Beragam Olahan Ikan Bandeng yang Bisa Jadi Buah Tangan, Jangan Ragukan Lezatnya yang Kebangetan!

Olahan Ikan Bandeng dari beberapa daerah bisa jadi buah tangan yang bikin senang! Sebab, rasanya memang nagih! Gurih dari daging Ikan Bandeng yang berpadu dengan bumbu-bumbu, menghasilkan cita rasa lezat! Nah! Beberapa daerah di Indonesia berikut ini terkenal dengan olahan Ikan Bandengnya. Jika berkesempatan untuk berlibur ke salah satu kota tersebut, jangan lupa beli ya! Berikut ulasannya!

1. Bandeng Presto, Semarang

Bandeng Presto, Lembut Sampai ke Durinya via Instagram/ dyahparamita_javalwa

Saat jalan-jalan ke Semarang, sempatkan mampir ke kawasan Jln. Pandanaran. Di sini, Teman Traveler akan menemukan banyak oleh-oleh, salah satunya Bandeng Presto. Bandeng yang dijual di sini dimasak menggunakan teknik presto. Yakni teknik masak dengan memanfaatkan uap air bertekanan tinggi. Bandeng yang telah dibumbui dengan kunyit, bawang putih dan garam, dimasukkan ke dalam panci presto. Uap air bertekanan tinggi tersebut lah yang akan melembutkan duri-duri pada tubuh Ikan Bandeng.

2. Sate Bandeng, Serang

Sate Bandeng Khas Serang yang Bikin Senang via Instagram/ inaya_khawasie

Di Serang terdapat banyak tambak yang digunakan warganya untuk memelihara Ikan Bandeng. Pada zaman dulu, olahan Ikan bandeng yang bisa jadi buah tangan saat Teman Traveler berlibur ke Serang ini rupanya merupakan racikan dari juru masak Kesultanan Banten di abad 16. Sate Bandeng diolah dengan cara mengeluarkan daging ikan terlebih dulu untuk kemudian dihilangkan duri-durinya. Proses ini dilakukan tanpa merusak kulit ikan ya.

Daging yang sudah tanpa duri tersebut kemudian dicampur dengan terigu, telur dan bumbu yang terdiri atas bawang merah, santan, ketumbar, cabai, gula, garam serta penyedap. Kemudian, daging tersebut kembali dimasukkan ke dalam kulit ikan yang masih utuh. Proses selanjutnya adalah pembakaran; setelah sebelumnya ditusuk menggunakan bambu.

3. Bandeng Asap, Surabaya

Bandeng yang Sedang Diasapi Khas Surabaya via Instagram/ ebeka_bandeng_asap

Teman Traveler berencana untuk liburan ke Surabaya? Jangan lupa untuk mampir ke Pasar Ganteng! Di sini tersedia beragam oleh-oleh khas Kota Pahlawan yang salah satunya adalah Bandeng Asap. Olahan Ikan Bandeng yang khas ini enak disantap bersama sambal petis yang pedas. Aroma bakaran dari batok kelapa, terasa kuat pada setiap bagiannya. Nagih! Selain di Surabaya, Teman Traveler juga bisa menemukan Bandeng Asap di Sidoarjo.

4. Otak-otak Bandeng, Gresik

Ke Gresik Jangan Lupa Beli Otak-otak Bandeng via Instagram/ gresiktourism

Tampilan Otak-otak Bandeng tidak seperti yang terbuat dari campuran tepung kanji dan ikan yang dibungkus daun pisang ya, Teman Traveler. Olahan Ikan Bandeng khas Gresik ini terbuat dari daging Bandeng yang sudah lebih dulu dihaluskan dan diberi bumbu. Ia juga dicampur dengan santan, telur ayam dan kelapa muda parut yang disangrai. Setelah tercampur, semua kembali dimasukkan ke dalam kulit Ikan Bandeng yang isinya sudah dikeluarkan. Otak-otak Bandeng kemudian dikukus lalu dipanggang atau dibakar.

5. Bandeng Lelaki, Cirebon

Bendeng Lelaki Khas Cirebon yang Lembut, Lezat dan Kaya Isi via Instagram/ paman_yudhi

Ikan Bandeng yang memiliki banyak duri, bukan halangan bagi para kreatif untuk mengatasinya. Hingga, terciptalah beberapa olahan Ikan Bandeng yang nyaman dikonsumsi. Termasuk Bandeng Lelaki. Nama yang unik dari oleh-oleh khas Cirebon ini ternyata merupakan singkatan dari lembut, lezat dan kaya isi. Proses pembuatannya tidak berbeda jauh dengan Sate Bandeng atau Otak-otak Bandeng. Bedanya, ia dibalur oleh tepung roti. Penasaran? Karena itu, saat liburan ke Cirebon nanti, jangan lupa beli!

Liburan tanpa bawa buah tangan, rasanya memang seperti ada yang kurang. Jika bosan dengan aneka keripik, olahan Ikan Bandeng bisa lho dijadikan pilihan. Terlebih jika Teman Traveler berkunjung ke daerah-daerah di atas. Bagaimana, kapan mau mencicipi sendiri oleh-oleh yang satu ini?

Tags
Indonesia kuliner Olahan Ikan Bandeng oleh-oleh surabaya
Share