Pilihan Oleh-oleh Khas Tegal Jawa Tengah, Bikin Keluarga Sumringah

Tegal merupakan daerah di Jawa Tengah yang dilewati oleh jalur pantura. Sehingga, daerah ini selalu ramai setiap waktunya. Tak hanya itu saja yang membuat Tegal, Jawa Tengah ini ramai, banyak juga destinasi wisata yang bisa dijelajahi para traveler. Ada Bukit Goa Lawa, Curug Pitu Margasari, dan masih banyak lagi yang lainnya. Entah kamu sedang melewati ataupun traveling di daerah yang mendapat julukan sebagai Kota Bahari ini, berikut jajaran oleh-oleh khas Tegal yang bisa kamu bawa pulang.

1. Tahu Aci

Tahu Aci, Via Instagram mod_eka
Tahu Aci, Via Instagram mod_eka

Oleh-oleh khas Tegal yang paling banyak diburu adalah tahu aci. Kuliner satu ini merupakan perpaduan antara aci atau tepung kanji yang diberi bumbu kemudian dimasukkan ke dalam tahu. Citarasa dari tahu aci ini adalah kenyal-kenyal gurih yang bikin ketagihan. Karena namanya dan kelezatannya sudah populer seantero negeri, jangan lupa untuk membeli buah tangan khas Tegal ini jika pulang berjelajah.

2. Pilus

Pilus Tegal, Via Instagram instafoodjogja
Pilus Tegal, Via Instagram instafoodjogja

Kuliner selanjutnya yang biasa dijadikan buah tangan dari Tegal adalah pilus. Bahan dasar untuk membuat pilus adalah tepung terigu, tepung kanji, daun kocai, dan juga beberapa rempah tambahan. Bisa dinikmati secara langsung atau sebagai teman makanan lainnya, sebut saja soto, bakso, nasi goreng, mie rebus atau lain-lain.

3. Kacang Bogares

Kacang Bogares, Via Instagram makananjawa
Kacang Bogares, Via Instagram makananjawa

Sekilas memang kacang dari Tegal ini memiliki penampakan yang sama dengan kacang goreng pada umumnya. Tapi setelah dicicipi ternyata rasanya berbeda dari yang biasanya. Dengan bumbu serta teknik pengolahan yang berbeda, kacang bagores ini memiliki citarasa yang unik. Kacang bagores hampir bisa ditemui di berbagai daerah di Tegal, bahkan di warung-warung sekalipun ada.

4. Latopia

Latopia, Via Instagram indra_latopia.mandra.guna
Latopia, Via Instagram indra_latopia.mandra.guna

Jika Jogjakarta memiliki bakpia, Tegal juga memiliki yang namanya latopia atau ada yang menyebutnya sebagai latopnya. Memang mirip dengan bakpia, tapi ukurannya lebih besar, lebih renyah, gurih dan juga garing. Bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh keluarga di rumah ya.

5. Kerupuk Antor

Kerupuk Antor, Via Instagram popusalad
Kerupuk Antor, Via Instagram popusalad

Tidak suka yang memiliki rasa manis? Kamu juga bisa membawa kerupuk antor khas Tegal. Kerupuk antor ini menyerupai kerupuk pasir dari Kediri, namun bentuknya lebih kecil. Salah satu kerupuk khas Indonesia ini ini punya rasa bawang sebagai yang paling dominan. Warnanya juga lebih pekat dari kerupuk pasir karena ragam bumbu yang digunakan.

Pulang jalan-jalan dari Tegal tak lengkap tanpa membawa buah tangan untuk keluarga di rumah ya. Maka dari itulah, kamu perlu banget membeli satu atau dua dari oleh-oleh khas Tegal yang sudah disebutkan di atas.

Tags
buah tangan khas tegal Jawa Tengah kuliner tegal oleh-oleh khas tegal Tegal
Share