Oleh-Oleh Khas Jember Wajib Diborong, Catat ya!

Berwisata takkan lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan untuk orang terkasih. Buat Teman Traveler yang sedang wisata ke Jember, banyak oleh-oleh khas yang bisa kalian bawa dari Kota Karnaval. Apa saja? Yuk, intip rekomendasi oleh-oleh khas Jember berikut ini.

Kedelai Edamame

img_20190818_103825_3iJ.jpg
Kedelai Edamame kualitas ekspor (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Kedelai edamame merupakan komoditi ekspor andalan Jember. Kudapan satu ini menjadi cemilan favorit di beberapa negara Asia, khususnya Jepang. Panganan ini juga dikirim ke sejumlah negara Eropa dan Amerika.

Umumnya edamame dijual dengan dalam kemasan 500 gram dan 1 kilogram, dengan varian rasa original dan asin. Harganya berkisar Rp19.000 per 500 gram. Biasa ditawarkan dalam kondisi beku, sehingga biasanya beberapa toko oleh-oleh menyediakan styrofoam pendingin bagi wisatawan yang menempuh perjalanan panjang.

Kopi Khas Jember

img_20190818_103541_BGb.jpg
Berbagai jenis kopi khas Jember (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Jember juga dikenal dengan berbagai hasil perkebunan, kopi salah satunya. Kopi Jember disebut-sebut punya kualitas luar biasa baik, bahkan sanggup menembus pasar Internasional. Sebagian besar berjenis Arabica.

Kopi paling terkenal dari Jember dikenal dengan nama Rengganis. Perkebunannya berada di lereng Argopuro. Biji yang dijual untuk oleh-oleh merupakan sudah dipanggang dan beberapa telah dihaluskan. Semua dikemas dalam beragam merek dan kemasan. Harganya juga bervariasi, di kisaran Rp19.000 per pack.

Cerutu

img_20190818_103905_9Ib.jpg
Cerutu dengan tembakau Jember (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Sebagai penghasil tembakau terbesar di Indonesia, tembakau Jember sanggup menembus pasar Eropa, khususnya Jerman. Kualitasnya benar-benar jempolan dan sudah diakui di seluruh dunia.

Cerutu Jember juga sering disebut sebagai terbaik kedua setelah Kuba. Buat Teman Traveler yang merokok, bisa mencicipi cerutu kebanggaan Indonesia tersebut di Kota Karnaval.

Jika ingin membawa sebagai buah tangan, cerutu ini bisa kalian dapatkan dengan mudah di beberapa toko oleh-oleh. Harganya dibanderol antara Rp27.000 hingga Rp100.000.

Tape Singkong

img_20190818_103803_L38.jpg
Tape singkong berbagai merek (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Olahan singkong yang difermentasi ini biasanya dikemas menggunakan besek (anyaman bambu) atau kotak kertas. Teman Traveler juga bisa memilih tingkat kematangan sendiri, berdasarkan tanggal yang tertera di kemasan. Harga oleh-oleh ini bervariasi, berkisar antara Rp15.000 hingga Rp18.000.

Proll Tape

img_20190818_103420_pyn.jpg
Proll tape (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Teman Traveler mungkin sudah banyak yang mengenal kudapan ini. Terbuat dari campuran terigu, tape singkong, telur, susu, dan mentega, proll tape merupakan salah kuliner khas Jember. Biasanya disajikan dengan beragam topping, seperti kismis, keju, coklat, dan lainnya.

Proll tape bisa dengan mudah Teman Traveler jumpai di berbagai toko oleh-oleh dalam kemasan kecil dan besar. Versi mungil biasanya dibanderol sekitar Rp28.000, sementara yang lebih besar ditawarkan sekitar Rp32.000.

Dodol Tape

img_20190818_103709_VgF.jpg
Dodol tape (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Jika sudah bosan dengan proll tape, Teman Traveler bisa mencoba jajanan satu ini. Sama-sama dibuat dari tape singkong, dodol tape tampil lebih sederhana. Rasanya manis dan asam, cocok dijadikan kudapan saat bersantai. Harganya dipatok di kisaran Rp12.000 per pack.

Pia Tape

img_20190818_103456_jwy.jpg
Pia tape (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Mau olahan tape singkong yang lebih modern? Teman Traveler bisa mencoba pia tape khas Jember. Perpaduan manis dan asam dari tape, serta gurihnya keju membuat panganan ini jadi salah satu oleh-oleh nikmat yang wajib dicoba. Harganya hampir sama dengan proll tape, sekitar Rp28.000.

Suwar Suwir

img_20190818_103629_e3Z.jpg
Suwar suwir dengan berbagai rasa (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Nah, olahan tape satu ini rasanya paling legendaris Teman Traveler. Hampir sama dengan dodol, hanya saja teksturnya lebih padat dan kering. Namun begitu disantap, suwar suwir bakal langsung lumer di lidah.

Kini suwar suwir dibuat dengan berbagai varian rasa, dengan kemasan lebih menarik. Bahkan tak sedikit yang menyebutnya sebagai permen tape. Harga panganan ini berkisar Rp15.000 per 500 gram.

Itulah lima rekomendasi oleh-oleh khas Jember yang bisa Teman Traveler jadikan alternatif buah tangan untuk keluarga di rumah. Jangan lupa memburunya jika sedang wisata di Jember ya.

Tags
Jember kontributor kuliner jember Travelingyuk
Share