Tak Hanya Makanan, Ini 5 Oleh-oleh Barang dari Maluku yang Bisa Diburu

Meskipun tidak sepopuler Bali atau Lombok, Maluku memiliki jajaran destinasi wisata alam yang cukup indah. Banyak pantai dan pulau yang jadi favorit wisatawan, seperti yang berada di kepulauan Kei, Pulau Seram, dan lain sebagainya. Namun berwisata ke Maluku rasanya kurang afdol jika tak membawa buah tangan dari sana ya. Tapi, kali ini kita akan membahas oleh-oleh Maluku yang bukan makanan. Yuk, simak ulasan selengkapnya seperti berikut ini.

1. Mutiara

Oleh-oleh mutiara khas Maluku, via Instagram theambonmaniseshop

Mutiara tentu saja menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang datang. Nah, mutiara di Maluku jadi salah satu oleh-oleh yang perlu diburu. Cantik dan memiliki kilauan yang bikin tersihir. Ada dua jenis mutiara yang bisa kamu ambil, mutiara air tawar dan juga mutiara dari air laut. Tapi tentu saja kamu harus jeli dan teliti saat membeli mutiara. Tak sedikit pedagang yang curang dan menjajakan mutiara palsu.

Keindahan mutiara, khas Maluku Via Instagram theambonmaniseshop

2. Kerajinan Kulit Kerang

Kalung dari kulit kerang via Instagram theambonmaniseshop

Sebagai daerah pesisir, Maluku tentu saja memiliki kulit kerang yang jumlahnya melimpah. Jika kamu selesai berjelajah dari Maluku jangan lupa untuk membelinya. Banyak barang yang terbuat dari kerang, misalnya saja hiasan dinding, lukisan, cincin, anting, gelang dan lain-lain. Lokasi untuk membelinya juga sangat banyak, salah satu yang cukup populer adalah Andika Souvenir. Hati-hati ya, bisa-bisa kamu jadi lapar mata kalau masuk ke dalamnya.

3. Aksesoris Sisik Ikan

Kreasi dari sisik ikan Via Instagram mufidayanierni

Tidak ada di daerah lainnya, Maluku memiliki aksesoris yang terbuat dari bahan sisik ikan kakap merah. Aksesoris yang terbuat dari sisik ikan kakap merah ini lucu-kucu, ada yang berupa anting, gelang, peniti kebaya, buket bunga, ataupun juga tusuk konde. Untuk bisa membelinya, kamu bisa datang ke CV Theodora yang berlokasi di BTN Perumnas Wayane Permai yang berada di Ambon.

4. Kain Tenun Maluku

Kain tenun khas Maluku Via Instagram theambonmaniseshop

Selain perhiasan dan aksesoris, kamu juga bisa memboyong pulang kain tenun khas Maluku yang bernama Tanimbar. Kain tenun ini ini memiliki ciri khas yang bisa dinilai cukup unik, yakni motif dan coraknya menggambarkan kebiasaan, aktivitas, serta adat istiadat yang berlaku di kawasan pembuatnya.

Karena unsur filosofis di dalamnya, serta proses pengerjaan yang memakan waktu lama, jangan heran jika harga dari kain khas Maluku ini cukup mahal. Satu lagi yang membuat harganya meroket, yakni bahannya menggunakan benang dari kapas, serta pewarnaanya menggunakan bahan alami yang terbuat dari akar dan juga dedaunan.

5. Batik Khas Maluku

Kain batik khas Maluku Via Instagram theambonmaniseshop

Selain kain tenun, Maluku juga memiliki kain batik dengan motif yang cantik. Sudah sejak tahun 2010 yang lalu, Maluku memiliki batik yang cantik dan diminati oleh wisatawan. Nama batiknya senidri adalah batik Tubo, Ternate. Nah untuk motif dari batik ini sangat khas, ada yang bercorak kelapa, pala, cengkeh, peta Maluku Utara, ikan dan juga karang. Pemilihan warnanya juga cantik-cantik. Tak salah jika banyak orang berburu kain batik dari Maluku.

Bagaimana, seru kan berburu oleh-oleh di bagian timur Indonesia ini? Lengkapilah travelingmu ke Maluku dengan oleh-oleh yang sudah disebutkan di atas. Semoga bisa jadi referensi oleh-olehmu ya.

Tags
buah tangan khas Maluku oleh-oleh khas Maluku oleh-oleh Maluku
Share