Oleh-Oleh Khas Bali yang Wajib Dibeli

Bali tidak hanya menghadirkan pesonanya dalam bentuk ojek wisata pantai yang memikat, vila di gunung yang bikin hati adem, atau bar yang membuat malam semakin meriah. Bali juga memiliki segudang oleh-oleh yang nikmat, unik, dan wajib kamu bawa pulang jika bertandang ke sana. Berniat ke Bali? Coba deh, jadikan beberapa daftar oleh-oleh Bali di bawah ini sebagai acuhannya.

1. Pie Susu

Pie susu [via]

Makanan ringan khas Bali yang satu ini wajib dibeli dan dibawa sebagai oleh-oleh adalah Pie Susu yang memiliki cita rasa manis dan juga gurih. Dibuat dengan ukuran kecil, pie ini bisa dinikmati sembari minum teh atau kopi. Pie susu Bali memiliki beberapa rasa yang bisa dipilih. Ada rasa susu asli, rasa coklat, dan beberapa variasi selai yang sangat manis. Ke Bali, wajib beli ini!

Pie Susu Bali [via]

Lokasi: Jalan Nangka Selatan No.163, Dangin Puri Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80234, Indonesia

No. Telepon: +62 361 263138

2. Batik Bali

Batik Bali [via]

Batik Bali nyaris sama dengan batik-batik lain di kawasan Pulau Jawa. Yang membedakan antara keduanya hanyalah pada motif dan juga warna. Batik Bali cenderung memiliki motif tradisional yang dipadukan dengan motif modern. Perpaduan ini dilakukan untuk lebih menarik perhatian para bule. Selanjutnya, warna batik Bali lebih cerah sehingga cocok dipakai untuk aktivitas sehari-hari terutama kegiatan luar ruangan. Kalau kamu ingin membeli batik ini, datanglah ke beberapa galeri seperti Galuh Batik.

Kebaya Bali [via]

Lokasi: Galuh Batik; Jalan Raya Batu Bulan, Tegehe, Batubulan, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582, Indonesia

No. Telepon: +62 361 298304

3. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani [via]

Kopi Kintamani memiliki ciri khas unik yang membuatnya digandrungi oleh banyak wisatawan terutama yang berasal dari luar negeri. Dengan jenis arabica, kopi ini memiliki cita rasa asam segar ketika diminum. Rasa yang ini diperoleh dari sistem tanam tumpang sari dengan beberapa sayur dan juga buah jeruk. Kamu harus mencoba dan membelinya di Pabrik Pengolahan Kopi Arabika Kintamani.

Kopi Kintamani Bali [via]

Alamat: Pabrik Pengolahan Kopi Arabika Kintamani; Mengani, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652, Indonesia

No. Telepon: +62 882-1935-7710

4. Kerajinan Manik-Manik Bali

Kerajinan Manik-manik [via]

Kerajinan manik-manik bukan hanya manipulasi orang-orang di Kalimantan saja. Di Bali, kerajinan ini cukup banyak berkembang dan cocok untuk diborong sebagai cendera mata. Kalau kamu ingin galang, kalung, tas, atau aksesori lainnya, segera borong saat ke Pulau Dewata. Burulah oleh-oleh Bali ini sampai habis terutama di area Pasar Sukawati atau Seminyak Square.

Kerajinan manik-manik Bali [via]

Lokasi: Pasar Sukawati; JL. Letnan satu Wayan Sutha I, No. 100x – 101x, Gianyar, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582, Indonesia

5. Bali Home Spa

Home Spa [via]

Bagi kaum hawa, Bali adalah surga untuk berbelanja perlengkapan spa rumah yang murah dan sangat bermanfaat. Di sini, kamu bisa membeli aneka lulur dengan aroma yang berbeda-beda, body lotion, aroma terapi, dan masih banyak lagi. Kalau kamu ingin memborong, silakan datang ke Bali Orchid Spa.

Bali Home Spa [via]

Lokasi: Bali Orchid Spa; Jl. By Pass Ngurah Rai Suwung Kauh No.108, Pemogan, Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 40115, Indonesia

No. Telepon: +62 361 8473338

6. Pia Eiji

Pia Eiji [via]

Pia Eiji adalah oleh-oleh makanan ringan khas Bali yang terbilang masih baru dan langsung hits di kalangan para wisatawan. Yang menjadikan pia ini langsung laris manis adalah cara buatnya yang masih dilakukan secara manual. Semua pia yang bisa dimakan sekali hap ini dibuat dengan tangan sehingga tidak membahayakan konsumen. Oh ya, pia ini memiliki dua isian  yang berbeda, pertama coklat lumer dan keju yang gurih. Kamu bisa memborongnya dengan harga sekitar Rp50.000,00 satu pak.

Pia Eiji, Bali [via]

Lokasi: Jalan Bedahulu VII No.7, Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80233, Indonesia

No. Telepon: +62 361 438103

Website: http://piaeiji.com/

7. Ayam Betutu

Ayam Betutu [via]

Ayam betutu adalah kuliner khas Bali yang wajib disantap saat bertandang ke sana. Selain disantap, kuliner ini ternyata bisa juga dibawa pulang sebagai oleh-oleh dengan syarat tidak lebih dari 24 jam berada di luar ruangan. Sebelum dimakan, ayam betutu ini bisa dipanaskan lagi dan siap disajikan dengan nasi hangat. Untuk mendapatkan ayam betutu yang bisa dibawa pulang kamu bisa beli di beberapa warung atau ke kedai  oleh-oleh Bali buatan Bu Koming.

Ayam Betutu Bali [via]

Lokasi: Perumahan Green Kori; Jl. Pulau Moyo, Pedungan, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80222, Indonesia

Inilah oleh-oleh khas Bali yang wajib kamu beli saat datang ke sana. Jangan sampai lupa ya, bila perlu catat dan borong semuanya. Travelingyuk juga punya daftar oleh-oleh khas Jogja andalan lho! Baca di sini.

Tags
oleh oleh bali oleh oleh khas bali
Share