Buah Tangan Khas Gresik, Bisa Jadi Oleh-oleh yang Asyik

Gresik berlokasi dekat dengan Ibu Kota Provinsi Jawa Timur, Surabaya dan dikenal sebagai kawasan industri yang menyimpan banyak potensi wisata mengagumkan. Pantai yang terdapat di Gresik juga tak kalah indah dengan kota lain di Indonesia. Ada Pantai Karang Kering, Pulau Gili Noko, Danau Kastoba (Pulau Bawean) dan lain-lain yang bisa banget jadi tujuan traveling. Pulang dari Gresik, jangan lupa membawa oleh-oleh khas ya. Berikut rekomendasinya!

1. Otak-otak Bandeng

Otak-otak bandeng dengan sambal, Via Instagram heriza_karunia

Meskipun ini merupakan produksi rumahan, otak-otak Bandeng sudah sangat populer. Rasanya sangat enak dan khas, biasanya dipadukan untuk lauk nasi. Salah satu buah tangan yang bisa dibilang sangat disarankan untuk dibawa saat balik ke rumah. Lokasi untuk hunting otak-otak Bandeng yang recommended adalah Toko Oleh-oleh Bu Muzanah Store.

2. Jubung

Jubung warna-warni khas Gresik, Via Instagram inigresik

Jika Garut memiliki dodol yang sangat khas, Gresik juga punya hal serupa. Bukan dodol, namanya adalah Jubung yang terbuat dari ketan hitam yang di atasnya diberi taburan biji wijen. Kekhasannya terletak di pembungkusnya yang memanfaatkan daun pohon pinang muda yang dianyam menjadi wadah kecil. Tertarik untuk membeli dodol khas Gresik ini? Kamu bisa datang ke Toko Jenang Jubung Mutiara Rasa Pak Temon.

3. Bonggolan

Terlihat begitu gurih dan enak, Via Instagram kulinergresik

Kuliner lainnya yang bisa jadi oleh-oleh adalah bonggolan yang merupakan camilan berbahan dasar ikan. Sejenis dengan Pempek Palembang, tapi ini terbuat dari ikan payus yang masih berkerabat dekat dengan ikan bandeng. Bahan pembuatnya adalah tepung kanji, terigu, bawang merah, bawang putih, dan juga sari ikan payus. Bonggolan ini ada yang dikukus ataupun juga yang digoreng seperti kerupuk. Lokasi untuk membeli bonggolan adalah di Sedayu.

4. Pudak

Pudak, Via Instagram deliciousgresik

Inilah salah satu alasan Kota Gresik disebut sebagai Kota Pudak. Kota Gresik memiliki oleh-oleh berupa pudak yang merupakan kue tradisional berbahan dasar tepung beras, sagu, santan, gula pasir, dan gula jawa. Cita rasa pudak ini legit, manis dan juga nikmat. Sangat terkenal, dan aroma daun pandan di sana sangat khas. Pembungkus pudak ini disebut sebagai ope yang merupakan lembaran pelepah daun pinang yang sudah dikeringkan terlebih dahulu.

5. Kopi Gresikan

Kopi khas Gresik, Via Instagram kopiimtaq

Tak hanya camilan, Gresik juga memiliki oleh-oleh berupa Kopi Gresikan yang sangat khas. Dengan rasanya yang bisa dibilang berbeda dengan yang lainnya, oleh-oleh satu ini cukup recommended untuk dibawa pulang. Pecinta kopi direkomedasikan untuk mencoba Kopi Gresikan ini.

6. Ndog Bader

Ndog Baderan yang sudah diolah, Via Instagram gresiktourism

Nah yang terakhir ada Ndog Bader yang merupakan telur ikan bader. Ndog bader ini perpaduan kata ‘ndog’ yang artinya telur dan ‘bader’ adalah nama ikan bader. Kuliner ini terbuat dari telur ikan bader yang dicampur dengan berbagai bumbu-bumbu, kemudian digoreng sampai matang. Enak banget dijadikan lauk sebagai teman nasi.

Dengan jumlah oleh-oleh yang banyak, kamu yang berkunjung ke kota ini tak perlu ragu untuk membawa pulang beberapa di antara mereka ya. Silahkan bersenang-senang di Gresik!

Tags
buah tangan khas Gresik Gresik Indonesia Jawa Timur makanan khas Gresik oleh oleh Gresik oleh-oleh khas Gresik
Share