Olahan Ikan Bilih, Endemik Danau Singkarak nan Super Lezat

Sumatra Barat memiliki beragam kuliner nikmat. Salah satunya adalah olahan Ikan Bilih, satwa endemik Danau Singkarak yang unik. Danaunya sendiri bisa Teman Traveler temukan di wilayah Kabupaten Tanah Datar dan Solok. 

Memiliki tubuh relatif mungil, Ikan Bilih bisa diolah menjadi aneka olahan lezat dengan cita rasa berbeda. Apa saja? Yuk, simak ulasan lengkap soal olahan Ikan Bilih berikut ini Teman Traveler. Siapa tahu bisa jadi inspirasi kuliner kalian kala berwisata di Sumatra Barat.

Ikan Bilih Balado Merah 

img_20190903_wa0003_01_tlN.jpeg
Bumbu untuk memasak Ikan Bilih (c) Nella Marni/Travelingyuk

Ikan Bilih balado merah mempunyai cita rasa gurih dan renyah di setiap gigitannya. Pembuatannya tidak terlalu rumit. Teman Traveler cukup menggoreng ikan bilih mentah. Akan lebih renyah dan enak jika dijemur terlebih dahulu. 

Berikutnya, Teman Traveler tinggal mencampur ikan goreng tersebut dengan racikan bumbu cabai merah atau hijau. Sesuaikan saja dengan selera. Sensasinya bakal makin maksimal jika ditambahkan jengkol, petai, kentang, maupun terung.

Pepes Ikan Bilih 

img_20190902_091233_01_som.jpeg
Pepes Bilih siap dijual (c) Nella Marni/Travelingyuk

Pepes atau Palai ikan Bilih bisa Teman Traveler dapatkan di pasar maupun rumah makan sekitar Danau Singkarak. Seperti pepes ikan pada umumnya, hidangan ini dibungkus dengan daun pisang dan dibakar. Di dalamnya terdapat campuran parutan kelapa.

Begitu dibuka, aroma kelapanya bakal sangat harum dan menggugah selera. Soal rasa, jangan ditanya. Sensasi gurih, pedas, asam, dan manis semua bercampur jadi satu. Benar-benar nikmat! 

Pangek Ikan Bilih 

img_20190902_wa0009_zMu.jpg
Pangek Ikan Bilih via Instagram.com/rajoalam_pvc

Beda lagi dengan Pangek. Olahan kaya rempah ini didominasi corak kuning lantaran banyak menggunakan kunyit. Tidak semua rumah makan Padang menyediakan masakan ini. Jika ingin mencicipi, Teman Traveler bisa langsung mampir ke rumah makan sekitar Danau Singkarak. 

Bahan pembuatan Pangek tidak terlalu rumit. Selain ikan bilih, siapkan juga kunyit, batang kemiri, asam, serta cabai merah. Boleh juga dicampur nangka muda.

Itulah varian olahan Ikan Bilih yang bisa Teman Traveler coba. Jangan lupa cicipi jika sedang jalan-jalan di Sumatra Barat ya.

Tags
kontributor kuliner sumatra barat Sumatra Barat Travelingyuk
Share