Liburan di Jogja? Ini Oleh-Oleh Khas yang Wajib Kamu Beli

Perjalanan wisata umumnya selalu ditutup dengan membeli buah tangan alias oleh-oleh. Seorang traveler akan membeli oleh-oleh yang menjadi khas dari tempat berliburnya untuk keluarga atau kerabat. Begitu juga saat liburan di Jogja, banyak oleh-oleh khas yang bisa kamu pilih untuk dijadikan buah tangan saat pulang nanti.

Tidak sulit untuk mengenali oleh-oleh khas dari Jogja. Bakpia dan Yangko adalah beberapa oleh-oleh khas yang wajib kamu beli. Bisa kita lihat sendiri kan hampir semua traveler yang pulang dari kota ini selalu membawa dua jajanan tersebut, dengan kata lain Jogja itu ya bakpia atau yangko. Namun ada jajanan dan barang lain yang juga menjadi oleh-oleh khas dari Kota Pelajar ini. Berikut Travelingyuk rangkum oleh-oleh khas yang bisa jadi rujukanmu saat bingung memilih buah tangan di kota Jogja.

1. Bakpia Pathok

bakpia Pathok menjadi ikon jajanan khas Jogjakarta. Oleh sebab itu kalau liburan di kota ini lantas pulang tidak membawa oleh-oleh bakpia rasanya kurang lengkap. Bakpia ini adalah jajanan yang berasal dari Pathuk berupa roti basah kecil-kecil dengan aneka macam rasa di dalamnya. Kalau zaman dulu isi kue ini hanya berupa kacang hijau namun kini banyak varian rasa yang muncul.

Bakpia Pathok, via instagram
Bakpia Pathok, via instagram

Banyak tempat yang menjual jajanan yang satu ini. Buktinya jika kamu sedang jalan-jalan di kawasan Malioboro akan banyak tukang becak yang menawarkan untuk mengantarmu ke toko sekaligus pembuat bakpia di sekitaran sana. Namun untuk para traveler yang sudah berpengalaman jalan-jalan di Jogja ada dua tempat yang menjadi jujugan untuk membeli oleh-oleh khas ini yaitu toko yang berada di Jalan Wonosari atau kawasan Piyungan dan toko yang berada di Pathuk.

Harga satu bungkus bakpia ini beragam mulai dari Rp. 18 ribu hingga Rp. 36 ribu tergantung rasa dan jumlah isi per kotak. Rasa-rasa yang tersedia umumnya rasa kacang hijau, kumbu hitam, coklat, keju, susu, hingga kopi. Selain Jogja kota lain yang juga memiliki jajanan sejenis adalah Malang yang terkenal dengan nama Pia Mangkok.

2. Yangko

Kalau kamu mencari oleh-oleh khas Jogja di sentra oleh-oleh makan biasanya bakpia pathok akan dijual bersamaan dengan yangko. Jajanan ini juga menjadi salah satu yang khas dari kota Gudeg. Jajanan ini terbuat dari tepung ketan yang dipotong persegi empat yang mungil. Rasanya sangat lembut dan kenyal saat masuk di mulut.

Yangko, via instagram
Yangko, via instagram

Yangko adalah jajanan khas dari Kotagede, Jogja. Tidak sulit menemukannya sebab jajanan ini selalu dijual di hampir semua pusat oleh-oleh di Jogja. Tapi kalau mau mendapatkannya di daerah asal, kamu perlu datang ke Kotagede. Di sana kamu akan mendapatkan yangko dengan kualitas terbaik.

Beberapa tempat rekomendasi untuk membeli yangko adalah di Jalan Pramuka dimana toko Yangko Pak Prapto berada. Atau di Jalan Menteri Supeno No. 118 tempat berada Yangko Bu Nining. Namun jika tidak sempat ke Kotagede kamu juga bisa membeli yangko di Jalan Gajah mada no. 29. Harga yangko lebih murah dibanding bakpia pathok, harganya ada di kisaran Rp. 8-10 ribu per kotak.

3. Geplak

Jajanan lain yang khas dari Jogja adalah Geplak. Jajanan ini terbuat dari kelapa, gula, dan tepung beras atau tepung ketan. Geplak adalah jajanan khas dari Bantul, sebuah kabupaten di daerah Istimewa Yogyakarta. Seperti cita rasa makanan dari Jogja yang terkenal manis, begitu juga dengan geplak. Jajanan ini paling enak dinikmati saat masih hangat.

Awal mulanya geplak dibuat menggunakan gula tebu maupun gula kelapa. Geplak yang dibuat dari gula tebu akan menghasilkan warna keabu-abuan sedangkan yang dibuat menggunakan gula kelapa akan menghasilkan geplak berwarna kecokelatan. Namun saat ini banyak varian rasa geplak mulai dari rasa stroberi, durian hingga jeruk dengan aneka warna pula.

Geplak, via instagram
Geplak, via instagram

Untuk mendapatkan geplak terbaik sebaiknya kamu membelinya di daerah asalnya yaitu Bantul. Toko sekaligus produsen geplak di Bantul dapat kamu jumpai di alamat Jalan Wachid Hasyim No. 28, Yogyakarta. Namun jika tidak punya waktu kamu pun bisa mendapatkan jajanan khas ini di sentra penjualan oleh-oleh khas Jogja yang tersebar di tengah kota.

4. Cokelat Monggo

Jalan-jalan di Jogja kamu punya kesempatan membawa pulang oleh-oleh cokelat asli Kota Pelajar dengan cita rasa yang setara dengan cokelat Belgia. caranya kamu beli oleh-oleh Cokelat Monggo. Cokelat ini dibuat oleh seorang pria asal Belgia yang bernama Thiery Detournay. Meski rasa internasional namun cokelat yang digunakan sebagai bahan bakunya berasal asli dari Indonesia lho.

Cokelat Monggo, via instagram
Cokelat Monggo, via instagram

Cokelat Monggo memiliki cita rasa yang tinggi, unik dan lezat. Varian rasanya juga bermacam-macam, ada Dark, Praline, hingga Red Chili, dan Orange Pee. Datang langsung ke show room dan factory yang ada di Kotagede dimana cokelat ini diproduksi untuk mendapatkan produk yang asli. Alamatnya aa di Jalan Dalem KG III/ 978, Purbayan, Kotagede. Saking larisnya Cokelat Monggo khas Jogja ini telah dipasarkan di kota-kota besar lainnya seperti Jakarta dan Surabaya.

5. Kain Batik

Kalau kamu mau beli oleh-oleh yang bukan makanan maka pilihannya jatuh pada suvenir atau pakaian maupun kain. Bersama Solo, Jogja juga dikenal sebagai sentra batik tulis yang memiliki motif khas. Berbagai jenis kain batik bisa kamu jumpai dengan berkunjung ke Pasar Beringharjo yang terletak di ujung selatan dari Jalan Malioboro.

Kain Batik, via instagram
Kain Batik, via instagram

Pasar Beringharjo saat ini dihuni oleh tujuh ribu pedagang batik. Pasar ini menjadi favorit traveler yang ingin mencari oleh-oleh khas berupa suvenir, kain atau baju. Harga yang ditawarkan pun terkenal cukup murah. Traveler yang membeli barang-barang di pasar ini pun perlu pandai melakukan tawar menawar jika ingin mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga lebih terjangkau.

6. Kaos Dagadu

Jika Bali memiliki brand Joger maka Jogja punya Dagadu. Ini merupakan brand kaos dan juga suvenir yang menjadi identitas wisata Jogja. Mendapatkan produk Dagadu yang asli tidaklah sulit sebab banyak produknya yang dijual di pasar atau emperan toko namun tetap hati-hati dengan lapak tidak resmi yang menjual barang palsu.

Kaos Dagadu, via instagram
Kaos Dagadu, via instagram

Kalau tidak yakin dengan yang dijual di emperan toko atau pasar mending kamu datang langsung ke gerai utamanya di Unit Gawat Dagadu (UGD) yang berlokasi di Jalan Pakuningratan. Di gerai utamanya kamu akan menemukan pilihan kaos yang lebih variatif. Memakai kaos Dagadu menjadi kebanggaan tersendiri termasuk sebagai bukti sahih jika kamu memang benar-benar sudah pernah traveling ke Kota Gudeg.

Kamu bisa memilih salah satu atau malah membeli semua oleh-oleh khas dari Jogja yang ada dalam daftar di atas.

Tags
Indonesa Jajanan Jawa Tengah Wisata Belanja Yogyakarta
Share