Beragam Olahan Kikil Enak yang Bikin Penasaran untuk Dicoba, Penasaran?

Daging sapi merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki banyak penggemar. Banyak masakan yang menggunakan ini sebagai bahan utamanya, seperti rendang dan bakso. Tak hanya daging, ada banyak bagian dari sapi yang juga nikmat, lho. Salah satunya adalah kikil yang merupakan bagian dari kaki sapi. Ini dia beberapa olahan kikil enak yang bikin nggak berhenti makan.

1. Sate Kikil

Sate Kikil
Sate Kikil via Instagram/@kakefoodie

Indonesia memiliki beragam sate nusantara yang enak-enak. Di antaranya adalah sate klathak, bahkan sate landak yang ekstrim. Ternyata adalah juga olahan kikil enak yang dibuat sate. Kikil dipotong dadu lalu diberi bumbu, ditusuk, kemudian dibakar. Apalagi makannya sambil dicocol saus kacang. Kamu bisa mencicipi Sate Kikil di Pasar Baru, Thamrin, Jakarta. Harga per porsinya berkisar Rp35 ribuan.

2. Bakso Kikil

Bakso Kikil
Bakso Kikil via Instagram/@jajanbakso

Bakso adalah kuliner nusantara yang memiliki banyak penggemar. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun juga hobi makan bola-bola daging ini. Salah satu campuran yang paling sering dicari oleh penggemar bakso adalah kikilnya. Terbayang kan, daging empuk kenyal yang merupakan bagian dari kaki sapi ini disantap dengan kuah kaldu yang super gurih? Wah, langsung bikin ngiler ya.

3. Sop Kikil

Sop Kikil
Sop Kikil via Instagram/@kulinerdilombok

Tak hanya dalam bakso, kikil juga bisa menjadi campuran sop. Sop Kikil adalah kuliner khas Surabaya yang sayang banget untuk dilewatkan. Campuran daging kenyal kikil dengan kuah sedap ini makin mantap disantap dengan nasi hangat. Tak hanya di Kota Pahlawan, kamu juga bisa mencicipi Sop Kikil ini sebagai menu baru di Taliwang Berkah H. Moerad, restoran di Lombok. Serbuuu!

4. Kikil Lombok Ijo

Kikil Lombok Ijo
Kikil Lombok Ijo via Instagram/@artosmall

Olahan kikil enak lainnya yang perlu dicoba adalah dengan lombok ijo. Jika jalan-jalan ke Magelang, jangan lupa untuk singgah di ArmadaTown Square yang berlokasi di Jalan Mayjen Bambang Soegeng No.1, Mertoyudan, Magelang. Ada kuliner kikil lombok ijo yang bisa menjadi menu makan siangmu setelah lelah berbelanja. Makin sedap disantap saat hangat. Pedas manis yang menjadi satu di mulut. Duh, bikin lapar deh.

5. Kikil Balado

Kikil Balado
Kikil Balado via Instagram/@kohkuliner

Kuliner Bandung memang tak ada duanya. Mampirlah ke Kios K yang berlokasi di Jalan Cihampelas Walk, Jl. Cihampelas No.160, Cipaganti, Coblong, Cipaganti, Coblong, Kota Bandung. Cicipi menu barunya yaitu kikil balado yang menggoda dengan bumbu merahnya. Apalagi ada tambahan tahu lada garam yang belakangan juga dikenal sebagai menu yang sedang hits.

6. Nasi Goreng Kikil

Nasi Goreng Kikil
Nasi Goreng Kikil via Instagram/@chiqoq

Nasi goreng bisa dibilang sebagai salah satu kuliner tanah air yang banyak diminati para wisatawan asing. Selain ayam, teri, dan pete ada banyak bahan yang bisa dicampurkan dalam nasi goreng, termasuk kikil. Tak perlu jajan di luar, kamu juga bisa membuat nasi goreng kikil sendiri di rumah, lho. Jangan lupa masak dalam jumlah besar sehingga semua kebagian, ya.

7. Mie Goreng Kikil

Mie Goreng Kikil
Mie Goreng Kikil via Instagram/@katarinalistiadi

Selain nasi goreng, mie-miean juga dikenal sebagai kuliner nusantara yang banyak ragamnya. Ada bakmi Jogja, juga mie kocok khas Bandung. Pecinta kuliner ini harus coba mie goreng kikil yang enaknya bikin nagih. Mie goreng saja sudah bikin ngiler, apalagi ada tambahan kikil sebagai topping pemanisnya. Sempurna!

Nah itu tadi beberapa olahan kikil enak yang bisa dicoba di Indonesia. Kuliner nusantara memang nggak ada duanya, ya. Bagaimana, kamu doyan yang mana nih?

Tags
Indonesia Kikil kuliner
Share