Oleh-oleh Khas Rembang, Buah Tangan untuk Keluarga Tersayang

Advertisement

Setelah bepergian ke suatu tempat untuk berwisata, rasanya ada yang kurang jika kita tidak membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah, bisa berupa makanan, minuman, souvenir ataupun juga produk fashion. Jika kamu berkunjung ke Rembang, Jawa Tengah ada banyak oleh-oleh yang bisa dibawa pulang untuk orang-orang tersayang. Berikut ini setidaknya ada empat rekomendasi oleh-oleh khas Rembang yang bisa untuk dibeli saat selesai berjelajah.

1. Kue Satru

Kue Satru Via Instagram almaulida
Kue Satru Via Instagram almaulida

Kue Satru merupakan kudapan khas Rembang yang terbuat dari bahan dasar kacang hijau dan juga sagu. Teksturnya menyerupai kue sagu namun dicetak dalam bentuk bunga, daun dan lain sebagainya. Untuk rasanya, ada perpaduan antara manis dan juga gurih. Ada rasa kacang hijau dan juga gula di dalamnya. Bisa jadi salah satu oleh-oleh yang dibeli kala pulang dari Rembang nih.

2. Sirup Kawista

Sirup Kawisat, Via Instagram eliyantiwidjaja
Sirup Kawista, Via Instagram eliyantiwidjaja

Tidak hanya kue saja, kamu juga bisa memboyong pulang sirup kawista yang terbuat dari buah kawis. Ini menjadi salah satu oleh-oleh yang begitu khas. Karena buah kawis ini tumbuh subur di Rembang, maka jadilah sirup ini banyak sekali diproduksi di sana. Untuk citarasanya sendiri cenderung ada perpaduan antara manis dan juga asam. Bisa dicoba buat kamu yang kurang familiar dengan buah satu ini.

3. Jadah

Jadah, Via Instagram ettyyuni
Jadah, Via Instagram ettyyuni

Jadah merupakan olahan yang terbuat dari beras ketan dipadu dengan parutan kelapa muda, dan juga garam yang ditumbuk halus. Biasanya ditumbuk sampai bisa diiris. Biasanya memiliki bentuk kotak. Sementara itu untuk rasanya sendiri adalah cenderung gurih manis. Untuk pembungkusnya, biasanya menggunakan daun pisang. Lantaran dibungkus menggunakan daun pisang inilah, rasanya lebih harum.

4. Dumbeg

Kue Dumbeg, Via Instagram nano_oregano
Kue Dumbeg, Via Instagram nano_oregano

Dumbeg juga merupakan salah satu jenis oleh-oleh khas Rembang yang sangat populer. Buah tangan satu ini berbahan dasar tepung beras, air pohon nira dan juga gula pasir. Biasanya dibentuk menjadi adonan lalu dimasak dengan santan, dibungkus dengan menggunakan daun lontar berbentuk kerucut kemudian dikukus. Saat dilihat sekilas, oleh-oleh satu ini menyerupai terompet kecil. Rasanya gurih dan juga manis. Enak disantap dengan teh ataupun juga kopi hangat.

Sekarang kamu tidak perlu bingung mencari oleh-oleh setelah pulang berjelajah wisata di Rembang ya. Semoga informasi di atas membantu kamu yang sekarang sedang bingung mencari oleh-oleh atau buah tangan setelah lelah berkeliling Rembang.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah oleh oleh khas Rembang oleh oleh rembang Rembang
Share