Selain Rendang, Ini Oleh-oleh Padang yang Bisa Kamu Bawa Pulang

Isti

Isti

On Indonesia

Kuliner khas Sumatera Barat bukan hanya rendang saja. Ada beberapa kuliner lebih tepatnya jajanan yang tidak kalah enak untuk dinikmati. Bahkan tidak mengecewakan pula sebagai buah tangan untuk sanak saudara serta kerabat di rumah. Apa saja oleh-oleh Padang ini? Yuk simak selengkapnya di sini.

1. Roti Randang

Roti Randang Ninur
Roti Randang Ninur via instagram/@pelangidiaryna

Sesuai dengan namanya, bentuk jajanan ini berupa roti berisi rendang. Jenisnya beragam, ada yang rendang daging sapi dan juga ayam. Isinya sendiri tidak jauh seperti membuat rendang biasanya. Daging yang sudah diolah bersama bumbu-bumbu, langsung dikeringkan. Setelah itu barulah dioven bersama adonan roti. Rasanya dijamin nendang banget. Ada rasa manis gurih namun tetap terasa rendang-nya. Salah satu toko penjual roti rendang yang terkenal di Padang adalah Roti Randang ibu Nunuk yang berada di Jalan Proklamasi Nomor 52 Padang.

Roti Randang Padang
Roti Randang Padang via instagram/@adenalogy

2. Dakak Dakak

Dakak dakak
Dakak dakak via instagram/@hana_cake_shop

Kalau yang satu ini adalah camilan khas Sumatera Barat. Serasa ada yang kurang jika belum membeli jajanan ini saat liburan ke Minangkabau. Namanya Dakak-dakak, camilan mirip kerupuk berbentuk bulatan sebesar kelereng yang terbuat dari bahan dasar tepung beras. Tepung beras yang telah dicampur dengan bumbu turun temurun ini dibentuk menggunakan batok kelapa. Setelah itu adonan tersebut digoreng hingga kering.

Dakak-dakak dan Kripik Balado
Dakak-dakak dan Kripik Balado via instagram/@puthiie

3. Arai Pinang

Arai Pinang khas Padang
Arai Pinang khas Padang via instagram/@asadorimart

Kue ini juga terbuat dari tepung beras yang digoreng sangrai. Setelah itu tepung berasnya diaduk bersama dengan santan, garam, dan air kapur sirih. Setelah tercampur dan kalis, adonan tersebut dibentuk bulat putih sebelum kemudian digoreng hingga matang. Biasanya arai pinang disajikan dengan gula merah cair. Di Padang dan sekitarnya, kue legit ini dihidangkan saat ada acara keluarga atau pertemuan penting seperti pernikahan.

Arai Pinang
Arai Pinang via instagram/@sigadih_minang

4. Rakik Maco

Rakik Maco Padang
Rakik Maco Padang via instagram/@karak_.kaliang

Rakik Maco bisa disebut sebagai rempeyek-nya Sumatera Barat, karena bentuknya yang mirip rempeyek. Terbuat dari campuran tepung beras, telur, garam, cabai, bumbu halus dan tentunya ikan maco. Ikan satu ini merupakan salah satu jenis ikan laut berukuran kecil mirip teri. Rakik Maco memiliki citarasa gurih asin dan sedikit pedas serta sensasi kriuk-nya membuat siapa pun ketagihan. Lebih nikmat lagi jika rakik maco dimakan dengan nasi hangat.

Rakik Maco
Rakik Maco via instagram/@sthiechan

5. Kue Sapik

Kue Sapik Padang
Kue Sapik Padang via instagram/@kuejepitmanalagi

Jika di Jawa, camilan ini bernama opak gapit atau saat ini sering dikenal dengan crepes. Namun, crepes atau opak gapit khas Ranah Minang sedikit perbedaan. Namanya Kue Sapik dan terbuat dari tepung beras bukan tepung kanji seperti halnya di Jawa. Kue yang dibuat dengan cara digapit ini sering disajikan dalam acara-acara atau pertemuan penting seperti hajatan dan pernikahan. Teksturnya garing dan renyah serta manis gurih yang membuatnya banyak disukai masyarakat sekitar. Nah, untuk kamu yang datang ke Padang jangan lupa membeli kue sapik ya.

Kue Sapik
Kue Sapik via instagram/@el.jabbar

Itulah sederet kue dan camilan yang bisa ditenteng sebagai buah tangan untuk orang tercinta. Oleh-oleh Padang ini tidak hanya enak, tapi juga memiliki isi banyak. Jenisnya juga banyak, dan pastinya enak banget di lidah. Jadi, kapan nih liburan ke Padang?