jawa Timur ini juga menjual jenis Ledre cokelat. Jajanan satu ini sebenarnya sedikit mirip semprong dengan bentuk stick roll atau kotak. Tapi aroma pisang atau cokelatnya lebih kuat dengan tekstur renyah. Karena itu pula banyak sekali yang selalu membelinya.

Ledre Pisang [Image Source]
Bukan cuman punya pantai cantik nan eksotis, tempat wisata Tulungagung juga menjadi surganya para pecinta camilan untuk oleh-oleh. Nah, kapan nih belanja makanan di kota ini?

Tags
Explore Tulungagung Kuliner Tulungagung
Share