Makanan Sampai Barang, Ini Oleh-oleh Khas Bengkulu yang Bisa Diburu

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Kue tat, Via Instagram mitnamm Kue tat, Via Instagram mitnamm

Dalam sektor wisata, Bengkulu selama ini terkenal memiliki salah satu daya pikat yang kuat. Yakni keberadaan bunga bangkai atau Rafflesia Arnoldi yang membuat banyak orang penasaran. Selain memiliki daya pikat bunga bangkai, Bengkulu juga memiliki kuliner khas yang patut untuk diburu. Misalnya saja ada tempoyak ikan patin, rebung asam undak liling dan banyak klagi yang lain. Satu hal lagi yang perlu untuk diketahui, yakni oleh-oleh khas Bengkulu untuk dibawa pulang.

Kerupuk Gurita

Kerupuk Gurita, Via website kopurindag.kaurkab.go.id
Kerupuk Gurita, Via website kopurindag.kaurkab.go.id

Gurita merupakan menu laut yang banyak ditemukan di Bengkulu. Maka dari itulah tidak mengherankan jika akan banyak olahan berbahan dasar gurita. Misalnya saja yang sudah menjadi oleh-oleh adalah kerupuk gurita. Ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Bengkulu yang berasal dari daerah Khaur. Oleh-oleh yang sangat khas dan jarang ditemukan di daerah lain.

Kue Perut Punai

Kue perut punai, Via Instagram dori.dentigocorp
Kue perut punai, Via Instagram dori.dentigocorp

Punai merupakan salah satu jenis burung yang terdapat di Bengkulu. Dinamakan kue perut punai lantaran bentuknya menyerupai isi perut burung punai yang melilit-lilit serta melingkar. Komposisi pembuatan kue satu ini adalah tepung terigu yang disangrai. Pilihan rasa dari kue perut punai ini adalah manis dan juga gurih.

Manisan Terong

Manisan terong, Via Instagram irahlalbengkulu
Manisan terong, Via Instagram irahlalbengkulu

Jika terong di daerah lainnya sering dijadikan sayur, lain halnya dengan yang terdapat di Bengkulu. Terong ungu dijadikan manisan, bahan utamanya tentu saja terong dan juga gula pasir. Rasa dari oleh-oleh Bengkulu satu ini adalah legit yang unik dengan tekstur kenyal. Cocok jadi oleh-oleh lantaran bisa bertahan lama.

Sirup Kalamasi

Sirup kalamansi, Via Instagram sirupkalamansi_lampung
Sirup kalamansi, Via Instagram sirupkalamansi_lampung

Kalamasi adalah salah satu jenis jeruk. Dan jeruk ini jadi bahan utama untuk membuat sirup ini. Dipadu dengan gula asli, sirup ini enak disajikan saat hangat ataupun juga dingin. Banyak orang menggemari sirup ini lantaran dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan melancarkan peredaran darah.

Kue Tat

Kue tat, Via Instagram mitnamm
Kue tat, Via Instagram mitnamm

Kue tat juga merupakan salah satu kuliner khas bengkulu yang bentuknya menyerupai bolu. Dahulu, ini merupakan sajian yang cukup elit lantaran disuguhkan kepada para Raja Bengkulu. Namun sekarang ini sudah menjadi kuliner yang seringkali dijadikan oleh-oleh orang yang berkunjung ke Bengkulu.

Batik Besurek

Batik besurek, Via Instagram finzta
Batik besurek, Via Instagram finzta

Jika kamu tidak ingin membawa pulang oleh-oleh berupa makanan, bisa juga membawa batik bersurek untuk keluarga di rumah. Batik bersurek merupakan barang yang sangat khas dari Bengkulu yang memiliki motif kaligrafi arab dipadukan dengan bunga rafflesia, relung paku, dan lain-lain. Satu keunggulan batik ini adalah pembuatnya yang secara homemade.

Kerajinan dari Kulit Lantung

Kerajinan kulit lantung, Via Instagram bi_bengkulu
Kerajinan kulit lantung, Via Instagram bi_bengkulu

Ada pula buah tangan dari Bengkulu yang berupa kerajinan yang berasal dari kulit lantung. Lantung sendiri merupakan sebutan untuk kayu yang banyak terdapat di daerah Bengkulu. Banyak kerajinan yang berasal dari kulit lantung, misalnya saja ada tas, gantungan unci, miniatur bunga rafflesia, sampai dengan gantungan kunci.

Jika berkunjung ke Bengkulu, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khasnya ya. Siap buat jalan-jalan ke Bengkulu?