Ragam Olahan Daging Sapi di Pandaan, Nikmatnya Tiada Tara

Selain ayam, daging sapi juga tak kalah lezat saat disajikan. Daging sapi juga dikenal manfaat seperti mengandung zat besi dan protein yang sangat baik untuk tubuh. Kali ini ada ragam olahan daging sapi di Pandaan yang terkenal lezat. Untuk pecinta kuliner, kira-kira ada makanan favoritmu?

Rawon yang Disajikan Hangat

img_20190829_232739_5V6.jpg
Rawon Jetak via Instagram/@pandaan.eatery

Di Pandaan, salah satu rawon yang favorit dan terkenal sejak dulu adalah Rawon Jetak. Warung legendaris ini didirikan tahun 1993 oleh Bu Sudar. Uniknya, cara memasak di sini masih terbilang tradisional karena menggunakan kayu bakar. Warung ini buka dari jam 4 sore sampai habis.

Lokasinya bisa kamu temukan dengan masuk gang Jetak yang terletak di Jl. Rambutan, Kedung. Harga seporsinya dibanderol Rp 24 ribu. Seporsi rawon ini akan semakin nikmat jika ditambahkan tempe mendol, sambal, dan tauge.

Rendang Favorit Semua Orang

img_20190829_100919_hG9.jpg
Nasi Rendang RM Padang Roda Baru via Instagram/@jakulpandaan

Rendang adalah salah satu kuliner Indonesia yang dinobatkan sebagai makan terenak di dunia. Tak heran banyak yang menyukai hidangan daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah ini. Rendang bisa ditemukan di Rumah Makan Padang.

Salah satunya adalah di Rumah Makan Padang Roda Baru. Lokasinya di Jl. RA. Kartini, Jogosari, Pandaan. Buka dari jam 09.00 WIB – 22.00 WIB, Rumah Makan Padang ini termasuk yang terenak di Pandaan. Tempatnya juga luas dan bersih, sangat mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan raya. Harga seporsinya mulai dari Rp 15 ribu.

Soto Daging Madura Berkuah Bening

img_20190829_232443_Ysi.jpg
Soto Daging Pak Mahfudz via Instagram/@pandaan.eatery

Olahan daging sapi juga nikmat jika disajikan dengan kuah bening, salah satu rekomendasinya adalah Soto Daging Pak Mahfudz. Rasanya pun akan semakin nikmat jika disajikan panas serta diberi perasan jeruk nipis dan sambal. Harga seporsi nasi, soto daging dan telur rebus akan dibanderol seharga Rp 25 ribu.

Untuk yang tertarik mencoba, soto ini punya dua jadwal buka yaitu jam 7 pagi dan jam 5 sore sampai habis. Lokasinya berada di samping Pom Bensin Tikungan dekat kawasan Masjid Cheng Hoo dan Terminal Pandaan.

Soto Tauto Juga Tak Kalah Nikmat

img_20190829_093928_dvq.jpg
Soto Tauto via Instagram/@infokulinerpandaan

Soto Tauto merupakan kuliner yang berasal dari Pekalongan, Jawa Tengah. Komposisinya terdiri dari daging sapi, bihun dan kuah yang diberi campuran tauco. Rasanya yang unik sangat berbeda dengan soto daging biasanya.

Soto ini bisa dipesan di Pawon Sakhi, Pandaan. Lokasinya berada di Perumahan Graha Sumber Sewu, Pandaan. Harga per porsinya dibanderol Rp 16 ribu. Selain itu soto ini juga bisa dipesan secara online melalui Instagram @pawonsakhi.

Soto Betawi dengan Kuah Gurih

img_20190829_101458_PmP.jpg
Soto Betawi via Instagram/@infokulinerpandaan

Selain Soto Tauto, di Pawon Sakhi juga tersedia Soto Betawi. Soto asli Jakarta ini identik dengan kuahnya yang pekat karena dimasak dengan susu dan banyak rempah. Isi seporsinya terdiri dari daging sapi, jerohan, potongan tomat, dan emping melinjo. Kuahnya yang gurih sangat pas dipadukan dengan nasi hangat.

Sate Komoh yang Dipadukan Rawon

sate_komoh_8cx.jpg
Nasi Rawon dan Sate Komoh Warung AFF via Instagram/@fannyframe

Sate komoh adalah sate khas Pasuruan, Jawa Timur yang terbuat dari daging sapi bagian has dalam. Rasanya legit dan nikmat karena sate ini direbus lama dengan bumbu santan dan kemudian dibakar. Sate berukuran besar ini sangat cocok dimakan dengan nasi rawon. Salah satu rekomendasi sate komoh di Pandaan adalah Warung AFF.

Letak warung ini berada di Jl. Urip Sumoharjo No. 15, Pandaan. Warung ini buka dari pukul 06.00 WIB – 18.00 WIB. Harga seporsi nasi rawon ditambah sate komoh adalah Rp 40 ribu.

Empal Suwir dengan Sambal Cobek

empal_86a.jpg
Empal Suwir Warung Bu Kris via Instagram/@eatineraryid

Salah satu empal suwir yang paling terkenal adalah yang dijual Warung Bu Kris. Warung Bu Kris memang cukup terkenal dan memiliki banyak cabang yang sudah tersebar di Jawa dan Bali. Salah satu cabangnya terdapat di Pandaan yang beralamat di Jl. Raya Kasri No. 66, Pandaan.

Warung ini merupakan spesialis aneka menu penyetan yang disajikan di atas cobek. Alasannya mengapa empal suwir di sini begitu nikmat karena empalnya yang disuwir dan ditaruh di atas sambal. Apalagi pelanggan bisa memilih sendiri level kepedasan sambalnya.

Nah, itu dia ragam olahan daging sapi di Pandaan yang bisa dicoba. Kalau lagi jalan-jalan ke Pandaan, jangan sampai terlewat untuk mencobanya ya!

Tags
kuliner pandaan olahan daging sapi
Share