Oleh-oleh Khas Pontianak, Buah Tangan Keluarga yang Wajib Dicoba

Jalan-jalan ke Pontianak, kenapa tak segera? Wilayah di Kalimantan Barat punya deretan kuliner menggoda untuk dicoba. Salah satu yang melegenda tentu saja Es Krim Petrus yang begitu lembut dan disajikan dengan batok kelapa. Ada juga Kopi Asiang dengan penjual ikoniknya. Saat bertandang ke provinsi ini, jangan lupa juga untuk memborong jajanan sebagai oleh-oleh khas Pontianak. Apa saja?

Pisang Srikaya

Pisang Srikaya, via Instagram/kedaimelayu_ptk
Pisang Srikaya, via Instagram/kedaimelayu_ptk

Pisang Srikaya merupakan jajanan tradisional khas Pontianak yang juga seringkali dibawa pulang untuk buah tangan. Jika dilihat sekilas, menyerupai pisang goreng. Namun saat dirasakan, kamu akan mengetahui ada rasa yang berbeda. Teksturnya lebih renyah dan juga gurih.

Jajanan ini cocok sekali disantap saat pagi atau sore hari bersama dengan teh hangat. Setelah bersantai, jalani aktivitas kembali semangat.

Kue Bingke Berendam

Bingke berendam, via Instagram/yenysurya
Bingke berendam, via Instagram/yenysurya

Kue bingke di Pontianak memiliki dua varian berbeda, yakni biasa dan berendam. Nah, yang berendam ini cara memasaknya dikukus dengan rasa manis. Kue ini begitu populer di Pontianak, bahkan saking terkenalnya juga menjadi buah tangan. Banyak rasa yang ditawarkan, mulai dari keju, susu, ubi, sampai original. Teksturnya lembut, lho.

Snack Muruku

Snack Muruku, via Instagram/marandsaaksara
Snack Muruku, via Instagram/marandsaaksara

Oleh-oleh khas Pontianak lainnya yang bisa dibawa pulang untuk tentengan adalah snack Muruku yang enak. Bahan utama pembuat camilan ini adalah ikan, namun dengan beberapa varian rasa berbeda. Ada rumput laut, ikan pedas, dan juga original ya. Teksturnya renyah dan juga gurih. Harganya juga bervariasi ya, mulai dari Rp10.000.

Olahan Lidah Buaya

Dodol Lidah Buaya, via Instagram/suryaputrantabatik
Dodol Lidah Buaya, via Instagram/suryaputrantabatik

Terakhir yang banyak bertebaran adalah olah lidah buaya. Mulai dari minuman, teh, dodol, jelly, kerupuk, sampai dengan cokelat lidah buaya banyak di sana. Tidak salah memang, lidah buaya sendiri memiliki citarasa yang enak dan mengandung banyak vitamin di dalamnya. Kamu perlu mencoba berbagai olahan lidah buaya di Pontianak ya, jangan lupa juga membawakan untuk keluarga di rumah yang sudah menunggu kedatangan.

Cerita dong Teman Traveler, kamu kerap membawa oleh-oleh khas Pontianak apa saat pulang ke rumah? Apakah salah satunya ada di atas?

Tags
Indonesia Kalimantan Barat Oleh-oleh Khas Pontianak Pontianak
Share