Oleh-oleh Istimewa Khas Garut, Jangan Sampai Luput

Advertisement

Jawa Barat punya Garut dengan segala pesona baik di darat maupun lautan. Kamu bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata yang menarik. Kemudian diselingi dengan makan di tempat legendaris penyaji cita rasa khas Sunda. Pulangnya, jangan sampai luput membawa beberapa oleh-oleh berikut ini.

1. Dodol Garut

Dodol Garut
Dodol Garut [image source]
Dodol dari garut termasuk yang paling terkenal karena kelezatannya. Rasa yang menonjol adalah manis dengan sentuhan gurih nikmat. Jenisnya beragam, ada olahan buah seperti dodol nanas hingga nangka. Menemukan kuliner ini sangatlah muda, hampir semua toko oleh-oleh menjualnya.

Dodol Garut
Dodol Garut [image source]

2. Chocodot

chocodot
chocodot [image source]
Yang satu ini juga berupa dodol, tapi hadir dengan variasi yang berbeda. Disebut Chocodot karena bentuknya menyerupai cokelat batangan dengan berbagai rasa. Belum lagi kemasannya yang cantik dan menyajikan kata-kata unik. Cocok banget dijadikan oleh-oleh untuk orang tersayang. Contohnya kemasan dengan kalimat yang berbunyi cokelat enteng jodoh, coba kasih pada temanmu yang jomblo.

chocodot
chocodot [image source]

3.  Dorokdok

Dorokdok
Dorokdok [image source]
Dorodok adalah nama kerupuk khas Garut yang terbuat dari kulit sapi. Agar rasanya nikmat dan khas, maka ditambah dengan rempah-rempah pilihan. Begitu mampir digigitan, rasa gurih dan renyah bisa bikin kamu puas. Sama seperti dodol, oleh-oleh ini banyak dijual di berbagai tempat. Terutama di sepanjang jalan Sukaregang dan jalan Otista Tarogong.

Dorokdok
Dorokdok [image source]

4. Ladu

Ladu Garut
Ladu Garut [image source]
Ladu populer di India. Namun kamu juga bisa menemukannya di Garut. Bentuknya bermacam-macam ada yang bulat memanjang hingga segitiga. Ketika digigit akan terasa tekstur yang kenyal mirip dengan dodol. Hidangan ini dibuat dengan bahan baku beras ketan sehingga rasanya unik dan gurih. Daerah yang terkenal sebagai sentra ladu adalah Malangbong.

Ladu Garut
Ladu Garut [image source]

5. Burayot

Burayot
Burayot [image source]
Burayot adalah kue khas Garut yang umumnya ada saat momen lebaran. Namun kamu tidak perlu menunggu sampai Idul Fitri tahun depan karena sekarang ada banyak toko oleh-oleh yang menjualnya. Rasanya manis karena menggunakan gula aren dan tepung beras. Proses pembuatannya juga unik karena harus digoreng satu per satu.

Burayot
Burayot [image source]
Itulah beberapa oleh-oleh khas Garut yang enak dan tidak boleh dilewatkan. Manakah yang paling kamu favoritkan? Bagikan ceritamu di kolom komentar ya!

Advertisement
Tags
Garut Indonesia Jawa Barat kuliner
Share