Cobain Oleh-oleh Unik Dari Tarakan, Ada Keripik Kulit Ikan Salmon

Salah satu provinsi di Indonesia yang tergolong baru adalah Kalimantan Utara. Namun walau baru berdiri beberapa tahun, provinsi ini mempunyai hasil laut yang cukup melimpah. Beberapa oleh-oleh khas Tarakan memiliki bahan baku dari laut. Teman Traveler yang ingin tahu boleh menyimak ulasan ini ya!

Kerupuk Ikan Asin Pipih

Kerupuk Ikan Pepija via Instagram @kampoengtimoer.id

Tarakan memang terkenal akan hasil lautnya yang melimpah, selain rumput laut ada juga ikan. Sehingga tidak heran jika terdapat oleh – oleh khas Tarakan yang berbahan dasar ikan. Salah satunya adalah kerupuk ikan asin pipih yang terbuat dari ikan pepija. Terdapat dua jenis kerupuk yaitu yang rasa original dan rasa pedas.

Amplang Bandeng

Amplang Bandeng via Instagram @rm_torani

Amplang merupakan sejenis kerupuk yang terkenal di seantero Kalimantan. Setiap daerah memiliki amplang dengan bahan dasar dan mudah ditemukan di kawasan masing-masing. Bandeng pun diolah menjadi amplang di Tarakan. Amplang bandeng menjadi oleh-oleh khas Tarakan yang wajib dibawa pulang pelancong.

Abon Kepiting Soka

Abon Kepiting via Instagram @kuliner_lokal

Lauk kering ini biasanya berbahan dasar daging sapi, daging ayam, atau daging ikan. Nah bahan dasar abon yang tidak biasa ini ada di Tarakan. Oleh-oleh khas Tarakan berupa abon kepiting soka. Teman Traveler pecinta kepiting bisa nih menjajal abon satu ini.

Dodol Rumput Laut

Ilustrasi Dodol Rumput Laut via Instagram @oleholehlombok

Tarakan memiliki potensi rumput laut yang melimpah. Namun siapa sangka rumput laut juga bisa diolah menjadi dodol. Mengingat proses mengolah rumput laut menjadi dodol yang tidak mudah. Di tangan penduduk Tarakan, tanaman laut ini malah dijadikan jajanan khas daerah tersebut. Dodol rumput laut memiliki citarasa manis legit.

Keripik Kulit Ikan Salmon Rasa Telur Asin

Keripik Kulit Ikan Salmon via Instagram @kulinertarakan

Cukup banyak makanan kekinian yang memiliki rasa saus telur asin. Tidak ketinggalan, di Tarakan pun ada penganan semacam itu yaitu keripik kulit ikan salmon rasa telur asin. Untuk kudapan satu ini memang tergolong baru dan belum banyak ditemui di pusat oleh-oleh khas Tarakan. Namun Teman Traveler tidak perlu khawatir karena ada gerai yang menjual keripik kulit ikan ini.

Cukup mudah mendapatkan sebagian besar kudapa tersebut, langsung saja menuju ke Pusat Oleh-oleh UMKM Centre Tarakan di Jalan Pattimura RT 17, Pamusian. Kalau Teman Traveler mampir di Tarakan jangan lupa memborong camilan yang sudah diulas di atas ya.

Tags
Indonesia Kalimantan Utara kuliner Oleh-oleh Tarakan
Share